Anak Terlambat Bicara, Coba Tips Berikut Agar Buah Hati Lekas Berceloteh

oleh
Anak Terlambat Bicara, Coba Tips Berikut Agar Buah Hati Lekas Berceloteh

Ketika anak terlambat bicara, sebagai orang tua pastinya kita akan merasa khawatir. Tiap orang tua pastinya sangat menantikan kata pertama yang keluar dari mulut sang buah hati. Namun, bagaimana jika anak kita tak kunjung mengeluarkan celotehannya ?

Jangan khawatir, perkembangan setiap anak pastinya berbeda –beda. Mungkin saja anak anda memang belum saatnya mencapai tahapan berbicara. Selain itu, anak yang dibesarkan dalam lingkungan dengan lebih dari satu bahasa biasanya akan lebih lambat dalam berbicara. Apalagi bila bahasa yang digunakan merupakan bahasa minoritas di lingkungannya.

Meskipun perkembangan pada setiap anak berbeda, ada beberapa patokan yang bisa dijadikan perbandingan dengan anak anda untuk medeteksi apakah anak anda mengalami masalah anak terlambat bicara.

Berikut ini beberapa patokan perkembangan anak dalam berbicara.

  • Usia 3 Bulan

Pada saat usia ini, bayi akan mulai mengucapkan kata – kata yang tidak memiliki arti atau sering disebut bahasa bayi. Bayi juga sudah bisa mengenali dan memperhatikan suara yang keluar dari seseorang. Biasnya bayi akan mulai memperhatikan saat ada seseorang yang berbicara.

  • Usia 6 Bulan
Baca Juga :  Cerebral Palsy, Kenali Sejak Dini Gejalanya pada Bayi

Pada saat ini, bayi sudah bisa mengeluarkan banyak ocehan kata seperti “ ba – ba” atau “ na – na “ seperti itu. Selain itu, bayi juga sudah bisa mengekspresikan wajahnya ketika mendengar sesuatu seperti tersenyum saat mendengar suara tokoh kartun kesukaannya.

  • Usia 9 Bulan

Setelah usia 9 bulan, bayi biasanya sudah bisa mengeluarkan kata – kata yang lebih jelas seperti misalnya “ iya “ atau “ tidak “.

  • Usia 12 Bulan

Pada usia 12 bulan, bayi sudah mulai banyak berceloteh dan mengeluarkan kata – kata yang banyak orang tua tunggu yaitu “ ibu “ atau “ ayah “. Selain itu, bayi juga sudah mulai mengerti beberapa perintah yang kalian ucapkan seperti “ ayo makan “, “ minum dulu “, atau “ jangan lakukan itu “.

  • Usia 18 Bulan

Di usia 18 bulan, umumnya bayi sudah mulai menyederhanakan kata – kata yang sering diucapkan seperti “ makan “ manjadi “ mam “, dan sebagainya. Selain itu, bayi juga akan mengulang – ulang kata yang sering ia dengar. Usahakan untuk menjauhkan kata – kata kasar pada saat bayi mulai memasuki fase ini.

  • Usia 24 Bulan
Baca Juga :  Gejala Impetigo Pada Anak Yang Harus Orang Tua Ketahui

Di usia 24 bulan, bayi sudah memiliki banyak kosa kata didalam pikirannya. Umumnya bayi juga sudah bisa menggabungkan 2 kata keinginannya seperti “ mau makan”, atau “ mau minum “.

  •  Usia 3 tahun

Mulai pada usia 3 tahun, anak seharusnya sudah bisa berbicara dengan cukup lancar. Meskipun belum bisa mengatakan banyak hal. Namun biasanya anak sudah bisa berkomunikasi dengan orang lain.
Pada usia 4 tahun hingga seterusnya, anak sudah bisa mengucapkan berbagari kata seperti bertanya, meminta maaf, meminta tolomg, berterima kasih, hingga menyampaikan peristiwa.

Untuk menghindari terjadinya keterlambatan anak dalam berbicara, orang tua berperan sangat penting untuk membantu perkembangannya. Berikut ini beberapa cara yang orang tua bisa lakukan untuk membantu kemampuan anaknya berbicara.

Baca Juga :  Jangan Dulu Di Imunisasi Jika Anak Anda Sedang Mengalami Ini

1. Ikuti Setiap Perkembangannya

Perhatikan setiap ucapan yang bayi anda keluarkan. Lalu, aplikasikan pada benda atau hal yang bayi anda maksudkan untuk mempermudah bayi anda mengenali sesuatu.

2. Berbicara Sambil Bergerak

Ketika memberikan sesuatu pada bayinya, orang tua bisanya akan memberikannya sambil berbicara. Ternyata, hal ini dapat membantu bayi kita untuk berbicara. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengerak – gerakan benda yang ingin diberikan kepada bayi.

Seperti misalnya saat memakaikan baju, sang ibu sambil memperlihatkan bajunya kepada bayi juga sambil mengatakan pada bayinya tentang baju tersebut.

3. Berperilaku Seperti Anak – Anak

Ketika sedang memiliki bayi, tak jarang ada orang tua yang harus berperilaku mengikuti bayinya. Hal ini dapat membantu menstimulasi kemampuan bayi dalam berbicara. Ajaklah buah hati untuk membayangkan sesuatu seperti menelpon, melihat pesawat, atau mengendarai mobil.

Demikian beberapa informasi dan tips yang layak anda coba ketika anak terlambat bicara. Semoga bermanfaat.