5 Jenis Makanan Ini Ampuh Redakan Nyeri Saat PMS. Cewek Wajib Coba

oleh
5 Jenis Makanan Ini Ampuh Redakan Nyeri Saat PMS. Cewek Wajib Coba

Premenstrual Syndrome, atau seringkali disebut dengan istilah sehari-hari dengan PMS adalah sebuah sindrom perubahan fisik dan emosional pada cewek yang masih menjalani siklus menstruasi.

Sindrom ini umumnya, muncul satu atau dua minggu sebelum datangnya siklus bulanan menstruasi. Saat wanita sedang PMS, biasanya mereka akan punya tingkat emosi yang tidak stabil, sangat sensitif, dan mudah sekali marah.

Dalam bebesara kasus, cewek yang sedang mengalami masa ini juga seringkali merasakan nyeri yang membuat tak nyaman untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

Untuk mengatasi rasa nyeri saat PMS tersebut, ternyata ada lho beberapa jenis makanan yang memiliki khasiat meredakan rasa nyeri saat PMS. Mau tahu apa saja jenis makanan tersebut, berikut ulasannya.

5 Jenis Makanan yang Ampuh Redakan Nyeri Saat PMS

Saat kalian sedang PMS, kalian bisa mencoba untuk mengkonsumsi salah satu dari lima jenis makanan berikut yang berfungsi untuk meredkan rasa nyeri saat PMS yang sedang kalian alami.

1. Buah Pisang

Jenis makanan yang pertama adalah buah pisang. Banyak yang tidak tahu jika buah dengan kulit berwarna kuning ini memiliki khasiat yang cukup ampuh meredakan rasa nyeri saat cewek sedang PMS.

Baca Juga :  Alami Nyeri Saat Haid, Coba Atasi Dengan Cara Ini

Dalam buah pisang, banyak terkandung zat potasium yang cukup tinggi yang dapat membantu meredakan rasa nyeri dan kram akibat PMS yang sedang kamu alami.

Ketika kondisi tubuh tidak memiliki cukup zat potasium ini, maka hal ini akan mengakibatkan tubuh berisiko mengalami kram.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terutama wanita yang sedang PMS mengkonsumsi buah pisang yang memiliki kandungan potasium dan vitamin B6 yang cukup tinggi adalah pilihan terbaik untuk meredakan rasa nyeri dan kram akibat PMS.

2. Ikan Salmon

Selanjutnya ada ikan Salmon.  Dalam ikaln salmon, banyak mengandung omega-3 yang dipercaya dapat membantu mengatur mood dan reaksi di otak yang mengkonsumsinya.

Sehingga, dengan mengkonsumsi satu piring menu ikan salmon dipercaya dapat menurunkan rasa nyeri PMS dan akan memberikan efek nyaman.

Selain itu, ikan salmon juga kaya akan protein dan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin A, D, B12, iodine, zat besi, selenium, serta kandungan lemak baiknya juga sangat tinggi.

Baca Juga :  Beberapa Gejala Keputihan Yang Patut di Waspadai

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts, menyebutkan jika wanita yang berusia 18 hingga 30 tahun yang pada saat datang bulan mengkonsumsi vitamin D dengan jumlah yang cukup setiap harinya di ketahui tidak merasakan nyeri saat datang bulan.

Karena itu, banyaknya kandungan  vitamin D dalam ikan salmon menjadi salah satu alternatif untuk meredakan rasa nyeri saat PMS.

3. Dark Chocolate

Jenis makanan yang satu ini, selain rasanya yang nikmat juga memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk meredakan rasa nyeri saat PMS.

Dalam satu batang dark chocolate banyak mengandung antioksidan yang berfungsi memperlancar sirkulasi darah yang memakannnya.

Dengan mengonsumsi cokelat,  juga dipercaya dapat memperbaiki suasana hati dan akan mengusir rasa lelah.

4. Selai Kacang

Banyanya kandungan magnesium yang terdapat pada selai kacang dipercaya dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak serotin, yakni sejenis hormon untuk peningkat mood secara alami.

Cocok di konsumsi saat PMS, agar suanana hati kamu tetap nyaman, sehingga akan terhindar dari rasa tertekan dan depresi saat datang bulan menghampiri.

Baca Juga :  Ini Tanda-Tanda Jika Skincare yang Anda Pakai Tidak Cocok dikulit

Selain itu, adanya kandungan vitamin B6 dalam jenis makanan ini juga berperan untuk meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh, yaitu sejenis hormon yang berfungsi untuk mengatur pola tidur yang mengkonsumsinya.

5. Telur rebus

Terakhir, saat merasakan nyeri saat PMS, kalian bisa mencoba untuk mengkonsumsi telur rebus. Banyaknya kandungan vitamin D, B6 dan vitamin E pada telur di percaya dapat membantu mengurangi rasa nyeri PMS.

Selain itu, dengan banyak mengonsumsi vitamin D, ternyata mengonsumsi banyak vitamin B6 juga ampuh meredakan rasa kram saat datang bulan.

Kesimpulannya, ketika mengalami rasa nyeri saat PMS yang cukup menyiksa sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung magnesium, kalsium, vitamin D dan vitamin B6 yang berguna untuk meredakan meredakan nyeri tersebut. Selamat mencoba.