Beberapa Jenis Makanan Pantangan Darah Tinggi

oleh
Beberapa Jenis Makanan Pantangan Darah Tinggi

Bagi penderita penyakit darah tinggi, salah satu yang wajib di perhatikan adalah asupan makanan yang di konsumsi tiap harinya. Pantangan darah tinggi ini merupakan bagian tepenting bagi penderita penyakit mematikan tersebut agar kondisi tubuh penderita tetap sehat dan tidak kambuh akibat salah konsumsi makanan.

Pasalnya, salah mengkonsumsi beberapa jenis makanan akan berakibat fatal bagi penderita penyakit darah tinggi serta berpontensi memperburuk kondisi penyakit yang diderita oleh pengidap sakit darah tinggi ini.

Dalam beberapa anjuran medis, bagi penderita penyakit darah tinggi sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung kadar garam yang cukup tinggi.

Hal ini dikarenakan, garam diketahui mengandung natrium yang jika kadarnya meningkat dalam darah penderita, maka dapat memengaruhi tekanan darah yang mengkonsumsi.

Terutama bagi penderita penyakit hipertensi, sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi jenis makanan yang mengandung lebih dari 1500 miligram (mg) natrium per hari.

Selain makanan asin yang mengandung banyak kadar garam, berikut ini beberapa jenis makanan lainnya yang merupakan pantangan darah tinggi.

Baca Juga :  Selain Serangan Jantung, Ini Juga Jadi Penyebab Sakit Dada Sebelah kiri

Beberapa Jenis Makanan Pantangan Darah Tinggi Yang Harus Di Hindari

  • Makanan yang banyak Terkandung lemak jenuh dan juga lemak trans

Pantangan darah tinggi yang satu ini merupakan salah satu yang patut untuk dihindari jika tak ingin penyakit darah tinggi anda kambuh. Merupakan jenis makanan yang terdengar nikmat jika dikonsumsi, namun merpakan musuh utama bagi penderita darah tinggi.

Salah satunya yang dihindari adalah makanan yang mengandung lemak jenuh, contohnya adalah olahan dari kulit ayam. Selain itu, makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans lainnya yang harus dihindari adalah bahan makan berupa daging merah, mentega, dan susu tinggi lemak.

  • Makanan Siap Saji / fast food

Pantangan darah tinggi berikutya yang harus di hindari oleh penderita hipertensi adalah beberapa jenis makanan dalam kemasan atau siap saji atau biasa di sebut fast food. Salah satunya yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita penyakit darah tinggi adalah makanan cepat saji asal Italia yakni Pizza.

Makanan siap saji tersebut diketahui banyak mengandung garam serta natrium sangat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan bagi penderita penyakit darah tinggi.

  • Makanan Acar
Baca Juga :  Waspadai Sejak Dini Gejala Maag Kronis dan Komplikasi Yang Ditimbulkan

Jenis makanan yang satu ini sering kita temui, terutama jika anda pergi ke acara atau restoran. Namun bagi penderita penyakit hipertensi, makanan ini merupakan pantangan darah tinggi yang tak boleh dikonsumsi oleh penderita.

Jika ingin mengkonsumsi jenis makanan ini, ada baiknya membuat sendiri acar yang telah di bumbui dengan sedikit kandungan garam, atau jika perlu tak usah menggunakan garam dalam pembuatannya.

  • Minuman Dengan Kandungan Kafein

Selain beberapa jenis makanan, pantangan darah tinggi juga berlaku untuk minumnan yang dikonsumsi oleh penderita penyakit ini. Salah satunya yang wajib dihindari adalah kopi, dimana minuman dengan aroma yang khas tersebut diketahui mengandung banyak kafein yang di larang untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit darah tinggi.

Baca Juga :  Bau Badan Anda Seperti Ikan Busuk?, Mungkin Anda Terkena Penyakit Ini

Tak hanya kopi, beberapa minuma lain seperti teh, dan juga minuman bersoda juga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi pederita hipertensi jika tak ingin penyakitnya kambuh dan bertambah parah.

Selain itu, memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, magnesium, dan kalium dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

Untuk lebih jelasnya, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dakter anda untuk mendapat rekomendasi tentang berbagai jenis makanan yang boleh anda konsumsi atau tidak.

Selain beberapa pantangan darah tinggi diatas, bagi penderita penyakit ini disarankan untuk menjalani gaya hidup yang sehat agar penyakit yang dideritanya bisa sembuh dan tak kambuh lagi. Dengan pola hidup sehat dan mengkomsumsi makan yang benar maka akan memelihara dan menjaga tekanan darah penderita tetap stabil.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *