Kenali Penyebab Sakit Tulang Belakang dan Cara Mengatasinya

oleh
Kenali Penyeab Sakit Tulang Belakang dan Cara Mengatasinya

Seseorang yang sudah memasuki usia di atas 30 tahun, umumnya banyak yang mulai mengeluh sakit tulang belakang yang tentunya terasa sangat menganggu.

Kondisi ini, sering kali terjadi pada area tulang belakang bawah, sehingga banyak juga yang menyebutnya dengan nyeri punggung bawah  atau low back pain.

Nyeri tulang pada bagian belakang tubuh ini erat kaitannya dengan ligamen (jaringan ikat) yang berada di sekitar tulang belakang, urat saraf, dan sumsum tulang belakang seseorang.

Jika anda membutuhkan informasi mengenai kondisi sakit pada tulang belakang yang mungkin saat ini sedang anda alami, berikut ini penjelasannya secara lengkap, mulai dari penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Sakit Tulang Belakang

Seseorang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, perokok aktif, wanita yang sedang hamil, mengalami stress dan depresi merupakan penderita dengan resiko paling tinggi mengalami sakit tulang pada bagian belakang tubuh.

Selain itu, pasien yang sedang dalam masa penyembuhan dan mengkonsumsi obat kortikosteroid, juga beresiko lebih menglami low back pain ini.

Ketika rasa sikit ini muncul, maka penderita akan merasakan gejala berupa rasa nyeri, kebas, atau mati rasa yang akan menjalar pada satu atau kedua kaki, mengalami rasa nyeri sendi atau kaki terasa kaku ketika berjalan pada pagi hari.

Baca Juga :  Mengenal Hipoglikemia atau Kadar Gula Darah Rendah Dalam Tubuh

Selain rasa sakitnya yang terkadang cukup menyiksa, apabila kondisi ini menyerang tubuh akan membuat anda merasa tidak nyaman dan sedikit kesusahan ketika berkatifitas sehari-hari.

Berikut ini merupakan penyebab yang umum seseorang mengalami sakit tulang belakang bagian bawah:

  • Mengalami ketegangan otot-otot

Muscle strain atau ketegangan otot biasa disebut dalam kehidupan sehari-sehari sebagai keseleo biasanya terjadi ketika mengangkat benda yang cukup berat dan terjadi salah gerakan secara tiba-tiba.

Apabila hal itu terjadi, maka otot di area punggung akan menjadi tegang dan menimbulkan rasa sakit pada tulang belakang.

  • Adanya gangguan pada struktur tulang belakang

Penyebab lain sakit tulang belakang adalah adanya gangguan fungsi pada struktur tulang belakang. Misalnya, masalah pada cakram tulang belakang, artritis (radang tulang dan persendian).

Selain itu, penderita osteoporosis (pengeroposan tulang), atau mengalami lengkung tulang belakang yang abnormal seperti skoliosis juga bisa menyebabkan rasa sakit pada tulang punggung.

  • Adanya jenis penyakit tertentu

Beberapa jenis penyakit tertentu yang berkaitan dengan kondisi tulang belakang seperti penyempitan kanal tulang belakang (stenosis spinal), degeneratif spondylolisthesis bisa menjadi penyebab kondisi medis ini.

Baca Juga :  Kenali Sejak Awal Beberapa Gejala Usus Buntu

Disamping itu, hilangnya fungsi saraf di sumsum tulang belakang bagian bawah atau disebut cauda equina syndrome, terjadinya infeksi jamur atau bakteri pada tulang belakang, dan juga kanker pada tulang belakang juga di ketahui menjadi salah satu penyebab seseorang menderita sakit tulang pada bagian belakang tubuh.

Kendati demikian, untuk memastikan kondisi tersebut harus dilakukan beberapa tes pendukung seperti Rontgen, CT scan, MRI, pemindaian tulang, ataupun electromyography (EMG).

Bahkan, jika sakit tulang nelakang ini dicurigai terjadi karena adanya infeksi jamur pada tulang belakang, maka biasanya dokter akan merekomendasikan untuk dilakukan pemeriksaan darah lengkap.

Cara Mengatasi Rasa Sakit Pada Tulang Bagian Belakang Tubuh

Untuk mengatasi kondisi medis ini, pengobatan yang dilakukan akan didasarkan pada penyebab terjadinya rasa sakit.

Berikut ini rekomendasi pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit pada tulang bagian belakang.

  1. Menggunakan obat pereda rasa nyeri, untuk meredakan rasa sakit sementara misalnya menggunakan obat paracetamol. Bisa juga menggunakan obat pereda nyeri berupa krim atau salep yang dioles langsung di lokasi yang terasa nyeri.
  2. Menggunakan obat antidepresan ataupun beberapa jenis narkotik untuk mengobati sakit tulang bagian belakang yang sudah kronis. Namun, hal ini harus selalu dilakukan di bawah pengawasan dokter.
  3. Menggunakan suntikan antiradang, misalnya obat jenis kortikosteroid, dapat diberikan jika sakit pada tulang bagian belakang terasa menjalar hingga ke kaki dan tidak mempan dengan obat pereda nyeri yang lain.
  4. Penggunaan suntikan kortison, dapat dilakukan untuk membantu menurunkan peradangan di sekitar akar guna meringankan rasa sakit untuk sementara waktu.
  5. Apabila sakit yang diderita sudah cukup parah, maka pilihan terakhir adalah dengan melakukan operasi tulang belakang.
  6. Bisa juga menggunakan pengobatan alternatif seperti seperti yoga atau akupunktur, namun harus berkonsultasi dahulu dengan dokter.
Baca Juga :  Awas, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Penyakit Stroke

Ketika rasa sakit ini meneyerang anda, usahakan untuk tetap bergerak aktif guna membantu pemulihan. Lakukan aktifitas dengan perlahan dan jangan terburu-buru.

Guna memastikan kondisi yang dialami, ada baiknya mengunjungi dokter ahli saraf  atau dokter ortopedi untuk dilakukan tindakan pemerikasaan yang lengkap dan penanganan yang tepat.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *