Tak Hanya Wanita, Pria Juga Bisa Terkena Kanker Payudara. Ini Gejalanya

oleh
Tak Hanya Wanita, Pria Juga Bisa Terkena Kanker Payudara. Ini Gejalanya

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang cukup menakutkan bagi seorang wanita. Meski identik dengan penyakit yang diderita oleh penderita berjenis kelamin wanita, nyatanya penyakit mematikan ini juga bisa menyerang pada kaum adam.

Selama ini, sebagian besar dari para pria berpikir jika mereka tidak akan terkena penyakit yang juga di kenal dengan nama latin Carcinoma Mammae ini. Namun, faktanya tidaklah demikian, para pria juga memiliki risiko yang sama terkena penyakit yang mematikan ini.

Sejatinya, pria memang memiliki jaringan payudara yang lebih sedikit di banding dengan wanita, sehingga risiko terkena penyakit kanker payudara ini juga lebih rendah dibandingkan perempuan. Namun, perlu di ingat jikalau risiko tersebut tetaplah ada.

Hingga saat ini, penyebab terjadinya kanker payudara pada pria ini sendiri belum diketahui secara pasti. Namun pada dasarnya kanker payudara bisa terjadi ketika beberapa sel payudara membelah lebih cepat daripada sel yang sehat.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Pantangan Darah Tinggi

Selanjutnya, sel-sel payudara yang membelah tersebut terakumulasi membentuk tumor dan menyebar ke jaringan di dekatnya, kelenjar getah bening atau bagian lain dari tubuh dari penderita.

Kendati demikian, ada gejala khas kanker payudara pada pria yang patut diwaspadai. Gejala-gejala tersebut antara lain:

1. Terdapat Benjolan di area dada pria

Sama halnya yang dialami oleh wanita, jika terdapat benjolan pada sekitar dada atau payudara maka bisa jadi itu adalah salah satu gejala dari kanker payudara. Biasanya benjolan tersebut tak terasa sakit, kadang terasa lembut saat disentuh.

Jika kanker telah menyebar, pembengkakan atau benjolan dapat terlihat di bawah ketiak atau di sekitar tulang leher

Baca Juga :  Berikut Ini 10 Ciri-ciri Kanker Serviks Yang Patut diwaspadai

2. Puting Tidak Keluar

Pada pria organ tubuh yang satu ini memang tak sebesar milik wanita. Ketika terkena kanker ini mulai menyerang, maka puting akan terlihat masuk kedalam atau tertarik. Hal ini disebabkan tumor/kanker payudara mulai menarik ligamen di dalam payudara.

Hal itu berakibat puting menjadi masuk dan biasanya disertai dengan kulit kering serta bersisik pada area tersebut.

3. Keluar Cairan Melalui Puting

Dalam beberapa kasus yang di alami oleh pria yang terkena kanker payudara, puting akan mengeluarkan cairan dengan sendirinya. Biasanya tanpa disertai rasa sakit lalu tiba-tiba muncul noda di dada. Cairan tersebut merupakan cairan dari tumor yang bocor lalu keluar dari saluran puting.

4. Terdapat Luka Terbuka

Jika kanker payudara pada pria sudah parah dan tidak disadari oleh pederita, maka akan muncul luka terbuka pada area puting ketika tumor sudah tumbuh melalui jaringan kulit luar. Awalnya akan muncul seperti benjolan kecil mirip jerawat, namun lama kelamaan luka tersebut menjadi lebar dan kadang akan disertai dengan keluar darah dan bercampur nanah.

Baca Juga :  Asam Lambung Naik, Coba Konsumsi Minuman Ini Untuk Meredakannya

Demikian informasi mengenai gejala kanker payudara pada pria yang harus di waspadai sedini mungkin. Meski kecil kemungkinannya, namun tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan serta menerapkan pola hidup sehat akan meminimalkan resiko terkena penyakit mematikan tersebut.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *