Jangan Anggap Sepele, Segera Atasi Batuk Pada Bayi Dengan Segera

oleh

Batuk, merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada bayi. Umumnya, batuk pada bayi di sebabkan karena adanya virus flu yang menginfeksi saluran pernapasan pada bayi. Kondisi ini akan membaik setelah system kekebalan tubuh bayi dapat menanggulangi masalah yang disebabkan oleh virus tersebut. Biasanya, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 – 2 minggu.

Batuk merupakan kondisi dimana tubuh bayi membersihkan benda asing yang ada disaluran pernapasannya melalui lendir. Batuk terdiri dari dua jenis yaitu batuk kering dan batung berdahak. Selain itu, batuk yang sering terjadi pada bayi biasanya juga menimbulkan beberapa gejala lain seperti pilek, demam, hidung tersumbat, mata merah,sakit kepala, sakit tenggorokan, dan nafsu makan berkurang.

Meski sering di anggap sepele, batuk pada bayi tetap harus di waspadai. Terutama saat batuk mulai mengusik bayi hingga tidak mau makan. Sebaiknya, periksakan kondisi kesehatan bayi kalian ke dokter atau mungkin kalian bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Melakukan Penguapan
Cara pertama untuk mengatasi batuk pada bayi adalah dengan melakukan penguapan. Penguapan dapat membantu meredakan pernafasan bayi dan menghilangkan dahak yang mengganggu pernapasan.

Baca Juga :  Jangan Dulu ke Dokter, Begini Cara Menurunkan Panas Bayi di Rumah

Caranya, cukup dengan mencampurkan air mendidih dengan beberapa tetes minyak kayu putih kedalam ember. Kemudian, posisikan kepala bayi anda menghadap ember agar uap dari air panas dapat terhirup oleh bayi. Biasanya, bayi akan mengeluarkan banyak lendir dari bagian hidungnya.

2. Penuhi kebutuhan Cairan Bayi
Ketika sedang mengalami batuk, bayi akan kehilangan banyak cairan dalam tenggorokannya. Hal itu dapat membuat tenggorokan bayi menjadi kering. Untuk bayi diatas 6 bulan, dianjurkan untuk memberi air hangat untuk minum setiap 10 – 15 menit sekali.

Namun, untuk bayi dibawah 6 bulan yang belum bisa minum dengan air putih, dianjurkan untuk diberikan ASI secukupnya. Selain itu, dengan tercukupinya kebutuhan cairan bayi, juga dapat membantu mengeluarkan lendir yang ada di tenggorokan bayi.

3. Diberikan Madu
Bukan hanya untuk orang dewasa, madu juga dapat membantu menyembuhkan batuk pada bayi diatas 1 tahun. Sejak dulu, madu memang sudah banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan banyak penyakit salah satunya batuk dan pilek.

Baca Juga :  Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Gejala Diabetes Pada Anak

Namun, untuk bayi dibawah umur 1 tahun, tidak dianjurkan untuk diberikan madu. Karena, ditakutkan tenggorokan bayi menjadi sakit karena madu terlalu manis. Untuk bayi diatas 1 tahun, anda bisa memberikan madu sebanyak 2 – 5 ml atau sekitar setengah sendok sebelum tidur.

Selain untuk meredakan batuk dan pilek pada bayi, madu juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat batuk. Bila diberikan sebelum bayi tidur, madu juga dapat membantu bayi untuk tidur lebih cepat. Dengan begitu, bayi akan mendapatkan istirahat yang cukup.

4. Istirahat Yang Cukup
Umumnya, bayi yang sedang batuk, akan mengalami sulit tidur dimalam hari. Itu karena suhu dimalam hari akan lebih rendah dan membuat hidung bayi tersumbat oleh lendir. Maka, usahakan bayi mendapatkan istirahat yang cukup. Biarkan bayi tidur selama yang ia mau.

Selain dengan menggunakan cara alami atau tradisional seperti diatas, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal kalian bisa memberikan obat generic kepada bayi. Obat generik bisa kalian temukan di apotik atau dokter terdekat. Beberapa contoh obat generic yang bisa kalian pilih diantaranya :

Baca Juga :  12 Tanda dan Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Formula

– Paracetamol Anak
Paracetamol dapat meredakan demam akibat batuk dan meringankan rasa nyeri pada anak. Meskipun obat ini bukan untuk meredakan pembengkakan dan menghilangkan peradangan, namun paracetamol anak terbilang cukup efektif untuk pertolongan pertama pada bayi.

– Ibuprofen Anak
Berbeda dengan paracetamol anak, Ibuprofen dapat membantu menyembuhkan peradangan pada bayi. Namun, kalian harus berhati – hati dalam memberikan obat ini. Karena ibuprofen memiliki efek yang lebih kuat dibandingkan dengan paracetamol.

– Saline Drop
Saline drop adalah sebuah alat untuk melegakan saluran pernapasan bayi yang tersumbat oleh lendir. Saline Drop dapat ditemukan di apotik – apotik terdekat. Saline drop berbentuk seperti cairan yang nantinya akan diteteskan ke hidung bayi.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *