Mengenal Penyakit Menular Seksual (PMS) dan Cara Pencegahannya

oleh
Mengenal Penyakit Menular Seksual (PMS) dan Cara Pencegahannya

Apa Itu Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit menular seksual (PMS) atau yang kini  lebih dikenal dengan istilah infeksi menular seksual (IMS), adalah suatu kondisi kesehatan atau infeksi yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman.

Selain, melalui hubungan intim yang tak aman, penyebaran dari penyakit menular seksual inipun bisa bermacam-macam, mulai dari penyebaran lewat darah, sperma, atau cairan tubuh lainnya.

Selain itu, penyebaran yang tanpa hubungan seksual juga bisa terjadi dikarenakan dari pemakaian jarum suntik secara berulang atau bergantian antara orang yang sudah terinfeksi dengan yang sehat.

Bahkan, penyakit ini juga bisa ditularkan oleh seorang ibu kepada bayinya, baik penularan saat mengandung atau ketika pasca persalinan.

Gejala Jika Terjangkit Penyakit Menular Seksual

Ketika terindikasi terkena penyakit menular seksual ini, penderita akan mengalami beberapa gejala berikut ini:

  1. Pada pria, ketika buang air kecil, akan mengalami rasa sakit atau sensasi seperti terbakar pada area sekitar testikel.
  2. Pada wanita, ketika buang air kecil, juga akan merasakan sakit pada bagian bawah perut, mengalami sakit saat berhubungan intim, demam dan siklus menstruasi menjadi terganggu.
  3. Warna urine akan berubah
  4. Merasakan nyeri ketika berhubungan badan
  5. Terdapat kutil atau memar pad organ intim
  6. Sakit pad area panggul atau perut bagian bawah
  7. Mengalami keputihan abnormal atau perdarahan vaginal
  8. Aka keluar cairan kental atau nanah dari organ intim pria
  9. Buang air kecil akan terasa sakit dan menyisa
  10. Terjadi peradangan di ujung organ intim pria
  11. Rasa gatal di area kewanitaan

Jenis-jenis PMS

Secara umum terdapat dua jenis penyakit menular seksual yang sering kali di tamui, yakni jenis PMS yang disebabkan oleh bakteri serta jenis PMS yang disebabkan oleh Virus

Jenis PMS Yang Disebabkan Oleh Bakteri

1. Sifilis

Jenis PMS yang pertama yang disebabkan oleh bakteri adalah Sifilis. Penyakit seksual ini disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri bernama bertreponema pallidum.

Penyakit ini mempunyai gejala seperti munculnya luka pada organ ini atau pada mulut. Luka yang timbul ini pada umumnya akan bertahan antara 1 hingga 2,5 bulan, meski tidak ada rasa sakit namun sangat mudah untuk ditularkan.

Karena gejalanya yang nampak seperti sakit biasa, bayak yang mengabaikan. Karena itu segera lakukan tindakan untuk menangani penyakit  sifilis ini. Pasalnya, jika tak segera di tangai maka infeksi ini akan berlanjut ke tahap berikutnya yang disertai dengan gejala flu, kerontokan rambut, hingga pitak.

Jika dibiarkan terus menerus dan tak segera di obati, maka sifilis bisa menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, impotensi ,gangguan pendengaran bahkan bisa berujug pada kematian.

2. Gonore atau kencing keluar nanah

Jenis penyakit menular seksual berikutnya sering disebut Gonore, atau kencing nanah. PMS ini disebabkan oleh bakteri bernama neisseria gonorrhoeae. Dimana ketika seseorang mengalami Gonore ia tidak menunjukan gejala apapun selain kencing yang keluar nanah

3. Chlamydia

Jenis PMS berikutnya adalah yang biasanya Chlamydia yang disebabkan oleh bakteri bernama klamidia trachomatis. Gejala yang nampak tidak terlalu kelihatan, namun PMS ini termasuk yang paling sering menular tanpa di sadari.

Jenis PMS Yang Disebabkan Oleh Virus

1. Kutil Kelamin

Kutil kelamin, merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebab dari virus yang biasanya muncul di sekitar organ intim. Meski jenis PMS ini tidak menimbulkan rasa sakit, akan tetapi biasanya akan muncul rasa gatal dan nampak memerah.

2. HIV / AIDS

Penyakit Aids, disebabkan oleh virus bernama HIV (human immunodeficiency virus) yakni sebuah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang hingga saat ini belum ada obatnya.

Penyakit ini dapat menular melalui hubungan intim yang tidak aman, berbagi alat suntik maupun jarum dengan pengidap HIV/AIDS, maupun melalui transfusi darah.

3. Herpes Genital

Jenis PMS berikutnya yang disebabkan oleh virus adalah Herpes Genital. Merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus bernama herpes simpleks atau sering disebut dengan istilah HSV.

Penyakit ini ditandai dengan gejala awal  berupa luka melepuh berwarna kemerahan serta rasa sakit pada area intim. yang disertai rasa gatal atau sakit saat buang air kecil.

Bagaimana Mencegah Penularan PMS

Karena bahayanya penyakit ini, maka melakukan tindakan pencegahan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Terutama mereka yang belum memiliki keluarga atau pasangan, untuk selalu menjaga diri agar tidak melakukan hubungan intim dengan resiko tinggi.

Selain itu, upaya pencegahan PMS ini juga bisa dilakukan dengan cara:

  • Hindari melakukan hubungan intim dengan lebih dari satu orang atau berganti-ganti pasangan.
  • Selalu gunakan alat pengaman / kondom saat berhubungan intim
  • Lakukan vaksinasi
  • Hindari perilaku seks menyimpang

Pengobatan PMS

Ketika seseorang didiagnosa mengalami infeksi penyakit menular, biasanya dokter yang menangani akan menyarankan dua jenis pengobatan , yaitu pengobatan dengan menggunakan antibiotik dan mengkonsumsi obat anti virus.

Penggunaan antibiotik berfungsi untuk menyembuhkan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan parasit, termasuk gonore, sifilis, klamidia, dan trichomoniasis. Sementara obat antivirus wajib dikonsumsi setiap hari guna mengurangi risiko infeksi lebih parah atau mencegah penyakit menular seksual tersebut kambuh kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *