Rambut Bercabang ?, Begini Cara Mengatasinya Dengan Benar

oleh
Rambut Bercabang ?, Begini Cara Mengatasinya Dengan Benar

Rambut Bercabang ?, Begini Cara Mengatasinya – Rambut pada manusia pada dasarnya terdiri dari tiga lapisan, yakni lapisan dalam atau medulla, lalu cortex yang mengelilingi medulla, dan lapisan terluar yang paling keras di sebut kutikula.

Lapisan terluar rambut bernama kutikula inlah yang bertugas melindungi lapisan dalam rambut dari efek sinar matahari, panas, zat klorin, dan semua bahan berbahaya yang bisa saja merusak kesehatan rambut anda.

Namun, karena bagian kutikula rambut ini sangat rentan terhadap kerusakan karena menerima berbagai paparan dari luar, maka jika tidak di rwat dengan benar bagian kutikula yang rusakini akan membuat bagian dalam rambut menjadi tak terlindungi.

Salah satu permasalahan rambut yang sering di hadapi adalah mengenai rambut bercabang. Penyebab rambut bercabang  biasanya lebih sering di akibatkan oleh kebiasaan mengeringkan rambut dengan bantuan hairdryer atau pengering rambut.

Menyisir dan menata rambut secara berlebihan, melakukan catok rambut, mengeriting dan meluruskan rambut dengan obat-obatan kimia, atau mewarnai rambut, baik highlight rambut maupun bleaching rambut juga bisa menjadi penyebab mengapa rambut bisa bercabang.

Jika anda sedang mengalami masalah rambut bercabang, berikut ini kami berikan beberapa tips dalam mengatasinya.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

  • Memotong ujung rambut yang bercabang

Cara ini bisa anda lakukan secara rutin setiap 6-8 minggu. Karena, jika tidak dipotong, makan percabangan bisa merambat lebih jauh dan menimbulkan kerusakan yang lebih parah di rambut anda.

  • Hindari penggunaan bahan kimia untuk rambut

Salah satu penyebab terbesar kerusakan pada rambut adalah penggunaan berbagai jenis bahan kimia yang tidak sesuai untuk perawatan rambut anda.

Selain itu, penggunaan sampo yang mengandung minyak mineral dan petrolatum juga sebaiknya dihindari, karena hal tersebut dapat mencegah kelembapan yang menyerap ke lapisan rambut bagian dalam.

  • Jangan terlalu sering menyisir rambut

Menyisir dan menata rambut secara berlebihan juga dapat merusak rambut akibat gesekan dengan alat atau sisir yang anda gunakan. Selain itu, jangan terlalu sering mengepang atau mengikat rambut secara ketat, kecuali anda memang sedang  berniat untuk bergaya rambut yang demikian, karena hal tersebut juga bisa menyebabkan kerusakan rambut.

  • Gunakan pengering rambut seperlunya

Ketika selesai keramas, biarkan rambut anda kering dengan sendirinya. Hindari pemakaian hairdryer yang berlebihan.  Sesekali menata rambut dengan bantuan peralatan ini mungkin tidak menjadi masalah, tetapi disarankan jangan terlalu sering.

  • Hindari terlalu sering melakukan bleaching

Teknik pewarnaan rambut dengan di bleaching, yaitu memutihkan rambut terlebih dahulu sebelum diwarnai, dapat mengakibatkan kekuatan rambut anda menjadi berkurang.

Proses bleaching di ketahui dapat mengubah struktur rambut dan membuatnya rentan terhadap kerusakan, karena pada proses ini zat kimia diresapkan ke dalam kutikula untuk menyingkirkan pigmen alami rambut.

  • Hindari paparan panas matahari langsung

Jika mengahruskan anda untuk berkatifitas di luar ruangan, usahakan untuk menggunakan pelindung kepala, semisal topi atau menggunakan payung. Paparan sinar matahari langung bisa menyebabkan rambut bercabang.

  • Penuhi kebutuhan nutrisi rambut Anda

Untuk menjaga rambut anda tetap sehat, perawatn dari dalam juga diperlukan. Mengkonsumsi bayam dan wortel untuk mendapat vitamin A, salmon untuk mendapat omega-3, kerang dan kacang mete untuk mendapat zinc bisa anda lakukan untuk pemenuhan nutrisi rambut dari dalam.

Selain itu, jenis makanan berupa biji-bijian utuh, produk rendah lemak, serta sayuran yang mengandung vitamin dan mineral untuk membantu rambut dan kulit kepala tetap sehat. Anda juga bisa menambah asupa nutrisi untuk rambut dengan mengkonsumsi vitamin khusus untuk perawatan rambut

Namun perlu anda ingat, permasalahan rambut bercabang tidak hanya terjadi karena faktor yangsudah disebutkan diatas.  Rambut yang bercabang juga bisa menjadi pertanda jika ada yang tidak beres dengan kesehatan anda, seperti hipertiroidisme atau gangguan makan.

Jika anda tidak pernah melakukan perawatan rambut yang aneh-aneh, catok, bleaching dan sebagainya namun rambut anda bercabang sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *