Waspadai Penyakit Gagal Ginjal Yang Mengintai Setiap Saat

oleh
Waspadai Penyakit Gagal Ginjal Yang Mengintai Setiap Saat

Penyakit gagal ginjal merupakan suatu kondisi kesehatan pada tubuh seseorang, dimana organ ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai mana mestinya.

Penyakit gagal ginjal, jika tak segera diobati dan mendapat penanganan yang tepat, kondisi ini dapat menyebabkan beragam masalah dan menimbulkan berbagai komplikasi yang lebih serius, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Pengertian Penyakit Gagal Ginjal

Organ ginjal pada tubuh manusia terletak di kedua sisi tulang belakang, tepatnya di atas pinggang. Organ ginjal ini memiliki fungsi utama sebagai media untuk menyaring darah.

Organ ginjal akan memisahkan limbah yang beracun, mengatur keseimbangan cairan elektrolit, dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh manusia.

Selain itu, organ ginjal ini juga berfungsi untuk memproduksi hormon dan enzim yang membantu dalam mengendalikan tekanan darah, memproduksi sel darah merah dan menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

Ketika fungsi penyaringan yang sudah di sebutkan diatas tidak dapat dilakukan oleh organ ginjal dengan baik, maka hal itu di sebut sebagai gagal ginjal, dimana ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Apabila seseorang mengalami gagal ginjal, artinya organ ginjalnya tidak dapat berfungsi untuk menyaring kotoran, tidak mampu mengontrol jumlah air dalam tubuh, serta tidak bisa mengendalikan tekanan darah.

Saat kondisi ginjal yang sudah demikian ini terjadi pada tubuh seseorang, maka kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak segera diobati.

Penyakit Gagal Ginjal Dibagi Menjadi Dua Jenis

  • Penyakit gagal ginjal Akut (GGA)

Yaitu suatu kondisi dimana organ ginjal pada tubuh seseorang tiba-tiba mengalami kerusakan secara mendadak sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Penyakit gagal ginjal kronis (GGK)
Baca Juga :  Asam Lambung Naik, Coba Konsumsi Minuman Ini Untuk Meredakannya

Yaitu suatu kondisi di mana fungsi organ ginjal dalam tubuh seseorang mulai menurun secara progresif dalam beberapa bulan atau beberapa tahun yang sering hilang timbul. Umumnya penyakit gagal ginjal kronis ini timbul akibat dari kerusakan dari organ ginjal yang sudah parah dan bersifat permanen (irreversibel).

Penyebab terjadinya Penyakit Gagal Ginjal

Berdasarkan jenis penyakit gagal ginjal yang disebutkan diatas, penyebab terjadinya gagal ginjal pun terbagi menjadi dua macam, didasarkan pada jenisya, yakni:

  • Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Akut

Ketika fungsi ginjal berhenti secara mendadak, maka hal ini termasuk dalam penyakit gagal ginjal akut. Terdapat tiga penyebab utama mengapa seseorang bisa mengalami gagal ginjal akut:

  1. Berkurangnya aliran darah ke ginjal
  2. Terjadi kerusakan langsung pada ginjal itu sendiri
  3. Terjadinya penyumbatan urin dari ginjal

Sementara untuk penyebab penyakit gagal ginjal akut secara umum adalah :

  • Trauma cedera dengan kehilangan banyak darah
  • Kekurangan cairan atau Dehidrasi
  • Kerusakan organ ginjal  akibat dari syok selama infeksi berat yang disebut dengan sepsis
  • Terjadi Obstruksi aliran urin, seperti dengan pembesaran prostat
  • Terjadi kerusakan akibat dari obat-obatan tertentu atau toksin
  • Adanya komplikasi kehamilan, seperti eklampsia dan preeklampsia, atau terkait sindrom HELLP.

Dalam beberapa contoh kasus, seorang pelari maraton dan atlet lainnya yang tidak minum cukup cairan saat berkompetisi dengan durasi waktu yang lama mungkin bisa saja mengalami gagal ginjal akut karena kerusakan jaringan otot secara mendadak.

Kerusakan otot yang secara mendadak ini dapat melepaskan sejumlah besar protein ke dalam aliran darah yang disebut mioglobin yang dapat merusak organ ginjal seseorang.

  • Penyebab Penyakit Gagal Ginjal kronis
Baca Juga :  Berikut Ini 10 Ciri-ciri Kanker Serviks Yang Patut diwaspadai

Untuk penyebab terjadinya penyakit gagal ginjal kronis, hal ini terjadi karena kerusakan ginjal dan penurunan fungsi yang berlangsung lebih dari 3 bulan.

Penyakit gagal ginjal kronis ini lebih berbahaya di banding gagal ginjal akut, karena biasanya pendetita mungkin tidak menyadari gejala gagal ginjal apapun sampai akhirnya sudah terlanjur menjadi parah.

Secara umum, Diabetes tipe 1 dan Diabetes tipe 2 serta tekanan darah tinggi adalah penyebab paling dari penyakit ginjal kronis ini. Terdapat beberapa penyebab gagal ginjal kronis lainnya yang juga patut di ketahui seperti:

  • Berkurangnya sistem kekebalan tubuh seperti lupus dan penyakit virus kronis seperti HIV/AIDS, hepatitis B, dan hepatitis C.
  • Terjadinya infeksi saluran kemih di dalam organ ginjal itu sendiri, yang disebut pielonefritis, yang dapat menyebabkan luka saat pemulihan infeksi.
  • Adanya peradangan pada filter kecil (glomeruli) dalam organ ginjal. Hal ini bisa terjadi setelah infeksi strep dan kondisi lain yang penyebabnya belum diketahui.
  • Karena penyakit ginjal polikistik, di mana kista yang berisi cairan terbentuk di ginjal dari waktu ke waktu. Ini adalah salah satu bentuk paling umum dari turunan penyakit ginjal.
  • Cacat bawaan dari lahir,  akibat dari obstruksi saluran kemih atau malformasi yang mempengaruhi ginjal. Cacat ini, terkadang dapat ditemukan pada saat bayi masih dalam kandungan, sering dapat diperbaiki melalui pembedahan oleh ahli urologi.
  • Pengaruh obat dan racun, termasuk paparan jangka panjang untuk beberapa obat dan bahan kimia, seperti NSAID (obat anti-inflamasi nonsteroid), seperti ibuprofen dan naproxen, dan penggunaan intravena.
Baca Juga :  Kenali Sejak Awal Beberapa Gejala Usus Buntu

Ketika seseorang mengalami gagal ginjal mungkin akan sering mengalami mual, muntah, lemas, kelelahan, kebingungan, sulit berkonsentrasi, dan kehilangan nafsu makan. Namun untuk lebih memastikannya, harus dididiagnosis dengan tes darah dan urin.

Pencegahan Penyakit gagal Ginjal

Ketika seseorang mengalami gejala penyakit gagal ginjal, biasanya akan membuat penderita merasa lemas, letih, dan sering mual-muntah.

Selain itu, penyakit gagal ginjal ini juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain (komplikasi) seperti hipertensi, anemia, gangguan pada tulang, dan gangguan keseimbangan elektrolit pada tubuh Anda.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjalani pola makan dan pola hidup yang sehat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada organ ginjal kita.

Pola makan sehat untuk menekan risiko terkena penyakit gagal ginjal

  • Sering mengkonsumsi makanan yang sehat. Mulai dari memperbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Sebisa mungkin untuk menghindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan purin, seperti jeroan. Makanan dengan kandungan purin yang tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi ginjal.
  • Terapkan pola makan dengan  diet DASH, yang bertujuan untuk mencegah atau menurunkan tekanan darah bila Anda mengalami hipertensi. Diet DASH merupakan diet dengan pola makan mengurangi konsumsi lemak jenuh dan kolesterol, untuk digantikan dengan sumber protein, serat, serat vitamin dan mineral yang lebih banyak.
  • Konsumsi susu, keju atau produk sejenisnya yang rendah lemak
  • Batasi jumlah asupan garan yang masuk kedalam tubuh tidak lebih dari 1 sendok teh, gula maksimal 4 sendok makan, dan lemak maksimal 5 sendok makan setiap harinya.

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *