Manfaat Keju Yang Perlu Anda Ketahui

oleh
Manfaat Keju Yang Perlu Anda Ketahui

-Manfaat Keju Yang Perlu Anda Ketahui- Jenis makanan yang satu ini mungkin sudah sering kita dengar, namun tak semua orang suka dengan rasanya. Merupakan salah satu jenis produk makanan olahan yang terbuat dari fermentasi susu hewan, keju identik dengan rasanya yang cenderung asin karena kandungan garam di dalamnya.

Bagi orang Indonesia, rasa keju tak cocok dengan lidah asli orang Indonesia. Oleh karena itu, banyak yang cenderung mengindari jenis makanan ini.

Namun tahukah anda, ternyata keju memiliki manfaat yang sebenarnya sangat baik untuk kesehatan apabila di konsumsi dalam takaran yang wajar.

Keju sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, lain jenis lain pula kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Namun secara umum keju kaya akan kalsium, protein, vitamin A, B12, fosfor, riboflavin, magnesium, dan seng (zinc), yang kesemuanya merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Kali ini, JalanSehat akan memberikan informasi mengenai manfaat keju untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui.

Manfaat Keju Bagi Kesehatan Tubuh Yang Mengkonsumsinya

Dalam satu potong keju dengan berat sekitar 40 gram terkandung sejumlah kalsium yang setara dengan satu gelas susu atau yoghurt. Mengkonsumsi keju dengan wajar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang mengkonsumsinya.

Manfaat Keju Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat keju lainnya yang jarang diketahui adalah kandungan nutrisinya yang ternyata sangat baik jika di konsumsi oleh para ibu yang sedang hamil atau menyusui. Beberapa ahli gizi menyarankan para Ibu selama masa menyusui untuk mengkonsumsi keju karena kandungan kandungan nutrisinya yang baik bagi ASI (Air Susu Ibu).

Sementara untuk ibu yang sedang hamil, di anjurkan untuk mengkonsumsi keju dengan tekstur padat seperti keju cheddar. Namun tak semua jenis keju aman di konsumsi oleh ibu hamil, karena rentan terhadap berkembang biaknya bakteri Listeria yang cukup berbahaya bagi kesehatan ibu hamil.

Ada baiknya untuk mengkonsumsi keju dipadukan dengan makanan sehat lainnya seperti salad, campuran sup, atau di oleskan pada roti.

Manfaat Keju Bagi Kesehatan Gigi Dan Tulang

Keju juga mempunyai peranan penting dalam kesehatan gigi yang mengkonsumsinya. Beberapa studi kesehatan menyebut jika bakteri baik yang ada dalam keju ternyata dapat mencegah kerusakan dan kerapuhan gigi karena kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan gigi.

Selain itu, keju juga bermanfaat bagi pertumbuhan tulan bagi anak yang sedang dalam proses tumbuh kembang. Dalam studi lainnya menunjukan jika anak yang mengkonsumsi keju secara teratur, akan memiliki strutuktur tulang yang lebih padat di banding mereka yang tidak mengkonsumsi keju.

Selain yang telah disebutkan di atas, manfaat keju lainnya lainnya yakni berfungsi untuk melindungi orang yang mengkonsumsinya dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, obesitas, serta penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian lainnya juga di sebutkan jika mengkonsumsi produk olahan yang terbuat dari susu yang telah di fermentasi seperti keju dan yoghurt dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Keju Yang Benar

Untuk memperoleh manfaat keju yang baik, tentu ada cara dalam mengolah dan mengkonsumsi keju yang benar agar tidak terjadi akibat yang sebaliknya.

Sebelum mengkonsumsi keju, pastikan terlebih dahulu jenis keju yang anda konsumsi. Pilihlah keju dengar kadar lemak yang rendah dan konsumsi secukupnya.

Selanjutnya, konsumsi keju dengan campuran makanan sehat lainnya seperti buah dan sayuran atau daging tanpa lemak serta daging ayam.

Meskipun rasanya cukup enak dan menggoda selera, namun sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi keju dalam porsi yang wajar. Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih dan mengkosumsi keju agar manfaat keju bisa anda dapatkan secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *