Kenali Penyebab Kaki Kram Dan Cara Tepat Mengatasinya

oleh
Kenali Penyebab Kaki Kram Dan Cara Tepat Mengatasinya

Pernah merasakan kaki kram tiba-tiba ? Selain disebabkan oleh hal yang umum misalnya cidera saat berolah raga atau kurang lancarnya sirkulasi darah, penyebab kaki kram juga bisa saja karena anda terindikasi mengalami ganguan medis seperti penyakit ginjal, penyakit tiroid, atau diabetes.

Terjadinya kram otot yang anda alami, baik yang terjadi pada area kaki atau area tubuh lainnya, merupakan kondisi dimana terjadi kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat yang terjadi secara tiba-tiba.

Kondisi kram ini bisa terjadi dan berlangsung hanya dalam beberapa detik saja, namun ada juga yag mengalaminya hingga beberapa menit, yang umumnya terjadi pada kaki.

Karena itu, jika anda sering mengalami kondisi ini, ada baiknya anda mengenali apa penyebab kaki kram yang anda rasakan dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Penyebab Kaki Kram

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya kram otot yang anda alami, dan beberapa faktor yang meningkatkan resiko terjadinya kram otot:

  • Adanya Tekanan Terhadap Saraf

Terjadinya tekanan pada saraf, terutama pada saraf tulang belakang bisa berakibat pada terjadinya kaki kram. Hal ini akan menimbulkan rasa nyeri, yang lama-kelamaan akan semakin terasa menyiksa jika digunakan untuk berjalan.

  • Terjadi Penyempitan Pembuluh Darah

Terjadinya penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kaki Anda, bisa menimbulkan kram dan juga rasa nyeri, terutama saat sedang berolahraga. Namun, biasnya kondisi kram seperti ini dapat hilang dengan cepat setelah digunakan untuk beristirahat.

  • Wanita Hamil
Baca Juga :  Kenali Sejak Awal Beberapa Gejala Usus Buntu

Kondisi kram kaki juga sering dialami oleh wanita yang tengah berbadan dua, terutama saat memasuki bulan-bulan terakhir masa kehamilan.

Hal ini bisa terjadi, dikarenakan kurangnya kalium dan magnesium, atau bisa juga disebabkan oleh aliran darah ke kaki yang kurang lancar.

  • Kurang Pemanasan Saat Olah Raga

Saat berolah raga, namun tidak didahului dengan pemanasan yag cukup hal itu biasanya akan berdampak pada timbulnya kram dan rasa nyeri pada kaki.

Selain itu, olah raga yang berlebihan dan cidera juga bisa menyebabkan kaki kram.

  • Kurang Zat Mineral

Asupan mineral (kalium, kalsium, dan magnesium) dalam tubuh yang kurang juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kaki kram.

  • Mengalami Dehidrasi

Penyebab kaki kram juga bisa dikarenakan kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Dehidrasi yang cukup parah dapat menimbulkan adanya gangguan elektrolit yang kemudian bisa menyebabkan kaki menjadi kram.

  • Efek samping dari Obat-obatan Tertentu

Seseorang yang sedang dalam masa pengobatan dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat seperti pil kontrasepsi, obat antipsikotik, diuretik, statin, obat asma, dan kortikosteroid juga bisa meningkatkan risiko mengalami kram pada kaki.

  • Terjadi Infeksi

Adanya luka pada kaki dan kemungkinan terjadinya infeksi misalnya tetanus, juga bisa menyebabkan otot menjadi tegang dan mengalami kaki kram

  • Kemungkinan Penyakit Hati
Baca Juga :  Bahan Herbal Berikut Ini Cukup Ampuh Untuk Mencegah Penyakit Leukemia

Organ hati yang kemungkinan terjadi gangguan medis bisa menyebabkan kram kaki. Hal ini terjadi karena organ hati tidak bisa berfungsi secara optimal, sehingga racun dalam darah akan meningkat dan bisa membuat otot menjadi kram.

  • Adanya Penyakit Tertentu

Penyebab kaki kram lainnya yang patut diwasapadai adalah kemungkinan adanya ganguan media berupa penyakit ginjal, penyakit tiroid, diabetes, atau masalah aliran darah (penyakit arteri perifer).

Apabila beberapa penyakit diatas ada dalam tubuh anda, hal itu juga berisiko meningkatkan terjadinya kram pada kaki.

Cara Yang Tepat Mengatasi Kram Kaki

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab terjadinya kaki kram yang sudah dijelaskan di atas, anda juga harus tahu bagaimana mengatasi kondisi tersebut dengan benar.

Hal ini penting untuk diketahui, agar kondisi kaki kram yang dialami tak semakin bertambah parah.

  • Segera hentikan aktivitas dan lemaskan otot kaki anda

Ketika sedang berolah raga dan mengalami kaki kram, segera hentikan aktifitas olah raga anda. Lakukan peregangan ringan, misalnya dengan menggerakkan kaki atau berjalan dengan perlahan-lahan untuk melancarkan sirkulasi darah.

  • Lakukan Pijatan Ringan

Lakukan pijatan ringan atau jangan terlalu keras pada kaki yang terasa kram untuk melancarkan kembali sirkulasi darah ke kaki.

  • Lakukan Kompres
Baca Juga :  Penyebab Penyakit Faringitis atau Radang Tenggorokan

Melakukan kompress hangat atau dingin secara bergantian juga bisa meredakan kaki kram dengan cepat dan efektif.

  • Minum Air Putih yang Cukup

Minum air mineral atau bisa juga minuman yang mengandung elektrolit bisa mengatasi kram karena dehidrasi.  Meski cara ini tidak langsung menyembuhkan kaki kram, namun bisa mencegah terjadinya kram lebih lanjut atau bertambah parah.

  • Gunakan Obat Pereda Sakit

Untuk mengatasi kaki kram anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, misalnya paracetamol atau gel khusus penghilang nyeri. Selalu ikuti dan gunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera dalam kemasan.

  • Perbanyak Konsumsi Makanan Yang Kaya Zat Magnesium 

Ini merupakan tindakan pencegahan agar kaki kram yang anda alami bisa anda minimalisir. Mengkonsumi makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, bisa meminimalkan resiko terjadinya kaki kram.

Selain itu, anda juga bisa mengkonsumi suplemen yang mengandung Magnesium jika enggan atau kurang menyukai kacang-kacagan atau biji-bijian.

Apabila kaki kram yang anda alami tak kunjung membaik atau justru menimbulkna efek lain, sebaiknya konsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebab pasti dan penanganan yang tepat.