Mengatasi Perut Kembung pada Anak Dengan Cara Alami

oleh
Mengatasi Perut Kembung pada Anak Dengan Cara Alami

Ketika anak mengalami perut kembung, orangtua dapat mengenali gangguan pencernaan tersebut dari perilaku mereka yang tidak biasa, seperti rewwl atau menangis yang tidak biasa.

Beberapa bayi ada yang mengekspresikannya dengan menarik kaki ke atas perut ketika mengalami perut kembung , ada juga yang kehilangan nafsu makan, serta terganggunya penyerapan nutrisi di usus halus.

Jika si kecil mengalami perut kembung, bunda bisa mencoba mengatasi perut kembung ini dengan beberapa pengobatan tradisional untuk meredakan perut kembung dengan cepat

Berikut cara yang bisa bunda lakukan seperti dilansir dari laman ePainAssist.

Mengatasi Perut Kembung pada Anak Dengan Cara Alami

1. Air hangat

Air hangat dipercaya dapat membantu meredakan sakit perut yang disebabkan karena masalah lambung yang dialami oleh bayi di atas 5 bulan. Memberikan minum berupa air hangat 3-4 kali sehari dapat melegakan perut kembung dengan cepat pada bayi.

Anda bisa memberi air hangat ini pada bayi sebanyak beberapa kali sehari ketika makan.

Baca Juga :  Kenali Penyebab Bisul Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

2. Kompres hangat

Selanjutnya, bunda bisa melakukan kompres hangat untuk membantu mengatasi perut kembung pada bayi karena suhu hangat dapat mengeluarkan gas dalam perut dengan mudah dan membuat bayi rileks.

Caranya juga cukup mudah, ambil handuk kecil yang bersih lalu rendamlah handuk dalam air hangat dan peras untuk mengeluarkan air berlebih.kemudian gunakan untuk mengompres di perut bayi sampai dingin.

Cara ini dapat bunda ulangi selama dua kali sehari.

3. Minyak kelapa dan air

Obat tradisional untuk mengatasi perut kembung pada anak ini juga bisa coba untuk di terapkan saat si kecil mengalami kondisi tersebut.

Caranya, campurkan 1 sendok teh minyak kelapa dan 1 sendok makan air, kemudian aduk hingga benar-benar tercampur.

Kemudian balurkan campuran tersebut pada perut bayi secara merata dan oleskan sedikit pada pusar untuk meredakan perut kembung dengan cepat.

4. Biji adas

Bahan yang satu ini lebih dikenal sebagai bumbu masakan. Namun ini juga bisa digunakan untuk membantu meredakan perut kembung yang berlebihan pada bayi.

Baca Juga :  Jangan Anggap Sepele, Segera Atasi Batuk Pada Bayi Dengan Segera

Caranya, ambil ½ sendok teh biji adas lalu rebus dengan 4 gelas air hingga sampai mendidih dan saring rebusan biji adas setelah dingin.

Minumkan air rebusan ini saat bayi pada saat makan sebanyak dua kali sehari. Untuk Ibu menyusui juga dapat meminumnya untuk bayi di bawah 4 bulan.

5. Rebusan biji karom

Bahan berikutnya dalah biji karom (ajwain). Bahan ini sangat bermanfaat untuk mengatasi perut kembung yang berlebihan pada bayi di atas 6 bulan.

Caranya juga cukup simpel, bunda cukup merebus 1 sendok makan biji karom dengan satu gelas air sampai mendidih, kemudian dinginkan dan saring.

Minumkan air rebusan biji karom ini pada bayi saat makan sebanyak dua kali sehari untuk meredakan perut kembung dengan cepat.

6. Pijat

Bunda bisa melakukan pijatpada  perut bayi secara lembut. Memijat lembut searah jarum jam dapat membantu bayi membuang gas yang berlebihan dengan mudah dan cepat.

Baca Juga :  Kenali Sejak Dini, Tanda-Tanda Meningitis pada Bayi

Jika bunda merasa takut, bunda bisa membawa ke tukang urut atau ahli pijat yang sudah berpengalaman.

7. Olahraga

Olahraga juga dapat mengurangi masalah perut kembung pada bayi. Bunda bisa menggerakkan kaki bayi dalam gerakan siklik yang lembut ketika makan, ini akan membuat tekanan pada perut untuk mengeluarkan gas dengan mudah.

Selain itu, Bunda juga bisa menyilangkan kaki bayi secara perlahan. Gerakan-gerakan ini diketahui dapat mengatai perut kembung pada bayi dengan efektif.

Meski cara alami diatas bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung pada bayi, namun jika kondisi tersebut tak kunjung membaik dan bayi terus menangis dan rewel ada baiknya untuk memeriksakan ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.