Berbagai Manfaat Daun Sirsak Yang Perlu Ada Tahu, Salah Satunya Untuk Obat Kanker

oleh
Berbagai Manfaat Daun Sirsak Yang Perlu Ada Tahu

Berbagai Manfaat Daun Sirsak Yang Perlu Ada Tahu, Salah Satunya Untuk Obat Kanker – Bagi masyarakat Indonesia, nama buah yang satu ini tentulah sudah tak asing lagi. Sirsak atau juga dikenal dengan srikaya merupakan jenis buah-buahan yang di kenal dengan cita rasanya yang manis dan asam menyegarkan.

Sering disebut juga dengan nama durian Belanda, tanaman buah ini bukanlah tanaman asli Indonesia. Menurut catatan Wikipedia, buah ini merupakan tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang dibawa olah bangsa Belanda masa penjajahan sekitar abad ke-19.

Dalam buah sirsak banyak terkandung berbagai macam vitamin seperti fruktosa, vitamin C, B1, dan B2 dan juga kaya akan serat yang bagus untuk kesehatan. Mengkonsumsi 100 gr daging sirsak setiap hari, dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan serat sekitar 13 persen dari kebutuhan total serat dalam tubuh untuk setiap harinya.

Selain daging buahnya yang dapat dikomsumsi langsung maupun dijadikan berbagai macam olahan seperti jus buah segar, selai dan beberapa macam olahan makanan lainnya, daun sirsak juga memiliki manfaat yang tak kalah penting untuk obat herbal alami bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga :  Apa Itu Teh Detoks ? Ini Penjelasan Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Menurut berbagai penelitian kesehatan, manfaat daun sirsak diketahui dapat mengobati berbagai macam penyakit yang cukup berbahaya, salah satunya adalah kanker.

Hal ini berkat kandungan zat dalam daun sirsak bernama acetogenin, yang merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Selain untuk mengobati kanker, berikut beberapa manfaat daun sirsak lainnya yang perlu anda ketahui untuk kesehatan anda:

  • Manfat Daun Sirsak Untuk Mengobati Diabetes

Daun sirsak diketahui juga memiliki manfaat untuk mengobati salah satu penyakit yang cukup ditakuti yakni diabetes. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa senyawa atau kandungan yang terdapat dalam daun sirsak dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh penderita diabetes dan menjadikannya normal kembali.

Hal tersebut dikarenakan, daun sirsak mengandung banyak sekali antioksidan yang di dalamnya terdapat senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Senyawa-senyawa dari antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit yang mengintai tubuh setiap saat.

  • Manfaat Daun Sirsak Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol
Baca Juga :  Benarkah Jus Kacang Panjang Bisa Menyembuhkan Diabetes, Ini Penjelasanya

Selain mengobati kanker dan diabetes manfaat daun sirsak lainnya adalah sebagai bahan alami atau obat herbal yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Bagi penderita kolesterol tinggi mengkonsumsi air rebusan dari daun sirsak setiap pagi setiap hari dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh penderitanya.

  • Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati kista ovarium

Penyakit Kista merupakan salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh kaum wanita. Kista ovarium sendiri merupakan sebuah tumor jinak yang muncul pada ovarium atau indung telur pada wanita. Jika tidak lekas mendapat pengobatan, kista ovarium dapat berkembang sebagai kanker yang cukup mematikan.

Beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati kista dengan bahan alami tersebut. Manfaat daun sirsak untuk wanita dengan meminum rebusan air daun sirsak dipercaya dapat menyembuhkan penyakit yang cukup berbahaya ini.

  • Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Asam Urat

Asam urat merupakan jenis penyakit yang umumnya diderita olah orang dewasa. Dengan meminum air rebusan daun sirsak, diketahui dapat mengobati sakit asam urat yang diderita.

Baca Juga :  5 Bahan Alami Untuk Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Kandungan senyawa yang ada dalam daun sirsak seperti acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat di percaya cukup ampuh untuk mengobati asam urat.

  • Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Penyakit Paru-Paru

Selain beberapa manfaat di atas, salah satu manfaat daun sirsak lainnya yang cukup penting adalah untuk mengobati sakit paru-paru. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli kesehatan, menyebutkan jika daun sirsak juga dapat berfungsi sebagai anti-bakteri, sehingga daun sirsak juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati penyakit paru-paru, baik paru-paru kering maupun paru-patu basah.

Nah, demikian informasi mengenai manfaat daun sirsak yang perlu anda ketahui. Mengkonsumsi berbagai obat alami atau obat herbal merupakan salah satu alternatif yang patut di coba, di samping tetap rutin untuk memeriksakan diri ke rumah sakit, fasilitas kesehatan atau dokter jika anda menderita salah penyakit tersebut.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *