Hal-Hal Yang Harus Di Lakukan Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar

oleh
Hal-Hal Yang Harus Di Lakukan Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar

Melahirkan secara normal merupakan impian bagi sebagian wanita yang tengah mengandung si buah hati. Namun, terkadang impian tersebut tak seindah kenyataan tatkala dokter menyarankan untuk bunda harus melakukan operasi caesar di persalinannya.

Bermacam alasan mengapa dokter lebih menyarankan bunda untuk melahirkan dengan operasi caesar ketimbang melahirkan secara normal. Pertimbangan demi keselamatan janin dan ibu merupakan alasan yang utama kenapa operasi caesar harus menjadi pilihan ketika bunda akan melahirkan.

Meskipun operasi caesar membuat persalinan lebih cepat dan lebih terjamin keselamatannya baik ibu dan janin, namun ada hal lain yang menjadi ketakutan bagi para ibu ketika pasca menjalani oparasi caesar.

Pemulihan kondisi kesehatan pasca melahirkan antara yang melahirkan secara normal dengam cara operasi caesar sangat jauh berbeda. Jika dengan melahirkan secara normal, seminguu kemudia bunda sudah dapat beraktifitas normal, tidak demikian dengan para ibu yang menjalani persalinan dengan operasi caesar.

Di butuhkan waktu yang cukup lama bagi bunda untuk memulihkan kondisi pasca operasi caesar. Selain itu, larangan mengerjakan pekerjaan berat pasca operasi juga menjadi halangan tersendiri bagi para ibu, terutama pasangan keluarga yang hidup sendiri jauh dari orang tua.

Baca Juga :  Alami Sesak Nafas Saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Butuh waktu sekitar enam minggu agar tubuh kembali normal pasca operasi caesar. Selain itu, waktu yang di perlukan untuk istirahat total adalah sekitar dua bulanan agar bunda bisa beraktifitas normal. Itupun harus ekstra hati-hati ketika beraktifitas agar luka bekas operasi tidak terdampak dari aktifitas yang bunda lakukan.

Nah, agar bisa lekas pulih berikut JalanSehat akan berikan tips serta hal-hal yang perlu bunda lakukan pasca operasi caesar:

Fokus Merawat luka bekas operasi

Bunda pastinya akan mengalami rasa sakit pada area sekitar jahitan satu hari setalah operasi. Itu hal yang wajar, namun akan mereda dalam beberapa hari kemudian.

Fokus dalam merawat luka bekas operasi harus menjadi perhatian bunda. Hal tersebut guna meminimalkan resiko risiko iritasi maupun infeksi. Jangan lupa untuk meminum hinga habis resep yangtelah di berikan dokter.

Baca Juga :  Beberapa Gejala Keputihan Yang Patut di Waspadai

Jangan mengenakan celana terlebih dahulu hingga luka benar-benar kering. Kenakan daster atau pakaian longgar agar tidak menggesek bekas luka agar luka bekas oprasi cepat kering dan sembuh dengan segera.

Beristirahat Yang Cukup

Memiliki bayi yang baru lahir memang membuat waktu istirahat jadi berkurang.  Meskipun begitu, bagi para ibu yang baru saja melahirkan secara operasi caesar sangat di sarankan untuk beristirahat dengan cukup.

Minta perhatian suami untuk bisa beristirahat tanpa di ganggu. Bunda bisa menyempatkan untuk tidur bersamaan dengan sibuah hati juha tidur. Istirahat yang cukup sangan penting agar kondisi badan kembali pulih dengan cepat pasca operasi caesar.

Harus Aktif  Bergerak

Meskipun bunda di sarankan untuk istirahat yang cukup, namun bukan berarti waktu bunda dihabiskan di tempat tidur sepanjang hari. Untuk memulihkan kondisi secara cepat beraktifitas ringan juga di sarankan.

Bunda bisa jalan-jalan di sekeliling rumah pada pagi atau sore hari. Namun bunda juga perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter tentang aktifitas yang bunda lakukan, kapan waktu yang tepat untuk kembali beraktifitas. Karena penanganan pasca operasi akan berbeda tiap orangnya.

Baca Juga :  9 Jenis Makanan Yang Harus Di Hindari Oleh Ibu Hamil

Jangan Lakukan Aktifitas Berat

Meskipun anda hanya tinggal dengan suami, tanpa saudara atau orang tua, sangat di sarankan untuk tidak berkerja atau berktifitas beras yang menguras stamina, seperti mencucui, mengangkat beban berat dan sebagainya.

Mintalah perhatian suami, selama anda dalam proses pemulihan. Jangan dipaksakan untuk beraktifitas berat, karena hal tersebut berbahaya dan justru akan memperlama masa penyembuhan.

Selalu Konsumsi Makanan Sehat

Minum air putih serta mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C sangat di anjurkan untuk para ibu sehabis melahirkan secara operasi caesar.

Sediakan bahan makanan dan sayuran yang sehat, selain bagus untuk pemulihan pasca operasi juga baik bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada bayi.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan agar bunda lekas pulih pasca operasi caesar.