Anda Susah BAB (buang air besar), Bisa Jadi Ini Penyebabnya

oleh
Tak Hanya Wanita, Pria Juga Bisa Terkena Kanker Payudara. Ini Gejalanya

Penyebab seseorang mengalami sembelit atau susah buang air besar sering kali sulit untuk diketahui secara pasti apa penyebabnya. Kendati demikian, secara umum ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sulit BAB, antara lain pola makan yang buruk, kehamilan, menunda BAB, pengaruh obat-obatan, atau karena kondisi medis tertentu.

Sembelit atau susah buang air besar, yang dalam bahasa medis disebut konstipasi, bisa terjadi ketika frekuensi buang air besar menjadi berkurang dari biasanya.

Sejatinya, frekuensi seseorang dalam buang air besar bisa berbeda-beda pada tiap orang. Tidak ada patokan baku atau kepastian mengenai berapa kali normalnya buang air besar dalam sehari atau seminggu.

Namun, jika anda mengalami tidak buang air besar selama lebih dari tiga hari atau frekuensi BAB kurang dari tiga kali dalam di minggu, bisa dipastikan anda tengah mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Hal ini dikarenakan, setelah tiga hari, struktur tinja biasanya akan menjadi lebih keras dan lebih sulit untuk dikeluarkan, hal itulah mengapa anda kesusahan untuk buang air besar.

Baca Juga :  Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Gejala Diabetes Pada Anak

Lalu, apa sebenarnya penyebab seseorang itu mengalami sembelit atau susah buang air besar ? berikut ini penjelasan detailnya:

  • Pengaruh gaya hidup Seseorang

Gaya hidup seseorang mulai dari pola makan yang kurang sehat, seperti kekurangan serat serta kekurangan cairan, malas olah raga, dapat memicu terjadinya sembelit atau susah buang besar.

Selain itu, perubahan pola makan seseorang dan terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu juga bisa menyebabkan  seseorang mengalami susah buang air besar.

  • Sedang proses kehamilan

Menurut penelitian kesehatan, sekitar 40 persen wanita hamil mengalami akan mengelami susah buang air besar selama masa kehamilan, terutama pada periode awal kehamilan.

Sembelit atau susah BAB dapat dialami ibu hamil karena selama masa kehamilan, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon progesteron yang efeknya dapat mengendurkan otot, sehingga menyulitkan otot usus untuk berkontraksi.

  • Sering menunda buang air besar
Baca Juga :  Sering Batuk Pada Malam Hari ? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Dalam banyak kejadian, sering kali anak-anak maupun orang dewasa malas pergi ke toilet untuk BAB ketika mulai terasa ingin buang air besar, dengan berbagai alasan seperti takut, malu, tidak memiliki privasi untuk menggunakan toilet, atau berbagai alasan lain.

Namun kenyataanya, menunda-nunda buang air besar ketika ada desakan untuk melakukannya, justru berisiko menyebabkan anda akan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Oleh karena itu, bersegeralah dalam menjawab panggilan alam ini jika anda sudah mulai merasaknnya.

  • Pengaruh atau efek samping obat-obatan

Jika anda tengah menjalani perawatan kesehatan dan di haruskan mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menimbulkan efek samping berupa susah buang air besar.

Obat-obatan seperti, suplemen kalsium, suplemen zat besi, obat antiepilepsi, antidepresan, antipsikotik, obat-obatan diuretik, serta obat pereda nyeri golongan narkotik, seperti kodein dan morfin memiliki efek samping yang membuat anda akan susah BAB.

Selain itu, obat untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti antasida dan antidiare, serta kebiasaan menggunakan obat laksatif, juga dapat menimbulkan sembelit.

  • Memiliki kondisi medis atau kesehatan tertentu
Baca Juga :  Radang Paru-paru - Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pada kasus ini, namun jarang terjadi, bahwa penyebab seseorang susah buang air besar bisa menjadi indikasi jika seseorang tersebut memiliki adanya kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom iritasi usus besar, hiperkalsemia atau kelebihan kalsium dalam darah, kelenjar tiroid yang kurang aktif, fisura ani, penyakit radang usus, kanker usus besar atau dubur, hingga kelainan saraf seperti pada multiple sclerosis, stroke, penyakit Parkinson, atau cedera saraf tulang belakang.

  • Faktor-faktor psikologis seseorang

Susah buang air besar juga bisa terjadi pada mereka yang memiliki masalah psikis, seperti stres, kecemasan, depresi, trauma kekerasan, atau pelecehan seksual.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *