Jenis Makanan Berikut Ini Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda

oleh
Jenis Makanan Berikut Ini Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda

Meningkatnya kadar gula darah seseorang dapat disebabkan oleh dua hal utama, yakni kurangnya produksi insulin dalam tubuh atau ketika tubuh tidak mampu mengirimkan gula dari dalam darah ke sel darah secara efektif.

Seseorang yang memiliki kadar gula darah yang cukup tinggi dan tidak terkontrol, akan berakibat pada rusaknya pembuluh darah, saraf, serta beberapa organ vital tertentu, seperti kerusakan pada area mata, ginjal, otak, dan juga jantung.

Beberapa tanda atau gejala jika seseorang memiliki kadar gula darah yang cukup tinggi adalah ditandai dengan seringnya muncul gejala kelelahan, sering merasa haus, penglihatan semakin berkurang atau kabur, sakit perut, sering buang air kecil, nafsu makan menjadi meningkat, sering kram atau kesemutan di kaki dan tangan, serta apabila mengalami luka terbuka akan sulit sembuh.

Kadar gula darah yang tinggi akan memicu munculnya penyakit yang lebih serius seperti penyakit diabetes. Bahkan tak hanya itu, kadar gula darah yang tinggi pada diri seseorang juga dapat menimbulkan masalah kesehatan dan penyakit lainnya yang lebih komplex , seperti kebutaan, stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal bahkan bisa berakibat kematian.

Nah, untuk mencegah munculnya penyakit-penyakit berbahaya tersebut terkait dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh seseorang, maka sangat penting untuk mengenal cara menurunkan gula darah tinggi agar kadar gula darah dalam tubuh penderita bisa terkontrol dengan baik.

Baca Juga :  Kenali Penyebab Sakit Tulang Belakang dan Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang baik di konsumsi untuk menurunkan kadar gula darah

  • Air Putih

Air putih memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan. Selain dapat mengurangi rasa haus dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, air putih ternyata juga memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengurai kadar gula darah dalam tubuh seseorang.

Minum air putih yang sehat secara teratur dalam jumlah yang cukup setiap harinya dapat membantu ginjal untuk mendorong kadar  gula darah yang berlebih dalam tubuh untuk keluar lewat pembuangan air kecil atau urine serta mencegah seseorang mengalami dehidrasi.

  • Makanan yang banyak mengandung serat

Serat yang terdapat dalam makanan yang kita konsumsi mampu memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula, sehingga gula darah meningkat secara bertahap.

Jumlah asupan serat harian yang direkomendasikan oleh dokter dan ahli kesehatan adalah  sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Berikut ini adalah jenis makanan yang kaya akan serat yang baik dikonsumsi oleh penderita gula darang tinngi, yaitu brokoli, kol, ketimun, wortel, bayam, selada, kubis, kacang-kacangan, chia seed, gandum utuh, dan buah-buahan.

  • Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah

Indeks glikemik merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur respons tubuh terhadap pelepasan gula darah dari makanan. Beberapa jenis makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah diketahui dapat mencegah lonjakan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Baca Juga :  Waspadai Penyakit Gagal Ginjal Yang Mengintai Setiap Saat

Oleh karena itu, jenis makanan berikut dengan indeks glikemik rendah sangat disarankan untuk dikonsumsi guna menurunkan kadar gula darah ringgi, seperti buah-buahan, sayuran berdaun hijau, gandum utuh, kacang almond dan kacang-kacangan lainnya, talas, jagung, ubi, bawang putih, telur, dan juga ikan.

  • Cuka Apel

Cuka apel diketahui juga dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam tubuh. Terutama bagi penderita diabetes tipe 2, salah satu cara untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh yang disaranakan adalah dengan mengkonsumi satu sendok makan cuka apel ketika selesai makan.

Namun perlu diketahui, bahwa efektivitas cuka apel sebagai metode pengobatan diabetes masih belum teruji secara jelas oleh para ahli kesehatan. Oleh karena itu, apabila anda juga tengah  mengonsumsi obat penurun gula darah, disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsinya.

  • Tambahkan kayu manis dalam bumbu masakan

Kayu manis merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang dipercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh hingga 29%.

Selain itu, kayu manis juga dapat memperlambat penguraian karbohidrat dalam saluran pencernaan dan mengontrol kenaikan gula darah sesudah makan. Oleh karena itu disarankan untuk menambah jenis bumbu masakan ini kedalam campuran makanan anda. Takaran yang diajurkan untuk dicampurkan kedalam masakan adalah sekitar 1/2 hingga 2 sendok teh.

  • Hindari makanan berlemak dan bergula tinggi
Baca Juga :  Leukosit Anda Rendah? Coba Konsumsi Buah Ini Untuk Menormalkannya Kembali

Untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita, sangat disarankan untuk menghindari jenis makanan yang berlemak serta menagndung gula yang tinggi.

Jenis makanan yang manis seperti seperti kue dan es krim, serta makanan berlemak tinggi seperti mentega, atau gorengan, sangat disarankan untuk tidak konsumsi. Dianjurkan juga untuk tidak mengkonsumsi minuman bersoda dan juga minuman beralkohol.

Sejatinya, gula darah dalam tubuh manusia juga penting peranannya yang berfungsi sebagai bahan bakar tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Namun jika kadar gula darah melebihi batas yang disarankan, maka hal tersebut justru akan memicu munculnya berbagai penyakit lain akibah kadar gula darag yang tinggi.

Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk menerapkan polah hidup sehat dengan mengkonsumsi jenis makanan yang di larang dan dianjurkan seperti diatas untuk menurunkan gula darah guna menghindari berbagai kondisi yang bisa membahayakan kesehatan Anda.

Jika anda masih kesulitan untuk menurunkan gula darah,  maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *