Alami Sakit Pinggang Saat Hamil, Coba Tips Ini Untuk Mengatasinya

oleh
Alami Sakit Pinggang Saat Hamil, Coba Tips Ini Untuk Mengatasinya

Sakit pinggang saat hamil merupakan salah satu kondisi yang kerap di keluhkan oleh para Bumil. Meski hal ini merupakan kondisi yang umum terjadi, namun apabila tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa berdampak buruk kepada kenyamanan selama masa kehamilan.

Penyebab sakit pinggang saat hamil umumnya terjadi karena adanya perubahan pusat gravitasi tubuh karena perubahan bentuk tubuh dikarenakan berkembangnya janin dalam kandungan, sehingga Bumil perlu menyesuaikan postur tubuhnya ketika berdiri maupun saat berjalan.

Selain perubahan postur tubuh, rasa akit pada pinggang juga terjadi karena adanya perubahan hormon dan peregangan ligamen. Hal ini merupakan siklus alamiah sebagai bagian dari proses tubuh dalam mempersiapkan jelang persalinan.

Terjadinya peregangan inilah yang bisa menyebabkan tekanan dan menimbulkan  rasa sakit pada punggung bawah dan area pinggang para Bumil.

Seiring dengan terus berkembangnya janin dalam kandungan serta ukuran janin yang terus membesar, hal ini turut menambah beban yang ditanggung oleh punggung dan pinggang.

Tak hanya rasa sakit pinggang saja yang dirasakan oleh para Bumil, kondisi ini biasanya juga dibarengi dengan rasa sakit yang dirasakan menjalar ke area kaki.

Baca Juga :  Tanda-Tanda Melahirkan Yang Harus Di Perhatikan Jelang Persalinan

Apabila Bumil berada dalam kondisi seperti ini, mungkin membuat Anda ingin terus beristirahat dan berada di tempat tidur. Akan tetapi, tidur dan beristirahat sepanjang hari justru biasanya akan membuat sakit pinggang bisa bertambah parah.

Meredakan Sakit Pinggang Saat Hamil

Untuk mengatasi rasa sakit di area pinggang selama masa kehamilan,beberapa tips berikut ini bisa anda coba untuk praktekan:

  • Rutin Berolahraga

Meski sedang mengandung, olah raga juga tetap harus di jalani agar tetap sehat. Namun, hanya oleh raga jenis tertentu saja yang di bolehkan selama masa kehamilan.

Dengan berolahraga dapat meningkatkan kelenturan tubuh dan memperkuat otot, terutama untuk membantu melatih otot pinggang, perut bawah, dan juga otot-otot kaki.

Jenis olah raga yang bisa dipilih dan disarankan antara lain, berjalan kaki, berenang, atau melakukan yoga. Namun harus di ingat, untuk melakukan semua gerakan olah raga tersebut dengan hati-hati karena sendi tubuh ibu hamil menjadi lebih longgar di banding wanita yang tidak hamil.

  • Jangan duduk atau berdiri terlalu lama
Baca Juga :  Hal-Hal Yang Harus Di Lakukan Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar

Sebisa mungkin untuk menghindari kebiasaan duduk atau berdiri dalam waktu yang cukup lama. Pasalnya, Bumil lebih berisiko mengalami sakit pinggang saat hamil jika sebagian besar waktu dihabiskan dengan duduk atau berdiri.

  • Usahakan Tidur Dengan Posisi yang Tepat

Posisi tidur selama masa kehamilan yang disarankan yaitu dalam posisi miring ke arah samping, jangan tidur dengan posisi tubuh telentang.

Tekuk salah satu lutut lalu tempatkan bantal di bawahnya. Bisa juga meletakkan  bantal di bagian bawah perut dan di belakang punggung.

Selain itu, sebaiknya selalu gunakan bantal penyangga pada erea punggung saat berbaring atau duduk dalam waktu yang cukup lama.

  • Jaga Berat Badan

Meski ibu hamil cenderung makan dengan porsi yang lebih banyak, namun Bumil juga perlu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Pasalnya, apabila berat badan semakin naik akan berisiko menyebabkan sakit pinggang saat hamil.

  • Pijat Kehamilan

Melakukan terapi atau pijat khusus untuk ibu hamil dapat membantu meredakan sakit pinggang dan menjadikan Anda lebih rileks.

Baca Juga :  Terjadi Pendarahan Saat Hamil Muda? Ini Yang Harus Segara dilakukan

Namun ingat, untuk tidak sembarangan melakukan pijat. Usahakan untuk melakukan pijat pada terapis yang sudah memiliki sertifikat atau seseorang yang benar-benar ahlinya.

  • Jangan Gunakan Sepatu Hak Tinggi

Sebaiknya hindari menggunakan sepatu dengan desain hak tinggi. Karena selain dapat menyebabkan sakit pinggang saat hamil menjadi kian parah, sepatu hak tinggi juga beresiko terhadap keselamatan dan keseimbangan bumil saat berjalan.

Secara umum, rasa sakit pinggang saat hamil ini bisa reda dengan sendirinya setelah menerapkan tips di atas. Namun apabila rasa sakit tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan guna perawtan lebih lanjut.

Patut di waspadai juga apabila sakit pinggang yang dialami disertai mual, demam, dan adanya darah pada urine, karena bisa saja itu merupakan pertanda adanya gejala infeksi ginjal.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *