Hindari 5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Memicu Kerusakan Kulit Wajah Anda

oleh
Hindari 5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Memicu Kerusakan Kulit Wajah Anda

Memiliki kulit wajah yang cantik, mulus dan sehat adalah impian setiap wanita. Demi mewujudkan impian tersebut, tak jarang banyak wanita yang rela mengabiskan biaya yang tak sedikit untuk melakukan perawatan wajah di berbagai salon kecantikan dan membeli beragam produk perawatan wajah (skin care).

Kendati anda sering melakukan perawatan, namun tahukah anda ternyata masalah kerusakan kulit wajah bisa juga anda alami meski rutin melakukan perawatan wajah.

Mengapa demikian, karena kerusakan kulit wajah ternyata tak hanya di sebabkan oleh faktor lingkungan seperti polusi udara, radikal bebas, paparan sinar UV dan malas melakukan perwatan akan tetapi bisa juga disebabkan karena faktor kebiasaan buruk kita yang tanpa disadari sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, kebiasaan buruk apa yang kerap kali kita lakukan tanpa kita sadari justru memicu kerusakan kulit wajah, berikut ini penjelasan lengkapnya.

5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Memicu Kerusakan Kulit Wajah lakukan

Beberapa kebiasan buruk berikut ini serng kali kit

  • Penggunaan Kosmetik Dengan Kandungan Alkohol Berlebihan.

Untuk anda kaum hawa yang memiliki jenis kulit kering atau sensitif, ada baiknya mulai sekarang menghindari penggunaan produk kecantikan atau kosmetik yang mengandung alkohol, pewangi, retinoid, atau alpha hydroxy acid.

Pasalnya, zat-zat tersebut  justru akan membuat kulit wajah anda menjadi semakin kering bahkan iritasi. Alih-alih mendapat hasil kulit wajah yang cantik mempesona, penggunaan kosmetik dengan kandungan alkohol dan zat-zat di atas justru dapat memicu kerusakan kulit wajah anda.

Baca Juga :  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Yang Perlu Wanita Ketahui

Karena itu, ada baiknya untuk tidak asal dalam membeli dan menggunakan kosmetik, namun pilihlah dan gunakan  produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Pilihlah produk kosmetik yang mengandung cetearyl alcohol, karena zat ini memiliki struktur kimia yang berbeda dari alkohol biasa. Alkohol jenis ini justru dapat melembapkan dan tidak membuat kulit menjadi iritasi.

  • Lupa Membersihkan Sisa Make up Ketika Mau Tidur

Kebiasaan buruk ini sering di alami oleh wanita, bahkan mungkin salah satunya adalah anda. Terutama mereka yang beraktifitas hingga larut malam, ketika sampai di rumah langsung tidur karena kecapekan dan lupa membersihkan sisa make up yang masih menempel.

Kebiasaan buruk ini ada baiknya segera anda tinggalkan atau rubah. Karena jika sisa make up masih menempel dan tak segera di bersihkan maka pori-pori kulit menjadi tersumbat hingga memicu timbul jerawat yang berarti akan memicu juga kerusakan kulit wajah anda.

Baca Juga :  Begini Cara Perawatan Rambut Pendek Agar Tetap Cantik & Sehat

Karena itu, mulai sekarang jangan lupa untuk selalu menyempatkan diri membersihkan kosmetik yang menempel di kulit wajahmu sebelum tidur agar kulit wajah anda tetap mulus dan sehat.

  • Jarang Membersihan Kuas/Spon Kosmetik

Kuas atau spon kosmetik yang jarang dibersihkan secara rutin bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri jahat, sehingga bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada kulit wajah ketika digunakan.

Untuk menghindari terjadinya kerusakan kulit wajah akibat infeksi  virus ata bakteri ini, selalu rutin untuk membersihkan kuas atau spon make up setiap minggu dengan air hangat dan sabun yang berbahan lembut.

  • Menggunakan Scrub Kulit Secara Berlebihan

Scrub adalah produk kecantikan yang memiliki butiran-butiran kasar yang fungsinya untuk mengangkat sel kulit yang mati, mengangkat kotoran dan bisa menghaluskan permukaan kulit.

Wajarnya, penggunaan scrub ini cukup dilakukan satu atau dua kali dalam seminggu, dan sebaiknya hindari pemakaian scrub jika kulit wajah anda sedang kering atau sedang mengalami iritasi.

Jika kebiasaan buruk ini tak segera anda rubah, maka kulit dapat kehilangan minyak alami dan mengalami iritasi sehingga memicu timbulnya masalah kerusakan kulit wajah.

  • Mandi yang Terlalu Lama
Baca Juga :  Ingin Awet Muda ? Coba Latihan Yoga Secara Rutin

Mandi memang berfungsi untuk menghilangkan kotoran di tubuh kita. Kendati demikian, mandi yang terlalu lama justru tak baik bagi kesehatan.

Mandi yang baik cukup anda lakukan selama 5-10 menit. Selain itu, saat mandi atau membersihkan wajah, sebaiknya gunakan air hangat atau dingin dan gunakan sabun khusus untuk wajah.

Kebiasaan buruk mandi berlama-lama atau  sering mandi dengan air panas justru dapat memicu kerusakan  kulit wajah anda.

Selain lima kebiasaan buruk di atas yang pasti anda semua pernah mengalaminya, beberapa kebiasan buruk lain seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, sering stres, suka ngemil makanan manis, dan kurang tidur juga sebaiknya para kaum wanita untuk menghindari mulai sekarang.

Dari kebiasaan buruk yang dapat memicu kerusakan kulit wajah yang sudah di jelaskan di atas, kebiasaan mana yang sering anda lakukan? Mulai sekarang, yuk jauhi kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut supaya kecantikan dan kesehatan kuli wajah cantikmu tetap terjaga.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *