Jenis Makanan dan Buah Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung

oleh
Jenis Makanan dan Buah Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau dalam bahasa medis disebut dengan istilah gastroesophageal reflux disease (GERD) termasuk dalam golongan jenis penyakit pencernaan kronis yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan yang akan menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati (heartburn).

Seseorang yang menderita penyakit asam lambung biasanya akan di berikan obat-obatan medis seperti antasida, cimetidine, atau ranitidin untuk mengatasi penyakitnya tersebut.

Akan tetapi, selain obat-obatan medis yang di berikan oleh dokter, penderita asam lambung ini juga bisa mengkonsumsi berbagai menu makanan sehat dan buah-buahan yang bisa di gunakan untuk menetralisir asam lambung dan meredakan berbagai gejala yang menyertainya.

Namun perlu diingat, bahwa tidak semua jenis makanan atau buah ini bisa cocok untuk seluruh penderita asam lambung, terkadang makanan tersebut bisa berbeda efeknya antara satu dengan yang lainnya.

Pada prisipnya, penyakit asam lambung dapat dinetralisir dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang rendah lemak, tinggi serat yang terdapat pada jenis makanan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, hingga daging tanpa lemak.

Berikut ini adalah makanan dan buah yang baik untuk penderita asam lambung:

1. Buah Pisang

Penderita asam lambung dapat mengkonsumsi buah pisang untuk membantu meringankan gejala penyakit asam lambung.

Kandungan pH 5,6 dalam buah pisang di percaya memiliki kasiat yang sangat bagus untuk meredakan gejala asam lambung.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Yang Jarang Orang Tahu

Kendati demikian, kemampuan buah pisang ini dalam mengatasi kondisi asam lambung tidak berlaku pada semua penderita. Pasalnya, dalam sejumlah kasus justru ada yang melaporkan bahwa penyakit asam lambung makin memburuk setelah mengonsumsi pisang.

2. Buah Melon

Selain buah pisang, buah melon juga di percaya dapat mengurangi gejala asal lambung yang diderita. Memiliki kadar pH 6,1, buah melon juga baik di konsumsi oleh para penderita penyakit asam lambung.

Masih sama halnya dengan buah pisang, ada sebagian kecil pasien yang menderita penyakit asam lambung yang justru mengeluhkan jika kondisi asam lambung yang ia derita justru semakin memburuk, karena itu pastikan anda mengkonsumsinya dalam jumlah porsi yang kecil untuk mengetahui efek setelahnya.

3. Buah Semangka, Apeldan Pir

Selain Pisang dan Melon, buah-buahan lain seperti semangka, Apel dan buah Pir juga di nilai memiliki khasiat yang cukup baik untuk meredakan penyakit  yang di alami oleh penderita penyakit asam lambung.

4. Oatmeal

Selain buah-buahan yang sudah disebutkan diatas, jenis makanan ini juga baik di konsumsi oleh penderita penyakit asam lambung, salah satunya adalah oatmeal.

Oatmeal merupakan salah satu jenis  makanan yang disarankan untuk mereka yang sedang diet namun juga baik di konsumsi untuk penderita penyakit asam lambung. Oatmeal di ketahui dapat menyerap asam di lambung sehingga dapat mengurangi gejala penyakit asam lambung.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda tahu

5. Aneka Sayuran Hijau

Aneka sayuran hijau seperti kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, selada, kentang, dan timun merupakan sayuran yang rendah lemak dan rendah gula.

Berbagai jenis  sayuran tersebut di percaya dapat di konsumsi untuk mengurangi gejala asam lambung.

6. Daging Tanpa Lemak

Aneka daging seperti daging sapi, ayam, dan ikan yang di masak atau diolahnya dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus juga bisa menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk seseorang yang menderita penyakit asam lambung ini.

Selain itu, aneka makanan laut atau seafood yang rendah lemak pun bisa di konsumsi, asalkan cara memasaknya tidak dengan cara digoreng dan tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan pula.

7. Tanaman Jahe, Adas dan Lidah Buaya. 

Tanaman herbal seperti  jahe, adas, dan lidah buaya selama ini di gunakan sebagai salah bahan alami yang di gunakan untuk meredakan beragam jenis panyakit, salah satunya adalah penyakit asam lambung.

Tanaman jahe misalnya, tanaman herbal dengan cita rasa dan aroma yang khas ini dikenal sebagai obat anti-inflamasi yang ampuh dan untuk meredakan gejala penyakit asam lambung.

Begitu juga dengan adas, dengan kandunganpH 6,9 bahan herbal ini juga dipercaya bagus untuk penderita penyakit asam lambung karena dapat meningkatkan fungsi lambung.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Sementara lidah buaya atau Aloe Vera, juga di kenal memiliki khasiat yang sama dengan kedua bahan herbal di atas.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Penyakit Asam Lambung

Selain berbagai jenis makanan dan buah yang baik di konsumsi oleh pasien penyakit asam lambung, penderita penyakit ini juga sebaiknya menghindari berbagai jenis makanan yang dapat membuat penyakit yang diderita kian tambah parah.

Agar penyakit asam lambung yang diderita tidak semakin parah, para pasien yang mengalami sakit asam lambung harus menghindari beberapa hal seperti kopi dan minuman tinggi kafein, cokelat, minuman beralkohol, buah sitrus seperti jeruk dan lemon, serta tomat.

Jenis makanan lain seperti bawang merah, bawang putih, peppermint, dan makanan pedas juga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan cepat.

Mengkonsumi jenis makanan dan buah yang di anjurkan seperti di atas juga harus barengi dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, dengan tidak merokok dan menghindari stres. Selamat mencoba!