Selain Pepaya, Buah-buahan Berikut Ini Juga Bisa Melancarkan BAB

oleh
Selain Pepaya, Buah-buahan Berikut Ini Juga Bisa Melancarkan BAB

Selama ini,buah pepaya di kenal sebagai salah satu jenis buah yang cukup manjur dalam melancarkan BAB. Tak hanya buah pepaya, buah pisang juga di percaya memiliki khasiat yang sama.

Akan tetapi, selain dua jenis buah-buahan yang sudah disebutkan diatas ada juga jenis buah-buahan lain yang memiliki khasiat yang tak jauh berbeda, yakni untuk melancarkan BAB.

Buah apa saja itu ?, yuk simak ulasannya berikut ini.

Jenis Buah-buahan Untuk Melancarkan BAB

Buah-buahan berikut ini seringkali kita konsumsi, namun kita tak menyadari manfaatnya dalam melancarkan BAB.

  • Buah Jeruk

Buah yang satu ini merupakan jenis buah yang cukup populer, karena mudah didapat. Dalam sebuah jeruk yang berukuran besar diketahui mengandung 4 gram serat dan menyediakan sekitar 86 kalori.

Baca Juga :  Ingin Rambut Anda Sehat Alami, Konsumsi Beberapa Jenis Makanan Ini

Kandungan serat yang ada dalam buah jeruk inilah yang dapat membantu melancarkan BAB. Selain itu, adanya kandungan flavonol aktif yang terkandung didalam buah jeruk juga dipercaya dapatt mencegah dan mengatasi konstipasi atau sembelit.

  • Buah Apel

Serupa dengan buah jeruk, buah apel juga kerap kita konsumsi dan mudah untuk di dapat. Adanya kandungan serat larut air yang bernama petin dalam buah apel, di ketahui dapat mempercepat pergerakan tinja melalui usus serta meredakan gejala konstipasi atau susah BAB.

Tak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, kulit dari buah apel juga memiliki khasiat yang cukup baik untuk kesehatan, karena itu disarankan untuk makan buah apel bersama dengan kulitnya. Namun pastikan untuk mencucinya hingga benar-benar bersih.

  • Buah Pir
Baca Juga :  Jenis Buah-buahan Yang Aman Di Konsumsi Oleh Penderita Diabetes

Buah ini terkenal memiliki kandungan air yang cukup banyak.  Selain itu, buah pir juga mengandung fruktosa dan sorbitol lebih tinggi dibandingkan jenis buah lainnya.

Zat fruktosa yang ada dalam buah pir inilah yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk merangsang pergerakan usus. Sementarazat sorbitol berfungsi sebagai pencahar alami, yang berperan dalam melancarkan BAB.

  • Buah Kiwi

Terakhir adalah buah kiwi. Buah yang berasal dari Selanda baru ini memiliki khasiat yang cukup baik dalam melancarkan BAB.

Buah ini sangat tinggi serat dan rendah gula sehingga cocok dijadikan pelancar BAB. Selain serat, buah kiwi juga banyak mengandung enzim actinidain, yang memiliki efek positif terhadap kerja dan pergerakan usus dalam perut kita.

Baca Juga :  Leukosit Anda Rendah? Coba Konsumsi Buah Ini Untuk Menormalkannya Kembali

Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan diats secara langsung maupun di buat jus terlebih dahulu. Pastikan untuk mengkonsumsi buah yang masih segar.

Dengan rutin mengkonsumsi jenis buah tersebut, akan membuat pencernaan anda menjadi lancar sehingga melancarkan BAB anda.

Namun,apabila sembelit atau susah buang air besar masih anda derita meski susah mengkonsumsi buah-buahan tersebut, ada baiknya untuk mengunjungi dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna dicari penyebab dan diberikan penanganan yang tepat.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *