Tips Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Aman Saat Digunakan

oleh
Tips Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Aman Saat Digunakan

Tips Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Aman Saat Digunakan – Selain kaca mata, penggunaan lensa kontak juga berguna untuk membantu penglihatan tetao jernih juga bisa sekaligus tetap memamerkan mata indah anda yang indah.

Namun dibanding menggunakan kaca mata, menggunakan lensa kontak untuk membantu penglihatan anda juga harus ekstra berhati-hati, karena jika tidak dirawat dengan benar, justru bisa berdampak buruk pada mata Anda nantinya.

Dengan menggunakan lensa kontak yang berfungsi sebagai pengganti kacamata, akan memudahkan pemakainya ketika melakukan berbagai aktivitas. Dibanding dengan kacamata yang mungkin memiliki risiko baret, pecah, patah atau hilang, menggunakan lemsa kontak juga tidak mengganggu penampilan pemakainya.

Tips Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Aman Saat Digunakan

Menggunakan lensa kontak sebagai pengganti kaca mata, meski memiliki banyak keunggulan namun dari sisi perawatan, lensa kontak justru membutuhkan lebih banyak perhatian dibandingkan kacamata.

Kondisi lensa kontak yang sering anda gunakan harus selalu higienis agar tidak menimbulkan masalah kesehatan mata anda, seperti infeksi mata dan komplikasi penglihatan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui cara atau tips merawat lensa kontak agar tetap bersih dan higienis.

  • Pastikan untuk selalu mencuci bersih dan mengeringkan tangan terlebih dahulu sebelum memasang atau melepas lensa kontak Anda.
  • Lepaskan dahulu lensa kontak anda sebelum mandi atau berenang. Selain itu, pastikan agar lensa kontak Anda tidak terkena air.
  • Sebelum tidur, pastikan juga untuk melepas lensa kontak yang anda gunakan. Jangan gunakan lensa kontak secara terus-menerus, karena pada saat kita menutup mata denganĀ  lensa kontak yang masih tetap berada di dalam mata, maka jumlah oksigen ke mata makin menipis.
    Hal tersebut dapat menyebabkan permukaan mata menjadi rentan mengalami infeksi. Selain itu, kuman yang berada di lensa akan lebih rentan untuk menempel di kornea selama kita tidur.
  • Selalu gunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan lensa kontak anda yang disarankan dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam lensa kontak Anda. Jangan sesekali anda menggunakan air atau cairan lainnya yang tidak direkomendasikan, karena penggunaan air laut, air kolam, bahkan air sulingan sekali pun, bisa mengandung organisme acanthamoeba yang dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.
  • Gosok dengan lembut dan perlahan saat Anda membersihkan lensa kontak dengan menggunakan cairan pembersih. Lakukan dengan sangat hati-hati agar lensa kontak tidak robek atau lecet
  • Selalu bersihkan lensa kontak ketika usai digunakan dan selalu simpan dalam kotak penyimpanan khusus lensa kontak agar tetap terjamin kebersihannya.
  • Jika Anda mengenakan jenis lensa kontak yanga untuk sekali pakai, maka Anda tidak perlu membersihkannya. Segera buang ketika lensa kontak sekali pakai sudah tidak digunakan kembali. karena lensa kontak jenis ini tidak didesain untuk kembali digunakan. Selain itu, jangan pernah menggunakan lensa kontak jenis sekali pakai ini lebih dari satu hari pemakaian.

Artikel Menarik Lainnya :

Demikian informasi mengenai cara atau tips merawat lensa kontak, agar tetap aman, bersih dan selalu higienis sehingga tidak akan menimbulkan masalah bagi kesehatan mata anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *