Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Yang Perlu Wanita Ketahui

oleh
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Yang Perlu Wanita Ketahui

Mungkin tak ada yang menyangka jika buah dengan cita rasa asam ini bisa berguna untuk kecantikan terutama untuk perawatan kulit wajah. Pasalnya, selama ini manfaat jeruk nipis hanya di ketahui sebagai obat alami untuk mengatasi batuk.

Dalam buah jeruk nipis, banyak mengandung beragam nutrisi dan zat yang baik untuk kesehatan kulit. Karena itu, jeruk nipis  kerap digunakan sebagai bahan dasar  berbagai produk perawatan untuk kulit.

Mengandung beragam nutri dan zat yang baik untuk kesehatan, seperti serat, karbohidrat, gula, folat, dan zat besi, buah jeruk nipis juga rendah kalori dan juga banyak mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin E, serta  antioksidan.

Adanya kandungan nutrisi dan vitamin C inilah yang kemudian dipercaya bermanfaat untuk kesehatan kulit, karena pada dasarnya untuk perawatan kulti wajah vitamin jenis inilah yang paling berperan dalam perawatan kulit.

Beberapa Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Untuk memperolah manfaat jeruk nipis yang akan digunakan dalam perawatan kecantikan terutama kulit wajah, Anda hanya perlu mengoleskan perasan air jeruk nipis tersebut ke wajah anda, diamkan dalam beberapa menit, selanjutnya bilas wajah hingga bersih.

Baca Juga :  Tips Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Bahan Alami

Dengan menerapkan tips di atas, anda bisa memperoleh manfaat dari buah jeruk nipis ini untuk kecantikan kulit wajah anda, antara lain:

  • Dapat Menjaga Kelembaban Kulit Wajah Anda

Dalam sebuah penelitian kesehatan menyebutkan, kandungan vitamin C dapat mencegah kulit kehilangan banyak air sehingga kelembapan kulit tetap terjaga.

Hal inilah yang menjadikan jeruk nipis menjadikan jeruk nipis pilihan tepat sebagai bahan alami untuk perawatan kulit wajah, berkat kandungan vitamin C-nya yang melimpah.

  • Mencerahkan Kulit

Selain menjaga kulit wajah tetap lembab, manfaat jeruk nipis lainnya yakni dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah alami.

Adanya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu produksi kolagen pada kulit yang dapat menghaluskan kulit wajah dan mengurangi kekusaman sehingga wajah akan terlihat cerah dan lebih muda.

  • Mengurangi Tanda Penuaan
Baca Juga :  Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Untuk Mencegah Kanker

Adanya kandungan antioksidan dalam jeruk nipis juga dapat membuat kulit wajah terhindar dari tanda-tanda penuaan dan mencegah sel-sel kulit dari efek radikal bebas.

Vitamin C dalam jeruk nipis juga diyakini mampu mempercepat proses pemulihan luka, meredakan kulit yang kemerahan, menangkal efek paparan sinar ultra violet, dan menghilangkan kantung mata.

  • Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Manfaat jeruk nipis lainnya yang cukup populer adalah dapat digunakan untuk mencegah pori-pori tersumbat yang menjadi cikal bakal tumbuhnya jerawat.

Kandungan alpha hydroxy acids (AHA) dalam jeruk nipis dipercaya dapat membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel kulit mati di permukaan wajah anda.

Meskipun manfaat jeruk nipis sangat baik untuk kecantikan, terutama untuk perawatan kulit wajah, namun perlu juga anda wasapadai efek samping dari penggunaan jeruk nipis ini.

Perlu perhatikan apabila menggunakan jeruk nipis ini pada permukaan wajah yang memiliki luka bekas jerawat. Pasalnya, jika ada luka terbuka dan terkena air perasan dari jeruk nipis, hal tersebut dapat menimbulkan rasa perih yang cukup menggangu.

Baca Juga :  Hindari 5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Memicu Kerusakan Kulit Wajah Anda

Kandungan zat asam yang ada dalam jeruk nipis juga dapat berisiko membuat kulit menjadi kering, kemerahan, perih iritasi.

Karena itu, sebelum anda memutuskan untuk menggunaan perasan air jeruk nipis guna perawatan kulit wajah anda, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Terutama untuk anda yang memiliki kulit yang sensitif.

Segera hentikan penggunaan jeruk nipis ini apabila kulit wajah menjadi merah dan perih. Segera bilas wajah anda dengan air bersih dan hentikan mengoleskan air perasan jeruk nipis tersebut.