5 Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Dengan Cepat

oleh
5 Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Dengan Cepat

5 Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Dengan Cepat –  Keluarnya darah dari hidung atau biasa juga disebut mimisan, mungkin adalah salah satu fenomena kesehatan yang sering kali membuat panik sebagian orang.

Terutama para orang tua yang mendapati, anaknya mengeluarkan darah dari hidung tanpa sebab.

Darah yang mengucur dari hidung sangbuah hati, terlihat tampak mengerikan dan seringkali membuat orang tua bingung harus melakukan apa ketika hal tersebut menimpa putra putr mereka.

Oleh karena itu, di perlukan penanganan khusus untuk mengehentikan atau mengatasi mimisan pada anak sebelum orang tua memeriksakan kondisi kesehatan anak lebih lanjut ke rumah sakit atau dokter.

Berikut ada beberapa cara yang bisa para orang tua lakukan untuk penanganan pertama terhadap mimisan tersebut. Namun perlu diingat, cara ini tidak serta merta menyembuhkan mimisan yang terjadi, namun hanya untuk memberhentikannya sementara waktu. Segeralah ke dokter usai melakukan tips ini.

5 Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Dengan Cepat

 

1. Usahakan untuk tidak panik dan tetap tenang

Keluarnya darah dari hidung anak yang secara tiba-tiba seringkali membuat panik orang tua karena tampak mengerikan. Padahal faktanya mimisan yang terjadi sangat jarang menjadi suatu kondisi yang berbahaya.

Oleh karena itu tetap tenang ketika terjadi mimisan pada anak, akan sangat membantu dalam proses mengatasi mimisan pada anak selanjutnya.

2. Bersandar ke depan dan Kepala tetap tegak

Ketika anak sedang mimisan, jangan sesekali memiringkan kepala anak atau menyuruhya berbaring telentang. Hal tersebt justru akan menyebabkan darah yang mengalir keluar kembali masuk ke dalam hidung dan justru berbahaya.

Karena, akan menyumbat saluran pernafasan yang bisa mencekik, dan jika sudah masuk terlalu dalam dapat membuatnya muntah.

3. Bersihkan sisa darah yang masih menempel

Usahakan untuk segera membersihkan sisa darah yang mengalir sebelum mengering. Bisa menggunakan cairan atau semprotan dekongestan untuk membuat bersih area yang berdarah, agar tidak terjadi infeksi.

4. Jepit hidung anak dengan telunjuk dan ibu jari

Guna menghentikan pendarahan, bisa menjepit hidung anak menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Lakukan selama kurang lebih selama 10 menit. Bimbing anak untuk bernafas lewat mulut.

Langkah ini berfungsu untuk memberi tekanan pada sumber pendarahan sehingga menghentikan pendarahan pada hidung anak.

5. Lakukan kompres dingin pada pangkal hidung

Untuk mengatsi mimisan pada anak selanjutnya adalah dengan melakukan kompres dingin pada pangkal hidung anak. Gunakan kain bersih lalu bungkus es batu secukupnya, selanjutnya letakan pada pangkal hidung anak secara hati-harti selama beberapa saat.

Kompres dingin ini berguna untuk memperlambat proses pendarahan, sehingga darah yang keluar tidak samakin banyak.

Setelah mimisan pada anak berhenti, usahakan agar tidak menyuruh anak membuang ingus, perhatikan juga aktifitas anak untuk tidak  membungkuk, atau melakukan aktivitas bermain yang melelahkan selama setidaknya 24 jam.

Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya iritasi pada hidung anak. Apabila setelah melakukan cara-cara di atas dalam mengatasi mimisan pada anak, namun mimisan tidak kunjung berhenti setelah 20 menit, orang tua sebaiknya segera membawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *