Kenali Sejak Dini Benjolan yang Muncul dileher Anak

oleh
Kenali Sejak Dini Benjolan yang Muncul dileher Anak

Munculnya benjolan dileher pada anak-anak seringkali dipertanyakan dan menimbulkan rasa kekhawatiran bagi bagi kebanyakan orang tua.

Benjolan yang muncul ini, umumnya terjadi dikarenakan adanya suatu infeksi tertentu di bagian luar leher yang menjadi pemicunya. Akan tetapi bisa pula terjadi akibat infeksi di leher anak itu sendiri.

Apabila orang tua mendapati adanya benjolan di leher anak, sebaiknya jangan pernah anggap sepele kondisi ini, karena apabila dibiarkan bisa saja menimbulkan komplikasi penyakit lain yang lebih berat di kemudian hari.

Penyebab Terjadinya Benjolan dileher Anak

Umumnya, benjolan di leher yang terdapat pada anak-anak dapat berukuran  cukup besar dan menonjol keluar sehingga lebih mudah dikenali, namun ada pula yang berukuran sangat kecil sehingga tidak terlihat atau kasat mata.

Munculnya benjolan ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal berikut ini, seperti:

1. Adanya Penyakit Gondong

Benjolan dilher anak bisa saja muncul karena adanya penyakit Gondong. Jenis penyakit ini adalah penyakit yang dapat menular, yang disebabkan oleh virus gondong (keluarga dari paramyxovirus).

Penyakit ini diketahui sering menyerang pada anak-anak dan menular melalui air liur, sekresi hidung, dan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi penyakit Gondong.

Baca Juga :  Gejala Impetigo Pada Anak Yang Harus Orang Tua Ketahui

Gejala yang umum nampak adalah jika anak terkena penyakit Gondong berupa demam, sakit kepala, kelelahan, badan sakit, serta kehilangan nafsu makan.

Adanya peradangan kelenjar liur (parotitis) ini menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit di sudut pipi, sehingga leher nampak muncul seperti adanya benjolan.

Tidak hanya menyerang area pada leher, komplikasi infeksi yang disebabkan oleh penyakit ini juga dapat menimbulkan radang testis(orchitis), meningitis, radang ovarium, ensefalitis, pankreatitis, dan gangguan pendengaran yang permanen.

2. Adanya Penyakit Gondok

Goiter atau seringkali disebut gondok adalahdimana terjadi kondisi  pembesaran dari kelenjar tiroid leher yang menyebabkan meunculnya benjolan pada bagian tengah leher.

Kondisi ini merupakan salah satu gangguan tiroid yang paling sering dialami, baik anak-anak maupun dewasa . Apabila terkena penyakit ini dan muncul benjolan di leher, hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam menelan makanan, kesulitan dalam bernapas, suara akan mnjadi serak, batuk, serta sakit kepala.

3. Adanya Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Ketika kelenjar getah bening mengalami pembengkakakn, hal ini disebabkan karena respons terhadap suatu penyakit tertentu, obat-obatan, infeksi, stres, penyakit autoimun, dan kemungkinan adanya kanker getah bening.

Benjolan di leher yang muncul mungkin bisa saja terasa lunak atau tidak nyeri, sehingga seringkali tidak disadari oleh penederita.

Baca Juga :  Pneumonia, Salah Satu Jenis Penyakit Penyebab Kematian Pada Bayi

Selain pada leher, kondisi ini juga bisa juga terjadi seluruh kelenjar getah bening yang ada dalam tubuh manusia (seperti pada: pangkal paha, ketiak, bawah rahang,  atau diatas tulang selangka).

4. Adanya Limfoma

Selain yang sudah disebutkan diatas, apabila muncul benjolan dileher anak, hal ini bisa juga di karenakan adanya Limfoma. Limfoma sendiri adalah penyakit berupa tumor jinak atau non-kanker, dimana akan ditandai dengan adanya benjolan di bawah kulit karena pertumbuhan berlebih pada sel-sel lemak.

Umumnya limfoma tidak memiliki gejala apapun, sehingga banyak yang tak menyadarinya.  Namun dalam beberapa kasusa, terkadang juga dapat menimbulkan rasa sakit apabila benjolan limfoma menekan saraf.

5. Abses Colli

Abses colli bisa timbul akibat adanya infeksi dari bakteri yang berada sekitar leher. Abses Colli sendiri adalah suatu kondisi dimana terdapat kantung nanah atau abses pada lapisan jaringan di bawah kulit.

Jika anda terinfeksi oleh bakteri ini, selain ditemukan benjolan pada leher, biasa hal ini akan ditandai juga gejala lain seperti demam, nyeri,dan panas pada bagian benjolan tersebut.

Baca Juga :  Yang Harus Orang Tua Lakukan Saat Anak Mengalami Kejang atau Step

6. Adanya Kanker Tiroid

Kemungkinan lain jika pada leher anak muncul benjolan adalah adanya kanker tiroid. Kanker ini bisa muncul dan menyerang penderita pada saat sel-sel normal pada tiroid menjadi membengkak.

Gejala yang umum terjadi adalah munculnya benjolan di  sekitar area tenggorokan, suara yang menjadi serak, batuk, sakit di sekitar tenggorokan atau leher, pembengkakan kelenjar getah bening di leher, kesulitan dalam menelan, dan terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid.

Kendati demikian, munculnya benjolan dileher pada anak-anak bukan berarti mengindikasikan jika si buah hati sedang menderita salah satu penyakit diatas.

Untuk memastiakannya, orang tua sebaiknya membawa anak ke dokter guna pemerikasaan lebih lanjut, apakah benjolan di leher tersebut merupakan kondisi yang biasa atau masuk dalam kategori berbahaya, sehingga harus di lakukan penananganan yang tepat.