Selain Serangan Jantung, Ini Juga Jadi Penyebab Sakit Dada Sebelah kiri

oleh
Selain Serangan Jantung, Ini Juga Jadi Penyebab Sakit Dada Sebelah kiri

Selama ini, jika seseorang mengalami sakit dada sebelah kiri sering kali dikaitkan dengan penyakit serangan jantung yang dapat mengancam keselamatan jiwa penderitanya.

Meski hal itu ada benarnya, namun rasa sakit dada di sebelah kiri tak selalu identik dengan serangan jantung, karena bisa juga disebabkan oleh gangguan lainnya.

Ada beberapa macam gangguan yang jadi penyebab sakit dada di sebelah kiri selain serangan jantung, mulai dari gangguan pencernaan, masalah pada paru-paru, cidera bahkan stress juga bisa menyebabkan rasa sakit di dada sebelah kiri.

Karena itu, penting bagi anda yang sering mengalami sakit dada di sebelah kiri untuk mengetahui apa yang jadi penyebab dan juga gejala-gejala yang menyertainya, agar dapat di berikan penanganan yang tepat.

Kenali Penyebab dan Gejalan Sakit Dada Sebelah Kiri

Untuk mengetahui jenis sakit dada sebeleh kiri yang di derita, maka berikut ini adalah penyebab dan gejala yang harus di ketahui:

1. Sakit Dada Akibat Serangan Jantung

Sakit dada disebelah kiri yang di akibatkan oleh serangan jantung terjadi saat aliran darah ke otot jantung menjadi terhambat. Rasa sakit yang dialami jika merupakan serangan jantung, penderita akan merasa dada seorti ditekan, diremas, dan muncul rasa berat dalam rongga dada.

Baca Juga :  Waspada, 5 Penyakit Kulit Ini Sering Menyerang Bayi

Bahkan seringkali penderita juga mengeluhkan rasa sakit yang diiringi dengan rasa seperti nyeri pada ulu ati, dan juga timbul rasa sakit seperti ditusuk-tusuk atau mati rasa pada lengan kiri, lengan kanan serta lengan dapat terasa lebih lemah atau lebih berat dari biasanya.

Saat serangan jantung ini muncul, penderita akan mengalai sesak napas, rasa lelah yang luar biasa, keringat dingin, dan sakit kepala. Kendati demikian, gejala yang muncul bisa saja berbeda pada tiap-tiap orang.

2. Sakit Dada Akibat Gangguan Pada Saluran Pencernaan

Adanya gangguan pada saluran pencernaan juga bisa menjadi penyebab sakit dada disebelah kiri. Ketika gas dalam saluran cerna menumpuk, hal itu akan mendorong usus sehingga dapat menimbulkan rasa sakit di dada.

Kondisi seperti ini biasanya akan disertai dengan gejala lain, perut terasa kembung dan sering bersendawa.

3. Sakit Dada Akibat ada Masalah Pada Paru-paru

Penderita yang mengalami Infeksi paru  yang dapat menyebabkan peradangan paru (pneumonia) dan selaput di sekitar paru (pleuritis), juga sering di tandai dengan sakit dada disebelah kiri.

Baca Juga :  Menurunkan Kadar Kolesterol Dengan Beta Glucan dan Inulin

4. Sait Dada Akibat Stress

Tidak hanya penyebab secara fisik, seseorang yang sedang stres juga dapat menimbulkan rasa sakit dada sebelah kiri.

Stres yang teramat sangat, tidak terkendali biasanya akan menyebabkan rasa sesak didada. Kondisi ini semakin diperparah jika gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan konsumsi minuman beralkohol berlebihan.

5. Sakit Dada Karena Cidera

Cedera yang di alami pada sekitar area dada, akibat dari terjatuh dan sebagainya juga dapat menimbulkan rasa sakit dada sebelah kiri. Otot yang meregang atau saraf yang tertekan selain dapat menyebabkan sakit dada, juga dapat menyebabkan mati rasa pada lengan yang sering kali disalahartikan sebagai serangan jantung.

Lakukan Penanganan Yang Tepat

Penanganan ketika mengalami sakit dada disebelah kiri akan berbeda-beda tergantung kepada faktor yang jadi penyebabnya. Namun yang terpenting adalah mengenali gejala-gejala tertentu yang memerlukan tindakan segara, misalnya sakit dada yang disebabkan oleh serangan jantung.

Ketika secara tiba-tiba merasakan sakit dada, cobalah untuk berbaring dan ambil napas pendek beberapa kali. Buka pakaian anda atau kendurkan kancing pakaian Anda agar anda dapat bernafas dengan leluasa.

Baca Juga :  Badan Gampang Capek, Bisa Jadi Itu Gejala Gagal Ginjal. Waspada!

Anda juga bisa minum segelas air putih yang guna membantu menenangkan diri. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dapat membantu meringankan rasa sakit.

Namun, perlu di ingat, apabila sakit dada sebelah kiri di sertai dengan kondisi berikut ini:

  • Terasa berat, dada seperti tertekan dan diremas.
  • Rasa sakit menyebar dari dada ke lengan, punggung, dan rahang.
  • Rasa sakit berlangsung lebih dari 15 menit.
  • Disertai dengan mual, muntah darah, sesak napas dan tubuh menjadi berkeringat.

Ada baiknya untuk segera meminta pertolongan medis guna penanganan lebih lanjut, karena hal tersebut bukanlah rasa sakit dada yang biasa.

Jangan sesekali meremehkan rasa sakit dada disebelah kiri yang Anda rasakan. Segera minta pertolongan dokter atau ahli medis guna mengenali gejala yang Anda rasakan agar apat di berikan pertolongan sesuai dengan gejala yang anda rasakan.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *