Penglihatan Mata Jadi Kabur Saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya

oleh
Penglihatan Mata Jadi Kabur Saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya

Penglihatan Mata Jadi Kabur Saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya – Suka tidak suka, harus diakui bahwa selama masa kehamilan akan ada banyak hal yang dirasakan tidak nyaman oleh seorang wanita yang sedang hamil.

Mulai dari mual atau muntah, kecapean, punggung terasa sakit, kaki bengkak dan banyak hal yang tak nyaman lainnya yang akan di hadapi oleh para Bumil.

Dari sekian banyak kondisi tak nyaman tersebut, ada juga sebagian Bumil yang mengeluhkan penglihatan mata jadi kabur saat hamil. Meski bukan penanda gejala penyakit yang serius, namun hal ini dirasa cukup mengganggu.

Penglihatan mata jadi kabur saat hamil, hal ini bisa terjadi biasanya disebabkan oleh adanya kelebihan cairan dalam tubuh wanita yang tengah berbadan dua.

Kondisi kelebihan cairan dalam tubuh inilah yang menyebabkan kornea mata pada ibu hamil menjadi lebih tebal dan tekanan di dalam bola mata menjadi meningkat.

Namun, selain disebabkan oleh kondisi kelebihan cairan tersebut, penglihatan mata jadi kabur saat hamil juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain seperti mata kering, sering mengalami pusing saat hamil, terjadinya perubahan hormon, atau bisa jadi adanya kerusakan retina atau preeklamsia ketika saat hamil.

Penglihatan mata jadi kabur saat hamil ini sendiri biasanya akan hilang dan normal dengan sendirinya sekitar enam minggu pasca melahirkan atau bisa juga lebih lama misalnya setelah selesai masa menyusui.

Kendati demikian, terdapat beberapa cara yangbisa dilakukan untuk mengatasi penglihatan mata jadi kabur saat hamil, agar rasa tidak nyaman ini bisa sedikit berkurang.

Cara Mengatasi Penglihatan Mata Jadi Kabur Saat Hamil

  • Gunakan Kaca Mata Saat Beraktifitas

Untuk menormalan kembali penglihatan mata yang kabur, bisa mensiasatinya dengan mengenakan kaca mata ketika beraktifitas.

Dengan bantuan kaca mata, maka penglihatan Bumil akan menjadi lebih jelas serta melindungi mata dari cahaya yang terlalu terang.

Selain itu, apabila ibu hamil yang sebelumnya menggunakan lensa kontak (softlens), maka sangat disarankan untuk menggantinya dengan kacamata selama masa kehamilan.

  • Pakai Obat Tetes Air Mata Buatan

Ibu hamil juga bisa menggunakan obat tetes air mata buatan (artificial tears) untuk mengatasi penglihatan mata kabur saat hamil yang dikarenakan mata yang kering.

Obat tetes mata ini bisa dibeli dengan bebas tanpa resep dokter di beberapa apotek atau toko obat terdekat. Namun, apabila masih ragu ada baiknya berkonsultasi lebih dahulu ke dokter kandungan mengenai penggunaan obat tetes mata ini.

  • Jangan Paksa Mata Terus Menerus

Terutama untuk bumil yang masih tetap bekerja, sebaiknya mulai di kurangi frekuensi mata untuk beraktifitas di depan layar komputer.

Dengan rutin mengistirahatkan mata, maka penglihatan yang kabur akan menjadi lebih baik.

  • Lakukan Kompres Pada Mata Dengan Air Dingin

Dengan melakukan kompres air dingin pada area mata, selain memberikan kesegaran pada mata, hal ini juga mengatasi penglihatan mata kabur saat hamil menjadi lebih baik.

Gunakan handuk atau kain yang bersih lalu dicelupkan ke air es, lalu letakan pada permukaan mata beberapa saat. Dijamin mata akan menjadi lebih segar.

Secara umum, kondisi penglihatan mata kabur saat hamil ini bukanlah suatu kondisi kesehatan yang berbahaya bagi ibu hamil.

Namun demikian, perlu juga di waspadai apabila kondisi penglihatan kabur ini terjadi secara tiba-tiba yang disertai dengan rasa sakit kepala, sakit pada perut,m uncul bengkak-bengkak, atau terdapat titik-titik hitam pada area mata.

Karena,apabila penglihatan kabur dengan gejala seperti ini bisa saja hal tersebut kemungkinan ibu hamil mengalami gangguan penglihatan yang disebabkan oleh preeklamsia, diabetes gestasional, atau bahkan kerusakan pada retina.

Oleh karena itu, apabila mengalami gangguan penglihatan dengan gejala yang tak biasa, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *