Waspada, Mata Berkunang-Kunang, Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Ini

oleh
Waspada, Mata Berkunang-Kunang, Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Ini

Sering kali, ketika kita duduk dan berdiri secara tiba-tiba akan merasakan mata berkunang-kunang, yang membuat kepala menjadi pusing dan terasa kliyengan atau sempoyongan.

Pandangan mata berkunang-kunang atau disebut juga dengan istilah lightheadedness, adalah kondisi perasaan seperti akan terasa jatuh pingsan, yang membuat kepala menjadi pusing, bahkan terkadang membuat pandangan menjadi gelap untuk sesaat.

Nah, jika anda mengalami mata berkunang-kunang seperti yang sudah di jelaskan diatas, ada baiknya anda sekit waspada. Pasalnya, kondisi tersebut bisa menjadi indikasi jika ada yang bermasalah dengan kesehatan tubuh anda.

Melansir dari laman, MeetDoctor mata berkurang-kunang bisa menjadi penanda jika anda tengah mengalami atau mengidap beberapa penyakit berikut ini:

  • Tekanan Darah Rendah

Bila tekanan darah dalam tubuh mengalami penurunan secara signifikan, maka volume darah yang membawa oksigen tidak sampai ke otak juga akan ikut berkurang.

Kondisi ini akan mempengaruhi fungsi normal otak, dimana asupan oksigen yang dibawa oleh darak menuju otak berkurang yang menyebabkan pusing dan berkunang-kunang.

Selain itu, ketika tekanan darah turun, terdapat gejala lain yang muncul seperti keringat dingin, mual, muntah, dan juga seringkali merasakan nyeri pada dada.

  • Kadar Gula Darah Rendah

Kadar gula darah rendah atau disebut dengan istilah hipoglikemia, juga sering kali di tandai dengan mata berkunang-kunang.

Ketika kdar gula dalam daran turun, hal ini menyebabkan kurangnya ketersediaan glukosa yang dapat menyebabkan fungsi sementara kinerja otak tidak dapat melakukan tugasnya secara optimal.

Efeknya, jika kadar glukosa ini berkurang dapat mengakibatkan terjadinya sensasi berkunang-kunang dan tubuh sering berkeringat.

  • Aritmia Jantung

Aritmia jantung adalah suatu kondisi berupa kontraksi otot jantung yang tidak normal, atau dengan kata lain ada yang tidak beres dengan denyut jantung.

Ketika detak jantung berdenyut sangat cepat atau sangat lambat, maka hal tersebut dapat di tandai dengan gejala mata berkunang-kunang.

Namun, ketika gejala sensasi mata berkunang-kunang tersebut terjadi dalam episode yang berulang secara konstan, maka bisa saja kemungkinan besar hal tersebut dapat terkait dengan penyakit jantung.

Dalam beberapa kasus, kadang-kadang kondisi lightheaded ini juga merupakan gejala awal yang mengindikasikan serangan jantung.

  • Kekurangan Sel Darah Merah (Anemia)

Apabila seseorang memiliki sedikit sel darah merah (hemoglobin) dalam darah, kondidi kesehatan ini sering di sebut sebagai Anemia.

Penyakit Anemia bisa terjadi ketika jumlah sel-sel darah merah dalam darah menurun jumlahnya. Di karenakan fungsi hemoglobin adalah membawa oksigen dalam darah, maka efek ketika kurangnya kadar hemoglobin ini juga akan mengurangi jumlah oksigen dalam darah.

Kondisi kurang darah merah tersebut, dapat menyebabkan sensai lightheaded atau mata berkunang-kunang.

Oleh karena itu, ketika anda mengalami kondisi mata yang sering berkunang-kunang dalam kurun waktu yang lama dan konstan, ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter atau rumah sakit untuk dilakukan pengecekan kesehatan anda secara menyeluruh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *