Alami Nyeri Saat Haid, Coba Atasi Dengan Cara Ini

oleh
Alami Nyeri Saat Haid, Coba Atasi Dengan Cara Ini

Menstruasi adalah hal yang wajar bagi wanita yang telah menginjak remaja. Namun, datangnya siklus bulanan tersebut ternyata menjadi penderitaan tersendiri bagi sebagian ibu dan remaja putri karena biasanya akan di barengi dengan rasa nyeri saat haid.

Pasalnya, ada sebagian yang mengeluhkan timbulnya rasa nyeri pada perut ketika sedang haid. Nyeri yang dirasakan ketika menstruasi merupakan terjadinya kram otot pada area bawah perut yang biasanya muncul sebelum atau ketika mengalami haid yang bisanya berlangsung selama sehari atau dua hari.

Hal tersebut tentu sangat menyiksa, selain rasa sakit beraktifitas pun tersa tidak nyaman. Rasa nyeri saat haid ini biasanya di alami oleh para remaja putri, namun seiring dengan bertambahnya usia maka nyeri saat haid biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga :  Beberapa Gejala Keputihan Yang Patut di Waspadai

Pada dasarnya, penyebab terjadinya nyeri saat haid adalah di sebabkan terjadinya  kontraksi pada dinding otot rahim sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya.

Akibat terjadinya kontraksi tersebut, mengakibatkan pasokan aliran oksigen ke dalam rahim menjadi terhambat dan berakibat pada timbulnya rasa nyeri di bagian bawah perut.

Untuk mengatasi rasa nyeri saat haid, berikut JalanSehat berikan tips yang bisa remaja putri praktekan guna mengurangi rasa nyeri yang di alami saat menstruasi.

1. Lakukan Aktivitas Fisik Ringan

Saat sedang menstruasi, kebanyakan para remaja putri lebih cenderung bermalas-malasan, entah tiduran atau nonton tv seharian ketika di rumah. Namun hal tersebut, justru akan berakibat pada timbulnya rasa nyeri yang  makin parah.

Baca Juga :  Organ Kewanitaan Terasa Gatal ?, 7 Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

Oleh karenanya, di anjurkan untuk melakukan aktivitas fisik  seperti berolah raga ringan misalnya jogging, aerobik atau berpesepada santai.

Dengan olah raga ringan dan aktifitas fisik yang tak menguras energi tersebut dapat membuat peredaran darah Aada akan menjadi lebih lancar. Selain itu hormon endorfin yang dihasilkan dapat membantu menyeimbangkan kerja hormon prostaglandin, yang berefek pada berkurangnya rasa nyeri yang anda alami.

2.  Mengompres Perut Dengan Air Hangat

Siapkan botol kaca bekas kamudian isi dengan air hangat, lalu tempelkan pada area bawah perut secara perlahan. Hawa panas yang dihasilkan akan  merelaksasi otot uterus yang berkontraksi, sehingga dengan begitu rasa nyeri saat haid yangdi alami akan sedikit berkurang

3. Melakukan Pijatan Kecil Pada Bawah Perut

Baca Juga :  Tips Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah Dengan Cara Alami

Rasa nyeri yang di timbulkan saat mentruasi bisa di kurangi dengan cara melakukan pijatan-pijatan kecil pada bagian bawah perut. Lakukan dengan perlahan dan jangan terlalu keras hingga rasa nyeri tersebut berkurang.

4. Jangan Makan Makanan Berlemak dan Minum Minuman bersoda

Pada datang bulan, mengkonsumsi makanan berlemak atau minumman bersoda sangat tidak di anjurkan. Sebaiknya hindari dahulu mengkonsumsi jenis makann dan dan minum tersebut.

Selain minuman bersoda, minuman yang mengandung kaffein seperti kopi juga termasuk jenis minuman yang perlu anda hindari terlebih dahulu ketika sedang haid. Karena mdan minuman tersebut dapat menyebabkan perut kembung dan resistansi air dalam tubuh, sehingga justru akan semakin menambah rasa nyeri saat haid.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *