Tips Agar Make-up Tetap Awet Khusus Untuk Kulit Wajah Berminyak

oleh
Tips Agar Make-up Tetap Awet Khusus Untuk Kulit Wajah Berminyak

Menjaga make-up tetap awet merupakan suatu keharusan bagi wanita. Tapi, bagi pemilik kulit wajah berminyak, hal ini menjadi masalah tersendiri.

Karena, kulit wajah berminyak biasanya make-up yang di gunakan akan mudah sekali luntur. Alih-alih bisa tampil cantik, hanya beberapa saat setelah memoles make-up minyak di kulit wajah malah akan membuat riasan menjadi nampak belepotan.

Karenanya, bagi wanita pemilik kulit wajah yang berminyak, kondisi ini membutuhkan penanganan tersendiri, agar riasan yang di gunakan bisa bertahan lebih lama.

Tips Agar Make-up Tetap Awet

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk wanita dengan tipe kulit wajah yang berminyak adalah, pemilihan produk make-up yang harus di sesuaikan dengan kondisi kulit.

Agar riasan wajah bisa bertahan lebih lama, pastikan terlebih dahulu produk-produk kecantikan yang digunakan memiliki formulasi khusus untuk kulit berminyak, seperti yang bersifat matte, oil-free, atau shine-free.

Selanjutnya, bisa mencoba mengaplikasikan tips berikut agar make-up tetap awet:

  • Bersihkan dan segarkan wajah terlebih dahulu

Poin pertama yang harus dilakukan adalah, dengan memastikan kondisi wajah anda dalam kondisi bersih dengan mencuci muka dengan sabun khusus wajah lebih dahulu.

Baca Juga :  Atasi Jerawat Membandel Dengan Pasta Gigi, Begini Caranya

Setelah itu, lanjut oleskan produk pembersih wajah dengan label bebas minyak atau oil-free terlebih dahulu. Selajutnya gunakan primer khusus kulit berminyak yang bebas minyak dan bebas kilap (anti-shine atau matte), setidaknya pada zona T (dahi, hidung, dan dagu).

Kemudian, bisa dilanjutkan dengan memakai alas bedak (foundation), bedak dan produk lainnya. Dengan cara ini, dapat membantu make-up lebih melekat pada wajah.

  • Gunakan tabir surya

Terutama untuk wanita yang sering beraktifitas diluar ruangan, anda bisa menggunakan tabir surya khusus untuk kulit wajah berminyak agar terhindar dari paparan dan bahaya sinar ultraviolet (UV).

Tips untuk menggunakan tabir surya bagi pemilik kulit wajah berminyak, setelah krim tabir surya dioleskan dan meresap ke dalam kulit, selanjutnya tekan secara perlahan permukaan wajah yang sudah dioles tabir surya dengan tisu untuk menyerap sisa-sisa krim.

Selanjutnya, bisa dilanjut dengan penggunaan make-up sesuai dengan yang diinginkan.

  • Pakai pelembap bertekstur ringan
Baca Juga :  Mengkonsumsi Makanan Berikut Ini Bisa Bikin Haid Jadi Teratur

Untuk penggunaan pelembab wajah, disarankan untuk memilih pelembap bebas minyak atau memakai produk bertekstur ringan seperti serum.

Pelembap tipe seperti ini yang berbentuk serum bisa melembapkan kulit wajah berminyak anda tanpa harus membuatnya terlihat tambah berminyak.

  • Gunakan bedak secukupnya

Banyak yang mengira jika semakin banyak dan tebal bedak yang diaplikasikan ke wajah, hal itu bisa menutupi kulit wajah yang berminyak.

Ternyata pemikiran tersebut sangat salah kaprah, karena dengan bedak yang tebal dapat merangsang pori-pori kulit wajah memproduksi minyak yang berlebih.

Karenanya, gunakan bedak secukupnya dan pastikan memilih jenis bedak yang memiliki formula matte translucent.

  • Siapkan kertas minyak saat bepergian

Kertas minyak berfungsi untuk menyerap kelebihan minyak dan menghilangkan kilap dari wajah. Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya dengan menekan-nekan pada bagian wajah yang terasa berminyak.

Karena itu, kertas minya ini sangat efektif untuk menghilagkan menyak dan menjadi penyelamat ketika minyak pada wajah sudah mulai terlihat terutama di tempat umum atau keramaian.

Baca Juga :  Tips Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah Dengan Cara Alami

Penting untuk diingat, untuk perawatan tiap hari bagi pemilik kulit wajah berminyak, sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan produk-produk pembersih wajah yang berbahan minyak atau alkohol, karena justru bisa  menyebabkan iritasi pada kulit.

Sebaiknya, gunakan produk pembersih wajah bebas minyak, yang terbuat dari bahan yang ringan untuk membersihkan make-up. Lalu cuci wajah anda hingga bersih dari sisa make-up yang masih menempel agar tidak menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, anda juga bisa konsutasi dengan dokter atau ahli kecantikan, mengenai produk-produk kecantikan apa saja yang cocok untuk wajah anda agar tidak salah pilih.

Dengan menerapkan tips-tips di atas dan juga penggunaan produk kosmetik yang tepat khusus untuk kulit wajah berminyak, maka riasan make-up tetap awet dan dijamin tidak mudah luntur. Selamat mencoba !