Awas, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Penyakit Stroke

oleh
Awas, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Penyakit Stroke

Saat ini, perkembangan jumlah penderita dengan jenis penyakit tidak menular  terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Dari sekian banyak penyakit tak menular tersebut, salah satu jenis penyakit yang kerap menjadi sorotan adalah penyakit stroke.

Penyakit Stroke ini, adalah penyakit yang menyerang sistem pembuluh darah saraf otak merupakan jenis penyakit yang sangat mematikan, dan menjadi penyebab utama penderitanya mengalami kelumpuhan.

Penyakit Stroke dapat menyerang secara tiba-tiba tanpa memberikan gejala atau peringatan terlebih dahulu. Banyak kasus dimana seseorang nampak sehat, lalu tiba-tiba terjatuh dan ternyata ia mengalami serangan stroke.

Menurut sejumlah penelitian, gaya hidup tak sehat seseorang seperti mengonsumsi makanan berlemak jahat merupakan salah satu faktor utama yang memicu terjadinya kerusakan pada pembuluh darah yang pada akhirnya akan memicu serangan stroke ini.

Oleh karena itu, dalam memilih makanan untuk menu yang di konsumsi dalam keseharian menjadi faktor penting guna mencegah serangan penyakit stroke ini, selain dengan berolah raga secara teratur.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus Anda waspadai dan batasi dalam mengkonsumsinya setiap hari . Penasaran, jenis makanan apa saja itu? berikut ini adalah ulasan lengkapnya yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:

Waspadai , 5 Makanan Ini Dapat Memicu Penyakit Stroke

  • Kerupuk, keripik dan goreng-gorengan

Cemilan seperti Muffin, donat, keripik, crackers, atau makanan yang dimasak dengan cara dipanggang yang tinggi kandungan lemak trans, menggunakan minyak terhidrogen dalam pembuatannya, adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya di batasi konsumsinya setiap hari.

Pasalnya, kandungan lemak trans memiliki sifat yang berbahaya karena dapat menyumbat saluran pembuluh darah, meningkatkan konsentrasi lipid (lemak) dan kolesterol jahat dalam darah serta dapat menurunkan kolesterol baik.

Dalam sebuah rebuah riset yang dilakukan oleh peneliti di University of North Carolina Amerika Serikat menemukan fakta mengejutkan bahwa, wanita yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan 7 gram lemak trans setiap hari (dua porsi donat atau setengah porsi kentang goreng) memiliki risiko terserang penyakit stroke 30 persen lebih tinggi dibanding wanita yang mengkonsumsi hanya 1 gram lemak trans per hari.

  • Daging olahan

Selain itu, jenis makanan lain yang juga harus di waspadai adalah daging olahan dimana makanan ini merupakan kontributor jahat untuk faktor risiko pencetus penyakit stroke.

Dalam daging olahan umumnya memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi dan bahan pengawet. Para ahli kesehatan percaya bahwa, natrium nitrat dan nitrit ini secara langsung dapat merusak pembuluh darah dalam tubuh, menyebabkan arteri mengeras dan menyempit.

  • Minuman Bersoda

Sebuah riset yang di lakukan di Columbia University melibatkan 2.500 orang usia 40 tahun atau lebih tua menemukan fakta bahwa mereka yang mengkonsim minuman bersoda sehari-hari memiliki resiko 48 persen lebih tinggi terserang penyakit stroke, mengalami serangan jantung, dan penyakit arteri koroner dibandingkan mereka yang tidak konsumsi soda.

  • Daging merah

Perlu anda ketahui, bahwa wanita yang mengonsumsi daging merah dalam porsi yang cukup banyak setiap hari memiliki peluang lebih tinggi terkena penyakit stroke sebesar 42 persen.

Temuan ini didasarkan pada hasil pengamatan dan penelitian yang dilakukan selama kurang lebih 10 tahun terhadap 35.000 para peserta yang semuanya adalah wanita.

  • Makanan kaleng dan fast food

Jenis makanan kaleng yang didalamnya mengandung kadar sodium dan garam (natrium) yang cukup tinggi sebaiknya tidak sering dikonsumsi. Pasalnya, kandungan garam atau sodium secara langsung dapat memengaruhi risiko terkena penyakit stroke.

Dalam sebuah riset terbaru menyebutkan, orang yang mengonsumsi lebih dari 4.000 mg sodium dalam sehari, berisiko dua kali lipat terkena stroke ketimbang mereka yang mengasup 2.000 mg atau kurang.

Oleh karenanya, membatasi asupan jenis makanan ini sangat di anjurkan guna menghindari serangan stroke. Selain itu, makanan fastfood juga di duga menjadi pemicu seseorang terkenana penyakit stroke.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *