Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Terlambat Menstruasi

oleh
Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Terlambat Menstruasi

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Terlambat Menstruasi – Menstruasi atau haid, adalah sebuah proses alamiah yang di alami oleh wanita yang telah menginjak remaja hingga usia sekitar 40 tahun. Dalam siklus menstruasi, setiap wanita akan mengalami perbedaan anata satu dengan yang lainnya.

Normalnya, jarak siklus menstruasi  adalah antara 21 hinga 35 hari, dihitung mulai dari hari pertama menstruasi bulan ini atau sebelumnya, hingga hari pertama menstruasi bulan selanjutnya.

Namun kenyatanya, terkadang siklus menstruasi bisa saja berubah, terkadang bisa lebih cepat atau ada juga yang terlambat menstruasi. Terjadinya keterlambatan menstruasi yang di alami, tidak di artikan sebagai pertanda jika wanita tersebut mengalami kehamilan.

Ada beberapa faktor yang juga bisa menjad penyebab, mengapa wanita bisa mengalami terlambat menstruasi. Nah, jika anda mengalami terlambat datang bulang, berikut beberapa faktor eksternal yang jadi penyebab mengapa anda terlambat menstruasi.

  • Mengalami Stress

Stress merupakan salah satu penyebab mengapa wanita bisa mengalami terlambat datang bulan. Entah karena stress urusan pekerjaan, masalah rumah tangga dan pemicu stress lainnya bisa membuat siklus menstruasi anda menjadi tidak teratur.

Ketika wanita mengalami stress, maka hormon dan bagian otak yang berfungsi mengatur siklus menstruasi, yaitu hipotalamus, akan terganggu sehingga menyebbakan seseorang akan mengalami telat datang bulang.

Jika, anda mengalami stress dan menurut kalender sudah waktunya menstruasi, maka disarankan untuk relaksasi atau  mengubah gaya hidup sehingga stress anda akan berkurang dan siklus bulanan anda akan menjadi normal kembali.

  • Obesitas atau Kegemukan

Naiknya berat badan yang tidak terkontrol, juga bisa menjadi penyebab wanita mengalami terlambat menstruasi. Oleh karenanya usahakan untuk selalu berolah raga secara teratur dan tidak mengkonsumsi makanan secara berlebih sehingga berat badan anda bisa ideal.

  • Berat Badan Turun

Selain berat badan naik, berat badan turun juga bisa menjadi faktor penyebab terlambat datang bulan. Melakukan diet ketat secara ekstrim justru akan berakibat anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Jika berat badan Anda kurang 10 dari persen dari berat badan ideal, maka fungsi tubuh akan terganggu dan ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan sel telur) pun terhenti.

  • Produksi Hormon prolaktin yang berlebih

Meningkatnya produksi kadar Hormon Prolaktin dalam tubuh, maka akan mempengaruhi kinerja hormon lainnya dalam proses menstruasi yakni hormon estrogen dan progesteron.

  • Terindikasi mengidap penyakit kronis

Wanita usia produktif yang mengidap penyakit diabetes, juga bisa mengalami keterlambatan menstruasi. Kadar gula darah yang tidak stabil sangat erat kaitannya dengan perubahan hormon penderita diabetes. Oleh sebab itu, seorang wanita penderita diabetes yang tidak terkontrol akan mengalami keterlambatan menstruasi.

  • Gejala monopouse dini

Umumnya wanita akan mengalami monopouse atau berhenti haid ketia berumur 45- 55 tahun. Namun, ada kejadian jika beberapa wanita mengalami monopouse di usisa 40 tahun kebawah. Untuk memastikannya di perlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli kandungan.

  • Wanita Perokok Aktif

Tak hanya kaum  pria, wanita juga banyak yang menjadi perokok aktif.  Selain tak baik untuk kesehatan, merokok juga dapat menyebabkan wanita menjadi terlambat menstruasi. Hal ini di karenakan zat-zat yang ada di dalam rokok, termasuk nikotin, dapat memengaruhi kinerja hormon estrogen dan progesteron yang berperan penting dalam siklus menstruasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *