Ingin Berhenti Merokok ?, Coba Tiga Tips Ampuh Berikut Ini

oleh
Ingin Berhenti Merokok ?, Coba Tiga Tips Ampuh Berikut Ini

Ingin Berhenti Merokok ?, Coba Tiga Tips Ampuh Berikut Ini – Bagi seorang pecandu rokok berat, merokok itu ibarat kebutuhan primer dalam kehidupannya. Sehari saja tak mengisap rokok, sama halnya seperti tidak memakan nasi seharian.

Pernyataan di atas ternyata bukan hanya jargon semata. Hal itu terbukti dengan hasil sebuah survei yang dilakukan oleh Tobacco Control Support Center (TCSC) Indonesia pada tahun 2016 lalu.

Dalam survei tersebut di temukan fakta mengejutkan bahwa, kebutuhan akan rokok ternyata menempati urutan nomor urut dua dalam pengeluaran harian keluarga rumah tangga Indonesia setelah kebutuhan akan belanja konsumsi pokok yakni beras.

Bahkan, kebutuhan akan belanja rokok ini bisa menggeser kebutuhan belanja lain yang lebih penting, misal makanan bergizi esensial seperti telur dan susu sebagai pelengkap pola konsumsi sehat.

Nah, jika anda sudah “sadar” dan merasa jika merokok itu selain merugikan kesehatan anda dan mempengaruhi ekonomi keluarga, ada baiknya mulai sekarang anda pertimbangkan untuk berhenti merokok. Bagi pecandu berat, mungkin akan terasa sulit, namun apa salahnya di coba demi kebaikan anda sendiri.

Jika anda ingin berniat untuk berhenti merokok, mungkin tiga tips sederhana namun cukup ampuh ini layak untuk di coba.

  • Berhenti Ketika Mood Sedang Baik

Sudah banyak studi kasus yang menyebutkan jika para pecandu rokok yang gagal berhenti merokok karena disebabkan keadaan mood yang sedang tidak baik.

Namun yang jadi masalah adalah, di saat perokok mencoba untuk belajar berhenti merokok, para pecandu ini akan cenderungĀ  depresi karena efek nikotin yang terkandung dalam tubuh. Jangan menyerah, temukan kegiatan dan aktifitas positif yang bisa Anda lakukan selama proses untuk berhenti merokok agar mood selalu terjaga dengan baik.

  • Tulis nama orang tercinta di kertas

Selain demi kesehatan dan diri sendiri, ingatlah orang terkasih yang anda cintai ketika anda berusaha untuk berhenti merokok. Karena menurut penelitian kesehatan, orang yang terkena asap rokok atau disebut juga perokok pasif justru lebih rentan terpapar penyakit yang disebabkan oleh asap rokok anda.

Ambil secarik kertas dan tuliskan nama orang-orang yang Anda sayangi. Atau jika perlu, lengkapi pula dengan foto orang-orang tercinta, seperti istri dan anak kita. Tiap kali muncul keinginan untuk merokok, coba buka lembaran kertas tersebut dan bayangkan wajah mereka.

  • Temukan kebiasaan lain yang lebih bermanfaat

Merokok itu adalah tentang kebiasaan. Sebagian besar orang gagal berhenti merokok karena merasa kehilangan kebiasaan yang dilakukan.

Entah itu kebiasaan ketika membuka bungkus rokok, menghirup aroma tembakau dari setiap batang rokok, ataupun merasakan filter rokok di bibir. Nah, jika anda merasa kebiasaan-kebiasaan tersebut susah dihilangkan, anda bisa temukan kebiasaan pengganti yang serupa.

Misal, ubah kebiasaan anda membuka bungkus rokok dengan menggantinya dengan membuka cangkak kacang menggunakan tangan dan mengunyah beberapa butir untuk setiap batang rokok yang ingin Anda hisap.

Dengan merubah kebiasaan seperti ini, Anda mendapatkan sensasi fisik dan rasa yang sama seperti yang Anda dapatkan dari merokok. Bagaimana, mau mulai mencoba untuk berhenti merokok?. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *