Mengkonsumsi Makanan Berikut Ini Bisa Bikin Haid Jadi Teratur

oleh
Mengkonsumsi Makanan Berikut Ini Bisa Bikin Haid Jadi Teratur

Mengkonsumsi Makanan Berikut Ini Bisa Bikin Haid Jadi Teratur – Bagi seorang wanita, menstruasi atau haid adalah hal yang paling di tungggu namun juga dicemaskan. Di tunggu kedatangannya karena hal ini jadi penanda bahwa anda dalam kondisi normal. Dicemaskan karena terkadang apabila siklus bulanan ini datang, akan dibarengi dengan rasa nyeri yang cukup menyiksa.

Haid atau Menstruasi sendiri adalah keadaan wanita yang telah memasuki usia subur dimana darah akan keluar dari rahim menuju kebagian dinding rahim. Mestruasi pasti selalu terjadi pada setiap wanita yang normal yang memasuki masa subur. Justru ketika kaum hawa yang dalam masa subur tidak mengalami Haid, hal tersebut perlu dipertanyakan.

Ketika seorang wanita tengah dalam kondisi haid/menstruasi, sebagian dari mereka akan lebih sering merasakan sakit akibat sistem kekebalan tubuhnya yang menurun. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang siklus bulanannya tidak teratur.

Oleh karenanya, menurut anjuran dokter dan ahli kesehatan disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini yang di ketahui dapat membuat siklus haid menjadi lebih teratur. Jenis makanan apa saja yang dimaksud, berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga :  Alami Nyeri Saat Haid, Coba Atasi Dengan Cara Ini

Makanan Berikut Ini Bisa Bikin Haid Jadi Teratur

1. Sayur Brokoli

Sayur Brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang hampir 91 persen kandunganya di dominasi oleh air, sehingga sangat di anjurkan untuk di konsumsi guna memperlancar siklus haid.

Selain itu, di dalam sayur brokoli juga banyak mengandung vitamin lain seperti vitamin A, vitamin C, Vitamin B6 dan Vitamin E, dimana kandungan – kandungan vitamin ini akan membantu darah haid lebih mudah untuk keluar, sehingga siklus haid jadi teratur.

2. Ikan / Minyak Ikan

Sebagai negara maritim yang sebagian besar di kelilingi oleh lautan, Indonesia dikenal dengan hasil laut berupa ikan yang melimpah. Selain menyehatkan bagi tubuh karena kandungan gizinya, mengkonsumsi ikan juga diketahui dapat membuat siklus haid jadi teratur setiap bulannya.

Jika, tidak begitu suka dengan olahan dari ikan anda juga bisa menggantinya dengan mengkonsumsi minyak ikan guna mendapatkan hasil yang sama. Dengan mengkonsumi minyak ikan, akan memberikan stimulasi pada bagian rahim dan ovarium sehingga mempermudah dalam proses menstruasi setiap bulannya.

Baca Juga :  Inilah Dampak Buruk SunScreen Untuk Kesehatan

3. Biji Wijen

Wijen atau biji wijen ini di ketahui telah terbukti dapat memperlancar siklus haid menjadi lebih teratur, bahkan sudah banyak yang membuktikannya. Namun perlu di ingat, untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang biasa terdapat dalam jajanan onde-onde ini.

Mengonsumsi terlalu banyak biji wijen memiliki efek samping yang kurang bagus, dimana apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat mengakibatkan suhu tubuh menjadi panas atau demam.

4. Yogurt

Jenis makanan yang satu ini merupakan makanan vermentasi yang diketahui memiliki banyak kandungan kalsium dan protein yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh dan kesehatan tulang serta gigi.

Bakter-bakteri baik yang terdapat selama dalam proses fermentasi pada yogurt, diketahui bermanfaat untuk kesehatan wanita terutama akan membantu untuk membuat haid jadi teratur, selain itu darah haid yang keluarpun akan lebih menjadi sehat.

5. Susu Soya atau Kedelai

Mengkonsumsi susu ternyata cukup efektif untuk membuat siklus haid jadi teratur. Tidak hanya itu, dengan rutin minum susu kedelai ternyata dapat meredakan rasa nyeri pada saat Haid. Sebenarnya, semua jenis susu juga memiliki khasiat yang sama, namun susu kedelai di pilih karena lebih bersifat alami karena terbuat dari bahan organik.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Totok Wajah Untuk Kecantikan Yang Harus Wanita Tahu

6. Tahu dan Tempe

Jenis makanan ini bisa di bilang indonesia banget, karena sudah pasti semua orang mengenal jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai ini.

Dengan lebih sering mengkonsumsi makanan tersebut untuk lauk atau juga dijadikan cemilan dipercaya bisa membuat siklus haid jadi teratur.

Demikian informasi beberapa jenis makanaan yang bisa anda konsumsi untuk membuat siklus haid jadi teratur. Untuk membuatnya jadi paket “lengkap” anda bisa mencoba untuk memasak sayur brokoli, dengan lauk ikan, tahu dan tempe serta minum susu kedalai. Selamat mencoba.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *