Pelukan Orang Tua Akan Membuat Anak Tumbuh Jadi Lebih Pintar

oleh
Pelukan Orang Tua Akan Membuat Anak Tumbuh Jadi Lebih Pintar

Pelukan Orang Tua Akan Membuat Anak Tumbuh Jadi Lebih Pintar – Anak adalah anugerah dan titipan dari yang Maha Kuasa. Sebagai orang tua, kita bertanggung jawab penuh atas pemenuhan segala kebutuhan anak.

Selain itu, mencurahkan segenap kasih sayang kepada buah hati juga wajib di lakukan agar anak menjadi aman, nyaman dan merasa terlindungi.

Namun tahukah anda, bahwa dengan sering-sering memeluk si kecil ternyata akan membawa efek baik bagi perkembangan anak di kemudian hari. Dalam sebuah penelitian terbaru menyebutkan, jika anak yang sering mendapat pelukan hangat orang tua akan tumbuh jadi anak yang lebih kreatif dan pintar.

Tak hanya menyehatkan secara psikologis bagi si buah hati, pelukan hangat dan kasih sayang dari orang tua juga bisa berdampak dahsyat pada aspek kognitif atau kepintaran anak-anak. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Nationwide Children’s Hospital di Ohio, Amerika Serikat.

Baca Juga :  Bayi Sering Kentut, Coba Cara ini Untuk Menanganinya

Dalam penelitian tersebut, para peneliti melibatkan sekitar 125 bayi, baik yang lahir secara prematur maupun yang lahir di usia matang. Penelitian tersebut dilakukan untuk mengetahui respons bayi terhadap kontak fisik orang tua.

Hasil yang dapat sungguh mencengangkan, penelitian tersebut menunjukkan bahwa bayi yanglahir prematur akan merespons kasih sayang lebih rendah daripada bayi yang lahir di usia matang. Hasil lainnya, pada bayi yang mendapatkan sentuhan fisik baik dari orangtua maupun tim medis rumah sakit, akan menunjukkan respons otak yang lebih kuat.

Dr. Nathalie Maitre, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Newsner pada Sabtu, 10 November 2018 mengatakan “Sentuhan fisik atau mengayunkan bayi di lengan akan membuat perbedaan besar dalam menentukan bagaimana otak mereka berkembang”,

Baca Juga :  Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

“Pastikan bayi prematur juga menerima sentuhan positif dan suportif seperti perawatan skin to skin oleh orangtua. Ini sangat sangat penting bagi perkembangannya,” jelas Dr. Nathalie Maitre.

Dengan demikian, pada dasarnya kasih sayang orang tua juga merupakan salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang anak agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih pintar di masa mendatang.