Rambut Rontok Sehabis Melahirkan Apakah Normal, Ini Penjelasannya

oleh
Rambut Rontok Sehabis Melahirkan Apakah Normal, Ini Penjelasannya

Rambut Rontok Sehabis Melahirkan Apakah Normal, Ini Penjelasannya – Rambut adalah mahkota bagi wanita. Memiliki rambut yang lebat, halus dan sehat tentu sudah menjadi idaman setiap wanita.

Ketika, sedang mengandung biasanya rambut pada wanita akan nampak lebih lebat, sehat dan indah. Hal itu dikarenakan adanya perubahan hormon dalam tubuh wanita yang tengah berbadan dua yang berefek pada semakin lebatnya rambut mereka.

Namun pasca persalinan, beberapa wanita akan mengalami rambut rontok sehabis melahirkan. Meski tak semua wanita pasca melahirkan mengalami kerontokan rambut, namun bagi yang mengalaminya tentu akan membuat mereka syok dan kaget, apakah kerontokan tersebut wajar dan normal.

Adeeti Gupta, seorang pendiri klinik khusus wanita bernama Walk in GYN Care menjelaskan perihal kerontokan rambut pada wanita pasca persalinan, “Selama hamil, estrogen meningkat, hormon ini yang membuat rambut indah dan tekstur lebih baik. Namun, usai melahirkan hormon estrogen menurun yang membuat rambut rontok,”.

Lebih lanjut, Adeeti Gupta menjelaskan jika rambut rontok sehabis melahirkan tersebut adalah hal yang normal dan wajar, jadi tak ada yang perlu dirisaukan. Seiringnya waktu kerontokan rambut akan hilang dan akan normal lagi seperti sedia kala.

Kendati merupakan hal yang wajar, namun bukan berarti kerontokan rambut tersebut anda diamkan saja. Ada beberapa langkah atau tips yang bisa anda coba guna meminimalkan kerontokan rambut yang anda alami sehabis melahirkan tersebut.

Berikut ini adalah cara sederhana mengatasi kerontokan rambut pasca melahirkan yang bisa anda coba dan praktekan guna menghindarkan dari kerontokan rambut yang makin parah.

1. Gunakan Shampo Yang Tepat.

Menggunakan produk kesehatan rambut seperti shampo atau vitamin rambut juga disarankan untuk mengembalikan hormon dalam kesehatan rambut agar kembali sehat seperti sedia kala.

Anda bisa mencoba menggunakan beberapa produk kesehatan rambut dan shampo yang berfungsi untuk mengurangi kerontokan pada rambut.

2. Gunakan Aksesoris Dan Atur Gaya Rambut Anda

Pasca melahirkan memang kondisi tubuh masih lemah dan butuh istirahat yang cukup. Hal tersebut berimbas pada kurangnya waktu untuk mengurus dan menata rambut anda.

Oleh karena itu, anda bisa meminta bantuan kerabat, suami atau siapa pun untuk mengurus dan menata rambut anda.

Bagi yang memiliki rambut panjang, Anda bisa sedikit merapikan rambut anda dengan memotongnya sesuai keinginan agar nampak lebih rapi. Selain itu menggunakan aksesoris rambut seperti headband atau scarf yang melingkar di bagian depan rambut juga bisa anda coba untuk menutupi rambut bagian depan.

3. Penuhi Asupan Gizi Lewat Makanan Yang Tepat.

Mengonsumsi makanan kaya akan kandungan protein dan vitamin seperti sayuran berdaun hijau, telur dan produk susu amat disarankan ketika mengalami masalah rambut rontok sehabis melahirkan.

Selain itu, mengonsumsi vitamin D, vitamin B kompleks, dan makanan kaya omega 3 juga berperan penting untuk mencegah kerontokan rambut makan parah.

Demikian penjelasan singkat mengenai masalah rambut rontok sehabis melahirkan. Tidak ada yang perlu di risaukan dengan hal tersebut, karena itu adalah hal yang wajar meski tak semua wanita mengalaminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *