Suka Ngemil Makanan Manis Saat Hamil, Bisa Sebabkan Alergi Pada Bayi

oleh
Suka Ngemil Makanan Manis Saat Hamil, Bisa Sebabkan Alergi Pada Bayi

Siapa sih yang tak suka dengan makanan dengan cita rasa yang manis. Bahkan termasuk para ibu yang tengah mengandung si buah hati. Namun nampaknya kini para ibu harus sedikit waspada, karena ternyata suka ngemil makanan manis bisa menyebabkan bayi yang dikandungan akan sering mengalami alergi ketika lahir nanti.

Setidaknya demikianlah hasil penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah ibu-ibu yang sedang mengandung yang dilakukan oleh sekelompok peneliti kesehatan yang diterbitkan oleh European Respiratory Journal.

Dalam laporannya, peneliti menyebutkan jika dari 9.000 wanita hamil yang menjadi objek penelitian pada tahun 1990-an tersebut, ditemukan fakta mengejutkan bahwa, bayi yang mereka lahirkan beresiko mengalami alergi ketika dilahirkan.

Baca Juga :  Apa itu Hamil di Luar Kandungan, Ini Penyebab dan Gejalanya

Penyebabnya, dikarenakan asupan makanan manis yang mereka konsumsi selama masa kehamilan di tengarai jadi sumber penyebabnya. Tak hanya resiko terkena alergi, bahkan studi lebih lanjut menyebutkan bahwasanya ibu yang sering mengkonsumsi makanan manis semasa hamil akan beresiko bayinya terkena penyakit asma.

Dalam penelitian tersebut di jelaskan, bagaimana para ibu-ibu yang menjadi objek penelitian diminta untuk melaporkan apa saja yang mereka makan secara spesifik, termasuk berapa banyak konsumsi gula, kopi dan teh. Peneliti selanjutnya menghitung jumlah asupan gula setiap hari, baik dari buah, sayur dan olahan susu.

Ternyata, Ibu hamil yang mengonsumsi banyak makanan yang mengandung gula menghadapi risiko dua kali lipat melahirkan anak yang akan mengalami asma dan alergi tertentu.

Baca Juga :  Atasi Diare Saat Hamil Dengan Cara Tradisional Tanpa Efek Samping

Kendati demikian, para peneliti masih belum bisa mematikan kaitan antara, bagaimana asupan gula yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa memicu asma dan alergi, namun mereka yakin bahwa gula bisa melemahkan sistem imun dan hal ini berpengaruh pada tubuh anak saat masih dalam kandungan.

Oleh karena itu, jika anda kini tengah mengandung si jabang bayi di sarankan untuk mengurangi asupan makanan dengan kadar gula yang berlebih demi kesehatan si buah hati nanti ketika dilahirkan.

Toh, sejatinya segala sesuatu yang berlebihan memanglah tidaklah baik, begitu juga dengan makanan manis tersebut. Tetap konsumsi makanan dengan kadar gula yang wajar agar asupan gizi untuk anda dan si jabang bayi tetap terpenuhi dengan normal.