Cari Tahu Yuk, Penyebab Asi Sedikit Dan Cara Mengatasinya

oleh
Cari Tahu Yuk, Penyebab Asi Sedikit Dan Cara Mengatasinya

Cari Tahu Yuk, Penyebab Asi Sedikit Dan Cara Mengatasinya – ASI (Air Susu Ibu) merupakan sumber makanan utama bagi bayi usia 0-6 bulan. Menurut catatan medis dan ahli kesehatan, begitu banyak manfaat ASI bagi bayi, terutama sebagai anti bodi agar bayi dapat tumbuh kembang dengan sehat.

Namun, terkadang tak semua Ibu yang habis melahirkan akan diberi kesempatan untuk bisa menyusui buah hatinya. Bisa saja karena ASI yang tidak keluar atau bahkan hanya keluar namun sedikit sehingga terasa tak cukup untuk memenuhi kebutuhan si bayi akan ASI.

Oleh karena itu, bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa menggungu persalinan atau ibu-ibu yang sedang mengalami masalah karena ASI yang diproduksi sedikit, berikut akan kami jelaskan beberapa penyebab ASI sedikit serta bagaimana cara mengatasinya.

Beberapa Hal Yang Menjadi Penyebab ASI Sedikit

Sebelum memutuskan untuk memberikan susu formula kepada bayi anda, ada baiknya kenali terlebih dahulu beberapa hal berikut yang menjadi penyebab ASI sedikit.

Secara umum penyebab ASI sedikit terbagi dalam tiga faktor yakni, faktor dari cara menyusui, faktor dari bayi itu sendiri dan yang terakhir adalah faktor dari si Ibu.

  • Faktor Penyebab ASI Sedikit Dari Cara Menyusui

Sedikitnya jumlah ASI yang diproduksi oleh ibu biasanya juga dipengaruhi oleh cara menyusui yang salah. Apalagi bagi ibu yang baru memiliki anak pertama dan memiliki sedikit pengetahuan akan cara menyusui bayi, maka cara menyusui bayi yang tidak sesuai juga menjadi penyebab ASI sedikit.

Perlu bunda ketahui, jika semakin sering ASI keluar maka akan menstimulasi produksi ASI dalam tubuh menjadi lebih banyak. Oleh karena itu dengan sering menyusui bayi maka dengan sendirinya produksi ASI akan semakin berlimpah.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab ASI sedikit dari segi cara menyusui:

  • Pelekatan Mulut Bayi Pada Payudara Yang Salah
  • Frekuensi atau Jarak Waktu Menyusui Bayi
  • Menambahkan Susu Formula Kepada Bayi
  • Faktor Penyebab ASI Sedikit Dari Kondisi Bayi

Seperti sudah dijelaskan diatas, jika dengan sering memberian ASI pada bayi maka akan membuat jumlah produksi ASI juga akan meningkat. Namun, ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab ASI sedikit dikarenakan faktor eksternal dari kondisi bayi.

Adanya kelainan fisik pada bayi juga bisa menjadi faktor eksternal mengapa jumlah produksi ASI menjadi sedikit, terutama kelainan pada lidah dan mulut bayi, seperti tounge tie (lidah panjang) serta bibir sumbing.

Selain faktor kelainan fisik diatas, beberapa faktor dari kondisi sibayi lainnya seperti tidur terlalu lama, sering rewel juga menjadi penyebab mengapa jumlah produksi ASI menjadi sedikit karena jarang di minum oleh bayi.

  • Faktor Penyebab ASI Sedikit Dari Kondisi Ibu

Selain kedua faktor di atas, faktor dari si Ibu sendiri juga perlu di ketahui. Keadaan psikologis dan kondisi fisik Ibu juga menentukan banyaknya jumlah produksi ASI yang bisa diberikan kepada bayi.

Kondisi psikologis yang dimaksud disini adalah faktor emosional si Ibu, misalnya stres, kelelahan, dan kecemasan berlebihan.

Sedangkan dari sisi kondisi fisik si Ibu, beberapa hal berikut ini juga bisa menjadi penyebab ASI sedikit :

  • Masalah berat badan si Ibu, seperti kegemukan atau justru terlalu kurus
  • Riwayat persalinan yang rumit, misal operasi dan masih dalam proses pemulihan
  • Pernah menjalani operasi payudara
  • Adanya plasenta yang masih tertinggal di rahim si Ibu
  • Mempunyai riwayatpenyakit tertentu seperti infeksi, gangguan tiroid, kanker payudara, sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan diabetes gestasional.
  • Gaya hidup yang tidak sehat, seperti suka merokok dan mengonsumsi minuman yang menganduk alkohol.

Setelah anda mengetahui beberapa faktor penyebab mengapa ASi sedikti, selanjutnya adalah beberapa tips atau cara yang bisa anda coba untuk melancarkan dan memperbanyak jumlah produksi ASI agar kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi dengan sempurna.

  • Tetaplah sesering mungkin memberikan ASI kepada bayi dengan frekuensi atau jarak waktu tepat dan teratur
  • Rutin melakukan pompa ASI untuk memancing jumlah produski ASI lebih banyak
  • Terapkan pola hidup sehat, serta rajin mengkonsumsi makanan atau sayuran yang berguna untuk memperbanyak jumlah produski ASI
  • Konsultasikan ke dokter agar mendapat solusi dan penanganan yang tepat
  • Sering sharing atau bertanya kepada sesama Ibu yang sama-sama sedang menyusui untuk meniru pola dan tips yang mereka lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *