BAB Bayi Berlendir ? Ini Penyebabnya yang Bunda Harus Tahu

oleh
BAB Bayi Berlendir ? Ini Penyebabnya yang Bunda Harus Tahu

Untuk mengetahui kondisi kesehatan si kecil, hal yang umum yang bisa di lakukan adalah dengan melihat kotoran yang di keluarkan oleh bayi. Jika BAB bayi berlendir, keras, encer atau berwarna yang tidak lazim bisa jadi si buah hati tengah mengalami kondisi kesehatan yang tidak biasanya.

Terkait dengan BAB bayi berlendir, hal ini umumnya merupakan suatu kondisi yang normal dan sering ditemui terutama di awal-awal kehidupan si kecil.

Selama lendir yang terkandung pada kotoran bayi tidak kental dan terlalu banyak, bunda tidak perlu risau akan hal tersebut.

Hal ini wajar, karena usus akan secara alami memproduksi lendir dan mengeluarkan sebagian darinya bersamaan dengan agar kotoran yang dikeluarkan oleh bayi jadi lebih mudah dan lancar.

Akan tetapi, jika lendir yang tercampur dengan kotoran terasa tidak seperti biasanya, maka bisa jadi hal ini menandakan ada sesuatu yang tidak beres dengan kondisi kesehatan bayi anda. Karena BAB bayi berlendir juga bisa mengindikasi jika si buah hati tengah mengalami kondisi yang patut di waspadai.

Baca Juga :  Usia Bayi 2 Bulan Sudah Bisa Apa Saja ?, Yuk Cari Tahu

Penyebab BAB Bayi Berlendir

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa BAB si kecil menjadi berlendir yang tak biasanya, yang patut di waspadai:

  • Alergi Terhadap Jenis Makanan Tertentu

Terutama jika bayi anda mengkonsumsi ASI eksklusif, lalu kotoran bayi berlendir tidak seperti biasanya maka sebaiknya bunda mengingat-ingat makananapa yang sudah konsumsi sebelumnya.

Pasalnya, makanan yang dikonsumsi oleh bunda selama masa menyusui memiliki pengaruh yang cukup kuat  terhadap kualitas ASI yang di hasilkan.

Sementara untuk bayi yang sudah mulai di berikan MPASI (makanan pendamping ASI), bisa jadi BAB bayi berlendir di picu oleh MPASI yang di berikan.

Ketika si kecil alergi terhadap jenis makan tertentu, selain BAB yang berlendir biasnya juga di tandai dengan muntah, diare, atau bahkan kotoran bayi yang mengandung darah.

  • Adanya Infeksi

Kotoran bayi menjadi berlendir bisa juga disebabkan oleh peradangan akibat infeksi pada saluran cerna si bayi. Hal itu umumnya ditandai pula dengan kotoran bayi berubah warna menjadi hijau, bahkan mengandung darah.

  • Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi
Baca Juga :  Kenali Sejak Dini Gejala Awal Gangguan Pencernaan Pada Bayi

Sangat umum terjadi, apabila si kecil mulai tumbuh gigi maka hal itu akan membuat bayi menjadi rewel, badan panas dan juga BAB yang berlendir.

Karena, ketika si kecil sedang dalam proses pertumbuhan gigi, maka produksi air liurnya menjadi semakin meningkat, sehingga tertelan oleh Si Kecil.

Air liur yang tertelah dan masuk ke saluran cerna si kecil secara berlebihan, hal ini dapat memicu peradangan ringan di usus. Karena saluran cerna bayi belum mampu untuk mencernanya dengan baik.

Hal inilah yang mengakibatkan kenapa si kecil menjadi mudah rewel, badannya hangat dan juga membuat kotoran bayi menjadi lebih berlendir.

  • Kemungkinan Terkena penyakit Cystic fibrosis

Penyakit ini mungkin jarang sekali orang mengetahuinya. Cystic fibrosis  merupakan jenis penyakit keturunan yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket.

Baca Juga :  Kenali Penyebab Bisul Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Kelainan bawaan dari gen orang tua ini dapat membuat tubuh si kecil memproduksi lendir yang berlebih.  Terjadinya peningkatan produksi lendir di saluran cerna akan menyebabkan munculnya BAB bayi yang menjadi berlendir, bahkan sering kali ditandai pula dengan kotoran yang berbau menyengat dan berminyak.

Demikian informasi mengenai penyebab mengapa BAB bayi berlendir yang harus bunda ketahui.

Meski kondisi ini merupakan hal yang wajar dan normal, namun apabila lendir yang dikeluarkan oleh bayi melalui kotoran nampak berbeda dan tak seperti biasanya serta di tandai dengan leuhan-keluhan lainnya, ada baiknya untuk segera memeriksakan si kecil ke dokter guna pemeriksaan lanjutan dan penanganan yang lebih tepat.