Menurunkan Kadar Kolesterol Dengan Beta Glucan dan Inulin

oleh
Menurunkan Kadar Kolesterol Dengan Beta Glucan dan Inulin

Menurunkan Kadar Kolesterol Dengan Beta Glucan dan Inulin – Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat memicu timbulnya penyakit dan masalah kesehatan yang cukup serius, seperti stroke hingga serangan jantung.

Kolesterol yang tinggi dalam tubuh seseorang bisa disebabkan karena bermcam hal. Misalnya merokok, sering mengonsumsi makanan siap saji atau fast food, serta kurangnya aktifitas berolahraga merupakan faktor-faktor yang kerap memicu serta meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Karena itu, menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal wajib dilakukan agar terhindar dari berbagai jenis penyakit yang ditimbulkan akibat kelebihan kadar kolesterol ini.

Lalu, bagaimana jika anda memiliki riwayat dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan  mengonsumsi makanan yang kaya serat, termasuk beta glucan dan inulin.

Apa Itu Beta Glucan dan Inulin

Beta glucan dan inulin adalah jenis serat yang banyak terkandung di berbagai jenis makanan tertentu. Zat ini memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya adalam untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Plak Gigi, Agar Jadi Bersih dan Sehat

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, dalam beberapa penelitian kesehatan juga telah membuktikan bahwa zat beta glucan ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh serta dapat mengendalikan kadar gula darah, serta mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Tidak hanya manfaat yang cukup penting yang sudah disebutkan diatas, zat beta glucan ini juga dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit, yaitu radang sendi, alergi, infeksi setelah operasi, dan gangguan saluran pencernaan.

Begitu juga dengan zat yang bernama inulin. Zat ini diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, trigliserida, serta menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, zat inulin juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang membantu usus bisa bekerja lebih optimal, sehingga zat ini kerap digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, misalnya sembelit.

Baca Juga :  Pentingnya Menjaga Jumlah Trombosit Normal Dalam Darah

Zat beta glucan dan inulin ini bekerja dengan cara mengikat kolesterol yang terdapat pada usus kecil, dan mencegahnya terserap ke aliran darah agar tidak menumpuk di dalam tubuh.

Setelah itu, sejumlah kolesterol  yang telah terikat oleh beta glucan atau inulin akan dibuang bersama dengan kotoran sewaktu buang air besar (BAB).

Jenis Makanan Yang Mengandung Zat Beta Glucan dan Inulin

Untukmemeprolah khasiat dari kedua zat ini,berikut beberapa jenis makanan yang diketahui banyak mengandung zat Beta Glucan dan Inulin.

Makanan yang mengandung zat Beta Glucan:

  • Tanaman rumput laut
  • Beberapa jenis jamur, seperti jamur ganoderma dan shiitake
  • Gandum utuh
  • Oatmeal
  • Barley atau jelai
  • Ganggang/tumbuhan alga

Makanan yang mengandung zat Inulin:

  • Gandum
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Daun bawang
  • Asparagus
  • Pisang
Baca Juga :  Berbagai Hal yang Harus Wanita Ketahui Seputar KB Implan atau Susuk

Menurunkan Kadar Kolesterol Dengan Beta Glucan dan Inulin

Jika anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, dianjurkan mengonsumsi kurang lebih 7,5 gram beta glucan dan sekitar 14 gram inulin per hari.

Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan di atas untuk menurunkan kadar kolesterol anda. Jika ingin lebih praktis, anda juga bisa mengkonsumsi kedua zat tersebut dalam bentuk suplemen yang bisa anda dapatkan sesuai dengan resep dokter.

Selain itu, harus juga di barengi dengan rutin berolahraga selama 30 menit per hari, mengonsumsi beragam makanan yang sehat, menjaga berat badan ideal, serta mengonsumsi obat-obatan untuk mengurangi kolesterol sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh dokter yang menangani anda.

Selalu pantau kadar kolesterol dalam darah dengan rutin melakukan cek kolesterol dan memeriksakan diri ke dokter, serta selalu jalani pola hidup sehat dengan tidak merokok, minum minuam beralkohol dan sebagainya.