Bingung Memilih Obat Batuk Untuk Anak Anda, Coba Ramuan Herbal Ini

oleh
Bingung Memilih Obat Batuk Untuk Anak Anda, Coba Ramuan Herbal Ini

Bingung Memilih Obat Batuk Untuk Si Buah Hati, Coba Ramuan Herbal Berikut Ini – Batuk merupakan penyakit yang sangat sering ditemui di Indonesia. Hampir seluruh warga di Indonesia terutama anak-anak pasti pernah mengalami yang namanya sakit batuk.

Meskipun sering dianggap enteng, batuk bisa sangat mengganggu aktivitas seseorang apalagi anak kecil. Bila si kecil batuk, ia menjadi tidak bisa seaktif anak yang lainnya.

Secara harfiah, batuk terjadi karena adanya benda asing yang menggangu tenggorokan anak. Penyebabnya bisa berupa virus, debu, ataupun benda kecil lainnya. Faktanya, anak – anak adalah yang paling rentan terkena penyakit ini. Selain karena system kekebalan tubuhnya yang masih belum sekuat orang dewasa, anak – anak yang aktif juga rentan tertular oleh virus yang menyebar saat mereka bermain.

Batuk pada anak bisa di bedakan menjadi beberapa jenis. Diantaranya :

  •  Batuk Berdahak

Batuk berdahak merupakan jenis batuk yang kasusnya paling banyak di temui pada anak di Indonesia. Batuk berdahak disebabkan oleh adanya infeksi pada pernapasan sehingga dahak pada tenggorokan akan sering keluar. Dahak dapat menyumbat system pernapasan anak dan membuat anak tidak nyaman karena susah bernafas.

  • Batuk Kering

Apabila anak mengalami batuk dengan tenggorokan kering, kemungkinan besar tenggorokan anak terinfeksi oleh virus sinus. Segera periksakan kondisi kesahatan anak anda ke dokter agar mendapatkan perawatan yang dibutuhkan. Biasanya, anak yang mengalami batuk seperti ini akan diberikan obat berupa antibiotic.

  • Batuk Pilek

Penyakit batuk disertai pilek sangat sering ditemui pada anak berusia 3 – 5 tahun. Umumnya, penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 1 minggu atau lebih. Namun, semua tergantung pada kekuatan system kekebalan tubuh anak juga. Jika system kekebalan tubuh anak dapat mengatasi virus penyebab batuk pilek dengan cepat, maka proses penyembuhannya dapat memakan waktu kurang dari satu minggu.

  • Batuk Stridor

Stridor adalah kondisi dimana ada pembengkakan pada system pernapasan anak. Ketika anak mengalami stridok, biasanya akan mengeluarkan suara napas yang keras dan cenderung berisik. Apabila hal ini terjadi pada anak anda, segera periksakan kondisi kesahatan anak anda kedokter untuk mendapatkan perawatan yang dibutukan.

Cara terbaik yang bisa kalian lakukan saat anak sakit adalah dengan membawanya ke dokter. Namun, jika dirasa batuk yang anak anda alami tidak begitu parah, mungkin kalian bisa coba memberikan putra putri anda beberapa ramuan herbal untuk obat batuk seperti dibawah ini.

1. Jahe dan Kencur
Jahe dan kencur merupakan salah satu ramuan herbal yang sudah ditemukan sejak dahulu. Ramuan ini dilestarikan secara turun temurun dari nenek moyang kita. Walaupun tergolong cara kuno, khasiat dari ramuan jahe dan kencur ini cukup ampuh untuk mengatasi batuk pada anak. Caranya, cukup dengan mencampurkan air hangat dengan jahe dan kencur didalam gelas. Lalu diminum saat sudah dingin.

2. Jeruk dan Kecap
Selain jahe dan kencur, Jeruk nipis dan kecap juga menjadi ramuan tradisional yang paling ampuh unutk mengatasi batuk khususnya pada anak. Caranya, cukup peras jeruk nipis dan campurkan dengan sesendok kecap. Selain karena mudah ditemukan, ramuan herbal ini juga tidak memiliki efek samping yang berbahaya untuk anak kecil.

3. Madu
Madu juga sangat baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit pada anak. Kandungan yang ada didalam madu dapat meredakan radang yang ada didalam tenggorokan sang anak. Caranya, cukup berikan sesendok madu sebagai bahan herbal alami untuk obat batuk pada anak hingga sakit batuknya benar-benar menghilang.

4. Daun Sirih
Daun sirih juga menjadi pilihan terbaik obat batuk herbal untuk menyembuhkan sakit batuk yang diderita anak. Caranya cukup rebus daun sirih dan dtambahkan beberapa potong jahe. Lalu minum saat sudah hangat. Jika hidung anak tersumbat, aroma yang dihasilkan daun sirih juga dapat digunakan untuk melegakan pernapasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *