Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

oleh
Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

Tak banyak yang tahu jika dibalik rasanya yang sedikit masam dan manis ini, ternyata manfaat buah manggis untuk kesehatan sangatlah beragam, salah satunya yang jarang di ketahui orang adalah bisa untuk menurunkan berat badan.

Buah manggis yang di maksud disini adalah buah manggis segar, bukan yang sudah dalam bentuk ekstrak. Karena seperti di ketahui, buah manggis kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B2, folat, magnesium, dan juga xanthones.

Banyaknya zat dan nutrisi yang terkandungan dalam buah manggis tersebut diyakini dapat menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan bisa di gunakan untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Lantas, apalagi manfaat buah manggis segar untuk kesehatan lainnya yang harus kita ketahui ? simak ulsasaanya berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Dengan rutin mengkonsumsi buah dengan nama latin garcinia mangostana ini, beberapa manfaat akan akan anda peroleh seperti:

  • Menurunkan Berat Badan
Baca Juga :  Daftar Obat Tradisional Asam Urat Yang Jarang Orang Tahu

Salah satu manfaat buah manggis yang cukup populer namun banyak yang tak menyadarinya adalah mampu membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa orang yang secara rutin mengonsumsi jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah dibanding yang tak mengkonsumsinya.

Pasalnya, dalam buah manggis banyak mengandung zat antiperadangan yang memiliki peran dalam meningkatkan metabolisme lemak sehingga bisa mencegah terjadinya kenaikan berat badan.

Meski dipercaya dapat menurunkan berat badan, akan tetapai jangan sampai kemudian menjadikan buah manggis ini sebagai satu-satunya makanan yang Anda konsumsi setiap harinya, ya.

Karena, jika ingin mendapatkan berat badan yang ideal, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan berigizi seimbang, serta harus rutin berolahraga, itu yang utama.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Banyaknya kandungan serat, vitamin C, mineral, dan xanthones yang terdapat pada buah manggis bermanfaat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh yang mengkonsumsinya.

Baca Juga :  Sering Disepelekan, Inilah 6 Manfaat Daun Kelor Untuk Kulit

Selain itu, dalam buah manggis juga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri, sehingga dengan rutin mengonsumsi buah ini sistem kekebalan tubuh lebih mampu melawan infeksi yang siap menyerang kapan saja.

  • Mengontrol kadar gula darah

Manfaat buah manggis lainnya  yang cukup berguna untuk kesehatan tubuh kita adalah membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan  dalam buah manggis banyak terkandung serat yang mampu membantu menstabilkan kadar gula dalam darah.

Selain adanya kandungan serat dalam buah manggis, kandungan xanthones atau antioksidan tingkat tinggi pada buah ini juga dipercaya dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

  • Meredakan radang sendi

Adanya vitamin C pada manggis diyakini mampu mengatasi radang sendi. Selain Vitamin C, buah manggis juga diketahui zat antiradang yang dapat meredakan nyeri sendi yangsedang dierita.

  • Mencegah penyakit kanker
Baca Juga :  Beberapa Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh

Adanya zat xanthones yang bersifat antioksidan dan antiiflamasi dalam buah Manggis di ketahui mampu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker payudara, perut, dan paru-paru, sehingga sangat baik di konsumsi untuk pencegahan dari infeksi penyakit berbahaya tersebut.

Manfaat buah manggis untuk kesehatan memang cukup banyak dan beragam, karena adanya kandungan zat, nutrisi, dan juga vitamin di dalamnya. Kendati demikian, bukan berarti ini manjadi jalan satu-satunya untuk upaya menjaga kesehatan tubuh anda.

Apabila anda sakit atau mengeluhkan adanya kelaianan dalam kesehatan anda, ada baiknya tetap memeriksakan diri ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.