Pertolongan Pertama Ketika Disengat Tawon, Serta Obat yang Tepat

oleh
Pertolongan Pertama Ketika Disengat Tawon, Serta Obat yang Tepat

Tawon di kenal sebagai hewan yang memiliki bisa atau racun yang bisa menyebabkan bengkak atau alergi ketika menyengat bagian tubuh manusia. Karena itu, langkah-langkah pertolongan pertama ketika disengat tawon sebaiknya di ketahui oleh semua, guna menghindari reaksi yang lebih serius akibat digigit tawon.

Walaupun, pada umumya apabila di sengat tawon dapat sembuh dengan sendirinya, akan tetapi pada orang yang memiliki riwayat alergi, sengatan tawon ini bisa saja berlanjut menjadi reaksi syok anafilaksis.

Apabila tidak segera mendapat pertolongan yang tepat, kondisi tersebut tergolong berbahaya bagi korban gigitan lebah.

Pertolongan Pertama Ketika Disengat Tawon

Ada beberapa jenis tawon yang ketika menyengat tidak menimbulkan reaksi alergi atau bengkak. Tetapi beberapa jenis tawon tertentu, ada yang menyebabkan bengkak yang cukup parah.

Apabila disengat oleh lebih jenis ini, berikut pertolongan pertama yang harus dilakukan:

  • Segera Keluarkan Duri Sengat yang Masih Menempel
Baca Juga :  Tips Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Bahan Alami

Ketika tawon menyengat bagian tubuh manusia, biasanya akan meninggalkan sisa duri sengat yang tertancap di kulit. Segera keluarkan duri tersebut dengan segera, agar bisa atau racun di sengat tersebut tidak menyebar.

  • Lepaskan Perhiasan atau Aksesoris

Umumnya, seseorang tersengat oleh tawon adalah di bagian tangan, meski ada juga yang tersengat di bagian lain. Ketika tersengat di bagian lengan, atau tangan segera lepas perhiasan berupa gelang atau cincin, agar ketika reaksi bengkak mulai muncul maka akan sulit di lepas dan menambah rasa sakit korban.

  • Kompress dengan Air Dingin

Selanjutya, segera kompress bagian yang tersengat tersebut dengan air dingin. Siapkan handuk kecil yang bersih lalu bungkus es batu dan kompreskan selama kurang lebih 20 menit.

Baca Juga :  #5 Manfaat Soda Kue Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu

Pengkompresan ini berguna untuk mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit yang ditimbulkan.

  • Segera Minum Obat

Mengkonsumsi obat berguna untuk mengurangi rasa nyeri akibat sengatan tawon, korban dapat diberikan obat anti nyeri, seperti parasetamol dan obat golongan antiinflamasi non steroid (OAINS), sesuai dengan anjuran dokter.

Selain itu, bisa juga dengan mengoleskan baking soda untuk mengurangi rasa gatal di area sengatan.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar bagian tibuh yang disengat tawon untuk mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah. Jika, tidak memiliki riwayat alergi parah, biasanya jika terkena  sengatan tawon atau lebah akan membaik dan sembuh dalam waktu dua hingga lima hari.

Sementara untuk korban yang di ketahui memiliki riwayat alergi terhadap sengatan tawon, atau penderita Syok Anafilaksis, hal ini bisa menyebabkan reaksi alergi yang sangat parah.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Plak Gigi, Agar Jadi Bersih dan Sehat

Dalam beberapa kasus, muncul gejala yang  cukup berbahaya seperti sulit bernapas, kehilangan kesadaran, muntah, hingga jantung berhenti berdetak.

Untuk penangannya, jika korban diketahui sebagai penderita Syok Anafilaksis, maka sangat disarankan untuk segera di bawa ke rumah sakit atau IDG untuk penanganan yang lebih tepat dari dokter atau tenaga medis.

Demikian informasi mengenai pertolongan pertama ketika seseorang disengat tawon. Apabila muncul rekasi yang bertambah parah akibat dari sengatan tawon ini, ada baiknya untuk segera menuju rumah sakit guna penanganan lanjutan.