Tips Agar Tidak Terkena Sakit Wasir atau Ambeien

oleh
Tips Agar Tidak Terkena Sakit Wasir atau Ambeien

Ambeien atau wasir  yang dalam bahasa medis disebut hemorrhoid adalah merupakan suatu penyakit yang umum dialami yang terjadi pada sekitar dubur atau anus.

Penyakit ambeien ini bisa terjadi ketika pembuluh darah yang berada di bagian bawah rektum dan anus mengalami pembengkakan, yang diakibatkan adanya peningkatan tekanan di bagian bawah rongga perut.

Banyak faktor penyebab mengapa penyakit wasir atau ambeien ini bisa menimpa seseorang, mulai dari kebiasaan mengejan yang terlalu kuat ketika BAB, duduk yang terlalu lama, sering mengangkat beban berat secara terus-menerus, sembelit, kehamilan, hingga faktor dari keturunan.

Sementara itu, penyakit wasir atau ambeien ini sendiri di bagi menjadi dua jenis berdasar tempat kemunculannya, yaitu:

  • Wasir dalam (internal)

Adalah kondisi dimana penyakit wasir atau ambeien ini terjadi pada bagian dalam dan tidak terlihat dari luar, kecuali jika mengalami penonjolan.

Jenis wasir ini pada umumnya muncul di dalam saluran rektum atau anus, namun tidak menimbulkan rasa nyeri bagi penderitanya. Akan tetapi, jika sedang BAB biasanya akan menyebabkan pendaharan.

  • Wasir luar (eksternal)

Wasir jenis ini biasanya terdapat pada bagian luar rektrum atau anus. Penyakit ambeien jenis ini, meski tidak terasa nyeri namun penderita akan merasakan gatal pad area anus dan sering kali mengeluarkan bercak darah ketika BAB.

Baca Juga :  #5 Manfaat Soda Kue Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu

Kendati penyakit wasir atau ambeien ini tidak berbahaya dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya, namun apabila sedang mengalami penyakit ini, maka penderita  akan merasa tidak nyaman dan terkadang disertai rasa nyeri ketika di gunakan untuk duduk.

Oleh karena itu, guna menghindari penyakit ambeien ini, ada baiknya anda mengubah pola hidup anda menjadi lebih sehat dengan menerapkan beberapa cara berikut ini:

  •  Perbanyak konsumsi makanan berserat

Guna menghindari penyakit ini, ada baiknya mengonsumsi banyak makanan berserat tinggi . Hal ini dikarenakan kandungan serat yang terdapat dalam makanan yang kita santap akan membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga  saat BAB anda tidak perlu mengejan terlalu kuat.

Karena seperti ang ysudah disebutkan diawal, mengejan terlalu kuat dapat menyebabkan dan memperparah wasir. Makanan yang kaya akan serat yang disarankan yaitu biji-bijian atau gandum utuh, kacangan-kacangan, buah, dan sayuran berdaun gelap.

  • Perbanyak asupan cairan yang masuk kedalam tubuh
Baca Juga :  Ingin Menghilangkan Lemak Perut Bawah? Coba 10 Cara Jitu Di Bawah Ini

Selain perbanyak makanan yang mengandung serat, menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan cara lain yang cukup ampuh untuk mencegah penyakit ambeien atau hemorrhoid ini.

Memperbanyak minum air putih dapat membantu menjaga tinja tetap lunak saat di keluarkan, serta mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit. Selain itu, Anda juga harus lebih seing menghindari minuman dengan kadar kafein dan beralkohol, karena kedua jenis minuman tersebut dapat menyebabkan wasir bertambah parah.

  • Selalu menjaga kebersihan rektrum atau anus

Untuk mencegah terjadinya ambeien, sangat dianjurkan untuk rutin membersihkan kulit di sekitar area rektrum atau anus. Gunakan handuk halus kecil yang lembap atau bisa juga menggunakan kapas basah untuk membersihakannya. Selain itu hindari pemakaian sabun pembersih yang mengandung pewangi untuk mencegah terjadinya iritasi.

  • Jangan menunda-nunda buang air besar (BAB)
Baca Juga :  Benarkah Es Batu Bisa Bikin Gizi Ikan Segar Jadi Hilang, Ini Penjelasannya

Sering menunda untuk buang air besar dapat membuat tinja yang ada dalam perut menjadi keras dan kering, sehingga saat di keluarkan akan membuat Anda harus mengejan terlalu kuat.

Oleh karenanya, segeralah ke kamar mandi untuk buang hajat apabila Anda telah merasakan dorongan untuk buang air besar agar terhindar dari ambeien

  • Lakukan olahraga yang teratur

Olah araga merupakan salah satu tips yang ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Olah raga yang teratur selain berguna untuk menurunkan berat badan, tapi juga bisa membantu mengontrol tekanan darah, dan mencegah terjadinya sembelit.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk anda berolahraga minimal 30 menit setiap harinya, agar anda terbebas dari ambeiean dan yang pasti membuat tubuh anda sehat dan bugar.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *