Mata Berair, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

oleh
Mata Berair, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tahukah anda, bahwa ketika mata kita mengedip kelenjar pada kelopak mata kita akan memproduksi air mata walau dalam jumlah yang sedikit guna melembapkan indera penglihatan serta untuk menyingkirkan benda-benda asing dari permukaan lensa mata.

Namun, ketika kita sedang menangis, menguap, atau sedang tertawa terbahak-bahak, biasanya produksi air mata akan semakin banyak, sehingga tak jarang kita temui ada orang yang tertawa hingga mengeluarkan air mata.

Meski keluarnya air mata karena disebabkan oleh hal-hal yang disebut diatas adalah hal yang wajar, namun ternyata ada sebagain orang yang mengalami mata berair secara terus-menerus.

Seperti kita tahu, pada dasarnya selain cairan air mata yang mengandung garam, kelenjar lain pada kelopak mata kita juga memproduksi minyak, yang berguna untuk mencegah air mata menguap terlalu cepat.

Ketika seseorang mengalami mata berair secara terus menerus, hal itu bisa terjadi ketika kelenjar yang memproduksi minyak yang berguna untuk mencegah air mata menguap tadi tidak bekerja dengan sebagaimana mestinya.

Penyebab Seseorang Mengalami Mata Berair Terus Menerus

Saat kelenjar yang memperoduksi minya dalam kelopak mata tak dapat bekerja secara optimal, maka hal ini dapat menyebabkan air mata cepat menguap dan menjadikannya lebih cepat mengering.

Mata yang kering inilah yang merangsang produksi air mata secara berlebihan sehingga menyebabkan mata berair. Selain itu, penyebab mata berair juga bisa terjadi dikarenakan adanya penyumbatan pada saluran air mata.

Secara umum berikut ini adalah beberapa penyebab mata berair secara terus menerus:

  • Karena faktor cuaca atau lingkungan di sekitar kita, seperti asap, angin, atau sinar yang terlalu terang yang mengarah ke mata kita.
  • Mata anda lelah, karena di paksa bekerja lebih. Seperti begadang atau lembur
  • Terdapat benda asing atau bahan kimia iritatif di kelopak mata.
  • Sedang sakit Flu
  • Mengalami Alergi.
  • Mengalami radang pada kelopak mata.
  • Terjadi infeksi pada salah satu bagian mata seperti pada konjungtivitis.
  • Tumbuhnya bulu mata ke dalam atau keluar.
  • Efek samping dari penggunaan obat-obatan.
  • Kondisi medis tertentu, seperti gangguan tiroid, sinusitis kronis, tumor, dan Bell’s palsy.
  • Efek samping dari program terapi radiasi.

Selain penyebab di atas, mata berair juga sering di alami oleh para lansia terutama yang sudah berusia lebih dari 60 tahun, dan juga anak bayi.

Cara Mengatasi Mata Sering Berair

Umumnya, ketika mengalami mata berair tidak membutuhkan perawatan secara khusus karena hal tersebut biasanya dapat membaik dengan sendirinya.

Akan tetapi, apabila kondisi ini terjadi secara terus menerus tentu bisa menjadi masalah yang dapat mengganggu aktivitas dan membuat tak nyaman bagi yang mengalaminya.

Untuk mengatasi mata berair, anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Kompres mata dengan mengggunakan handuk bersih dengan air hangat. Lakukan hal ini selama beberapa kali dalam sehari yang berfungsi untuk mengatasi saluran air mata yang tersumbat.
  • Gunakan obat tetes mata untuk menangani mata yang kering.
  • Konsumsi obat antibiotik untuk mengatasi mata berair yang disebabkan oleh konjungtivitis atau infeksi mata, tentu setelah memeriksakan diri ke Dokter
  • Apabila penyebabnya alergi,  obat antihistamin bisa membantu mengatasi permasalahan tersebut
  • Apabila mata berair dikarenakan adanya bulu mata yang tumbuh kedalam, atau adanya benda asing di kelopak mata, maka tindakan medis bisa dilakukan untuk mengatasinya

Meski mata berair tidak memerlukan perawatan secara khusus, namun apabila anda mengalami mata berair berkepanjangan yang diiringi oleh rasa sakit, mata memerah, iritasi, perdarahan, memar di sekitar mata, sakit kepala parah, gangguan penglihatan, atau bahkan membuat Anda tidak dapat melihat sama sekali, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *