Daftar Makanan Yang Di Larang & Di Anjurkan Untuk Penderita Diabetes

oleh
Daftar Makanan Yang Di Larang Dan Di Anjurkan Untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes saat ini menjadi penyebab kematian paling banyak bagi masyarakat Indonesia dengan menepati urutan ke tiga setelah penyakit stroke dan jantung. Menurut catatan yang di rilis oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, saat ini penderita diabetes di Indonesia kurang lebih berjumlah 10 juta penduduk.

Oleh karena itu, memilih makanan yang tepat untuk penderita penyakit diabetes memiliki peranan yang cukup penting untuk menjaga kadar gula di dalam darah sehingga penderita diabetes bisa bertahan untuk melawan penyakitnya.

Penderita penyakit diabetes tidak bisa dengan leluasa mengonsumsi makanan layaknya orang normal. Banyak pantangan makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh penderita diabetes. Hal itu di karenakan, jika salah mengkonsumsi makanan yang di larang maka akan berefek kadar gula darah bisa meningkat.

Untuk itu, keluarga atau kerabat harus benar-benar paham tentang asupan makanan yang dilarang dan diperbolehkan dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes ini.

Makanan yang dianjurkan atau boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes

Jika keluarga anda atau anda sendiri saat ini sedang mengalami sakit diabetes, haruslah ekstra hati-hati dalam memilih makanan untuk di kosnsumsi tiap harinya. Hal itu di karenakan, segala jesnis pengobatan akan sia-sia jika pola makan penderita diabetes tidak di jaga.

Salah satu cara menangani penderita diabates, selain dengan pengobatan secara medis, diabetes juga perlu ditangani dengan mengikuti anjuran pola makan khusus, atau yang disebut sebagai terapi nutrisi medis. Dokter yang menangani penderita diabetes dengan terapi ini akan menganjurkan pasien untuk konsumsi makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori, agar kadar gula darah mereka tetap terkontrol.

Baca Juga :  Manfaat Keju Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang diperbolehkan untuk di konsumsi oleh penderita diabetes :

  • Berbagai jenis makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, seperti nasi beras merah, ubi yang dipanggang, oatmeal, sereal dari biji-bijian utuh.
  • Daging, namun daging yang diperbolehkan adalah daging tanpa lemak atau daging ayam tanpa kulit.
  • Sayur-sayuran, namun memasaknya melalui proses memasak dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau bisa juga dikonsumsi dalam keadaan mentah/lalapan. Sayuran yang di anjurkan untuk dikonsumsiĀ  bagi penderita diabetes di antaranya adalah bayam dan brokoli.
  • Buah-buahan segar.Bisa juga di buat minuman segar berupa jus buah. Namun ingat, jangan pake gula.
  • Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai yang sudah di proses dalam bentuk tahu yang dimasak dengan dikukus, dibuat sup, atau ditumis.
  • Popcorn juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabtes untuk cemilan, namun popcorn tawar tanpa rasa.
  • Telur rebus dan berbagai produk olahan dari susu, seperti Yogurt. Bahkan penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi Yogurt yang rendah lemak secara dapat mencegah penyakit diabetes.
  • Berbagai jenis ikan, seperti tuna, salmon, sarden dan makarel. Namun, hindari mengkonsumsi ikan Tongkol karena mengandung kadar merkuri tinggi, yang tidak baik penderita diabetes
Baca Juga :  Jenis Buah-buahan Yang Aman Di Konsumsi Oleh Penderita Diabetes

Makanan yang di larang atau dihindari bagi penderita diabetes.

Cukup berat memang menghindari makanan yang boleh di konsumsi oleh penderita diabetes. Salah satunya adalah nasi putih. Sebagai bahan makanan pokok kurang lengkap rasanya jika belum makan nasi putih dalam keseharaian.

Namun bagi penderita penyakit diabetes, nasi putih adalah makanan utama yang harus di hindari. Karena meskipun mengandung karbohidrat yang mengenyangkan, nasi putih juga mengandung kadar gula yang cukup tinggi yang dapat memicu kadar gula darah penderita meningkat.

Selain nasi putih, beberapa jenis makanan lini juga harus di hindari oleh penderita diabets agar kadar gula dalam darah tetap terjaga, di antaranya :

  • Roti tawar putih.
  • Berbagai jenis makanan atau kue yang terbuat dari tepung terigu.
  • Makanan atau sayuran yang dalam memasaknya menggunakan tambahan bumbu seperti garam, keju, mentega dan saus dalam jumlah yang cukup banyak.
  • Buah kalengan dengan kandungan gula yang banyak.
  • Sayur olahan dalam kaleng yang mengandung kadar garam tinggi
  • Daging dengan lemak.
  • Produk susu tinggi lemak
  • Berbagai jenis makanan yang memasaknya dengan cara digoreng, misalnya ayam goreng, pisang goreng kentang goreng dan lain lain.
  • Produk olahan dari kulit ayam
Baca Juga :  Jenis Makanan Berikut Ini Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda

Selain itu, jika anda atau keluarga anda menderita diabetes sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang di masak secara terpisah dengan anggota keluarga lainnya.

Dengan begitu, penderita diabetes akan terhindar dari kesalahan mengkonsumsi makanan yang dilarang. Ada baiknya juga untuk tetap memperhatikan bahan baku masakan dan bumbu tambahan yang digunakan untuk memasak makanan bagi penderita diabetes.

Selain cermat dalam memilih makanan yang di konsumsi tiap harinya, pasien diabetes juga disarankan untuk tetap rutin mengecek kadar gula darah, seperti tes tes gula darah puasa, tes gula darah sewaktu, tes hemogblobin A1c (HbA1c), dan tes toleransi glukosa oral.

Tetap berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi anda, sehingga dokter bisa mmeberikan saran makanan yang dikonsumsi dalam takaran yang tepat.

Selain pola makan sehat, olahraga yang teratur, serta pengobatan secara medis yang tepat, mudah-mudahan kadar gula darah penderita diabetes tetap terkontrol, sehingga resiko terkena penyakit komplikasi yang di akibatkan oleh diabetes bisa di hindari.