Alami Kaki Bengkak, ini Penyebab dan Cara Mengatasainya

oleh
Alami Kaki Bengkak, ini Penyebab dan Cara Mengatasainya

Terjadinya pembengkakan pada kaki sering kali menghambat berbagai aktivitas kita sehari-hari. Bahkan tak jarang jika mengalami kaki bengkak, akan membuat kita tak bisa bergerak sama sekali karena rasa sakit yang di timbulkan.

Dalam ilmu medis, terjadinya permbengkakan pada kaki ini secara umum disebabkan oleh adanya penumpukan cairan pada tubuh atau yang dalam bahasa medis di kenal dengan nama edema, yang berada di kaki seseorang.

Selain itu, jika mengalami kaki bengkak hal ini juga bisa menjadi penanda bahwa kondisi kesehatan seseorang sedang bermasalah.

Karena umumnya, jika seseorang di diagnosis menderita penyakit ginjal dan jantung sering kali akan mengalami pembengkakan organ kaki.

Kendati demikian, selain beberapa faktor penyebab terjadinya pembengkakan kaki yang sudah di sebutkan diatas, ada beberapa hal lain yang juga jadi pemicu terjadinya pembengkakan pada kaki ini.

Penyebab Kaki bengkak

  • Limfedema.

Kaki bengkak akibat dari Limfedema ini, terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh getah bening yang menghambat peredaran cairan pada kaki seseorang.

Akibatnya, cairan tersebut akan semakin menumpuk dan bisa membuat kaki menjadi sakit dan bengkak.

  • Mengalami Cedera.

Berikutnya, terjadinya pembengkakan pada kaki juga bisa terjadi akibat cedera pada kaki atau pergelangan kaki. Ketika pergelangan kaki cedera, maka  ligamen akan merenggang melampaui batas normal, hal tersebut selain menyebabkan rasa sakit juga akan membuat kaki jadi bengkak.

  • Faktor Kehamilan.
Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Pantangan Darah Tinggi

Kaki bengkak juga seringkali dialami oleh wanita yang tengah hamil. Kendati hal ini merupaka sesuatu hal yang wajar namun ada beberapa hal yang tetap harus di perhatikan.

Terutama jika betis juga ikut membengkak dan meninggalkan lekukan ketika ditekan, hal tersebut terutama terjadi ketika trimester ketiga kehamilan, ada kemungkinan  mengalami preeklamsia.

Selain itu, jika pembengkakan hanya terjadi pada satu kaki dan betis memerah, ini juga bisa menjadi penanda gejala adanya gumpalan darah di pembuluh darah.

  • Adanya Infeksi.

Kaki bengkak akibat infeksi  ini biasanya lebih sering diidap oleh penderita dengan riwayat penyakit diabetes dan yang memiliki masalah saraf pada kaki.

Karena itu, jika anda di diagnosis memiliki riwayat penyakit tersebut, sangat di anjurkan untuk memerhatikan kondisi kaki anda, terutama apabila ketika terjadi lecet dan luka terbuka.

  • Terjadi Pembekuan darah.

Terjadinya pembekuan darah di pembuluh darah pada kaki, akan mengakibatkan aliran darah dari kaki menuju  jantung menjadi terhambat.

Penumpukan darah beku inilah yang kemudian bisa memicu terjadinya kaki bengkak.

  • Mengidap penyakit atau kondisi medis tertentu.

Kaki bengkak bisa juga di sebabkan kondisi medis seseorang yang mengindikasi bahwa seseorang tersebut menderita penyakit ginjal, jantung atau hati.

Baca Juga :  Beberapa Gejala Kurang Darah Yang Harus Anda Ketahui

Pasalnya, ketika organ ginjal terganggu atau tidak dapat menjalankan perannya dengan baik, maka cairan dapat menumpuk di kaki yang berakibat pada terjadinya pembengkakan pada kaki.

  • Insufisiensi vena.

Kaki bengkak juga bisa terjadi karena seseorang mengalami insufisiensi vena. Insufisiensi vena sendiri yaitu kondisi ketika darah tidak bisa bergerak naik dari pembuluh darah yang ada di kaki menuju jantung.

Hal inilah yang kemudian mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada kaki. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, kondisi ini akan bertambah parah dan biasanya akan menyebabkan borok kulit, infeksi, dan perubahan pada kulit.

  • Efek samping pemakaian obat.

Mengkonsumsi beberapa jenis obat diketahui juga bisa menyebabkan kaki bengkak. Beberapa jenis obat seperti obat diabetes, obat antiinflamasi non-steroid, obat antidepresan, obat steroid, obat untuk tekanan darah, dan penggunaan alat kontrasepsi oral memiliki efek samping berupa terjadinya kaki bengkak.

  • Beberapa Penyebab lainnya yang harus diketahui

Beberapa penyabab lain seperti wanita yang sedang dalam masa menstruasi mungkin bisa mengalami pembengkakan pada kaki.

Selain itu, beberapa penyebab lain seperti berdiri terlalu lama, mengendarai mobil atau melakukan perjalanan dengan pesawat dalam jangka waktu yang lumayan lama juga bisa memicu terjadinya pembengkakan pada kaki.

Baca Juga :  Berbeda Dengan Sakit Kepala Biasa, Ini Ciri-Ciri Penyakit Vertigo Yang Harus Anda Tahu

Atasi Kaki Bengkak Dengan Segara

Apabila anda mengalami pembengkakan pada kaki, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter guna mengetahui penyebabnya.

Selain itu, lakukan beberapa tips berikut ini agar resiko kaki bengkak bisa di minimalisir sekecil mungkin dengan cara:

  • Lakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan jika berlebihan.
  • Kompres dingin dengan es batu yang dibalut handuk yang bersih.
  • Berbaring telentang lalu angkat kaki ke atas.
  • Jangan terlalu banyak makan asupan garam atau yang asin-asin.
  • Gunakan stoking  khusus kompresi.
  • Sebisa mengkin jangan terlalu lama berdiri.
  • Lakukan olahraga ringan yang menggerakkan kaki, misalnya jogging
  • Hindari menggunakan pakaian atau celana yang terlalu ketat, terutama pada area paha.

Meski terkadang kaki bengkak ini seringkali di abaikan dan di anggap sepele, namun ada baiknya untuk tetap memperhatikan kondisi tersebut.

Karena pembengkakan pada area kaki juga bisa menjadi indikator jika kondisi kesehatan seseorang tangah mengalami anomali atau kelainan medis karena adanya penyakit tertentu.