Beragam Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Yang Jarang Orang Tahu

oleh
Beragam Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Yang Jarang Orang Tahu

Siapa yang tak kenal dengan buah durian. Buah dengan ciri khas berupa kulit yang berduri dan beraroma tajam ini, ternyata selain nikmat disantap juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan yang jarang orang tahu.

Dalam buah durian banyak mengandung bermacam vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak, serta protein. Dengan adanya kandungan tersebut, manfaat buah durian untuk kesehatan ternyata cukup baik apabila di konsumsi dalam porsi yang wajar.

Selain kandungan vitamin, lemak dan protein, buah durian juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Dalam 100 gram buah durian diketahui  mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, 1,5 gram protein, 5 gram lemak, vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral lainnya.

Adanya ragam kandungan dalam buah dengan julukan King of Fruit inilah yang dipercaya dapat memberikan manfaat buah durian yang baik untuk kesehatan tubuh yang mengkonsumsinya.

Kandungan dan Manfaat Buah Durian

Berikut ini adalah beragam kandungan serta manfaat buah durian untuk kesehatan yang harus anda ketahui:

  • Buah Durian Mengandung Antioksidan yang Tinggi
Baca Juga :  Jenis Buah-buahan Yang Aman Di Konsumsi Oleh Penderita Diabetes

Seperti yang dijelaskan diawal, buah durian diketahui mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh dari berbagai macam bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit berbahaya, seperti kanker dan juga jantung.

Dengan mengkonsumsi buah durian dalam porsi yang disarankan, maka tubuh akan memiliki perlindungan dari serangan radikal bebas tersebut.

  • Buah Durian Kaya Akan Serat

Manfaat buah durian lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik untuk kesehatan jantung.

Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan serat yang ada dalam buah durian. Sehingga, selain nikmat untuk di santap, makan buah durian dalam porsi yang wajar juga baik untuk kesehatan tubuh.

  • Buah Durian Banyak Mengandung Kalium

Selain serat, buah durian juga banyakmengandung zat kalium. Kalium sendiri berfungsi untuk membantu tubuh dalam menjaga kesehatan otot, tulang, saraf dan pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam 1 buah durian terdapat setidaknya 436 mg kalium, yang apabila di konsumsi dalam porsi yang wajar, manfaat buah durian ini cukup baik untuk kesehatan tubuh yang mengkonsumsinya.

  • Buah Durian Juga Tinggi Karbohidrat
Baca Juga :  Jenis Makanan dan Buah Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung

Tahukah anda, bahwa satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori. Jumlah ini cukup untuk menjadi sumber makanan penambah energi yang mengenyangkan.

Namun perlu diingat, karena buah ini tinggi karbohidrat, maka buah ini tak disarankan untuk di konsumsi oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit misalnya gula darah.

Selain beragam kandungan dan juga manfaat buah durian yang sudah di sebutkan di atas, durian juga dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual, meredakan demam, bagus untuk penyakit kuning, tekanan darah tinggi, malaria, dan mengobati luka.

Hal-hal Yang Harus diperhatikan Sebelum Mengkonsumsi Buah Durian

Meskipun cukup banyak manfaat buah durian karena kandungan yang ada didalamnya, namun anda juga harus tetap berhati-hati saat menyantap buah yang lezat ini.

Pasalnya, jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, buah ini justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan rasa tidak nyaman pada perut, seperti perut terasa kembung, muntah, dan bahkan bisa juga diare.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki riwayat sebagai penderita diabetes, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mengonsumsi buah ini.

Baca Juga :  Jenis Makanan dan Buah Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung

Karena kadar gula yang cukup tinggi dalam buah ini, maka jika dikonsumsi oleh penderita diabetes tanpa pengawasan medis, akan berpotensi mengganggu kestabilan kadar gula darah penderita.

Selain penderita diabetes, ibu yang sedang menyusui dan ibu hamil juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang banyak atau lebih baik berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

Disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol secara bersamaan ketika makan buah ini. Karena, dalam buah durian terdapat zat yang dapat menghambat kinerja enzim di saluran cerna dalam mencerna alkohol yang apabila dikonsumsi secara bersamaan,bisa menimbulkan mual, muntah, serta jantung berdebar.

Bagaimana, cukup banyak bukan manfaat buah durian untuk kesehatan ? Anda boleh saja mengkonsumsinya namun harus tetap memperhatikan kondisi medis anda agar niat anda untuk memperoleh manfaat buah durian justru tidak mengganggu kesehatan anda.