Ingin Rambut Anda Sehat Alami, Konsumsi Beberapa Jenis Makanan Ini

oleh
Ingin Rambut Anda Sehat Alami, Konsumsi Beberapa Jenis Makanan Ini

Rambut adalah mahkota, terutama untuk para wanita. Maka tak heran jika banyak kaum wanita yang rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk perawatan rambut sehat mereka di salon-salon kecantikan.

Sama halnya dengan anggota atau bagian tubuh yang lain, rambut juga harus di rawat diberikan nutrisi yang cukup agar tetap sehat. Bukan cuma asal keramas atau cuci rambut saja, pemberian nutrisi dan vitamin juga menjadi faktor penting bagi kesehetan rambut anda.

Vitamin B6, B12, asam folat, dan protein merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan rambut. Mungkin anda akan berfikir untuk mendaptkan nutrisi tersebut anda harus pergi ke salon khusus untuk perawatan dan pemberian nutrisi.

Namun tahukah anda, hanya dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini, bisa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang di perlukan oleh rambut anda.

Beberapa Jenis Makanan Untuk Rambut Sehat

Kunci utama untuk mendapatkan rambut yang sehat, adalah dengan rajin mencucinya serta memberikan nutrisi yang diperlukan untuk untuk rambut.

Meski terlihat sederhanan, namun nyatanya dengan mengkonsumsi 7 jenis makan ini bisa lho membuat rambut anda nampak jauh lebih sehat. Penasaran apa saja jenis makanan itu, yuk simak ulasannya berikut ini:

  • Buah Pisang
Baca Juga :  Beragam Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda tahu

Salah satu ciri rambut sehat adalah, rambut nampak tebal dan berkilau. Dengan mengkonsumsi buah pisang, akan berefek pada rambut anda yang akan nampak lebih tebal berkilau, dan juga akan bebas dari kerontokan rombut.

Hal itu di karenakan, dalam buah pisang terdapat kandungan  vitamin B6 yang tinggi yang baik untuk kesehatan rambut.

  • Buah Alpukat

Buah alpukat di anggap salah satu buah yang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Aplukat memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, melindungi dari kanker dan masih banyak lagi khasiat dari buah yang berasal dari Meksiko ini.

Selain berbagai khasiat yang sudah disebutkan diatas, buah alpukat juga baik di konsumsin untuk kesehatan rambut. Kandungan Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat dapat menjaga rambut tetap kuat, sehingga terhindar dari kerontokan dan kerusakan.

  • Buah Jambu Biji

Buah dengan nama latin Psidium guajava ini, kandungan vitamin C yang ada dalamnya di ketahui memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi rambut dari radikal bebas penyebab rambut rusak.

Oleh karena itu, dengan rutin mengkonsumsi buah jambu biji ini dapat membantu anda agar terhindar dari kerusakan rambut sehingga rambut nampak lebih sehat.

  • Ubi
Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Tanaman ubi juga di kenal sebagai salah satu bahan makanan pokok penganti nasi. Ubi di kenal kaya akan beta-karoten, yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A.

Nah, Vitamin A inilah yang nantinya akan mendorong produksi sebum yang berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut. Selain itu, nutrisi vitamin A juga akan membuat rambut lebih cepat tumbuh dan lebih tebal, sekaligus mencegah terjadinya rambut rontok.

  • Sayur Bayam

Pernah dengar salah satu tokoh kartun bernama Popeye si pelaut ?. Tokoh animasi tersebut sangat suka mengkonsumsi bayar karena akan membuat tubuhnya menjadi kuat.

Namun, tak hanya dalam animasi ternyata sayur bayam memang memiliki khasiay yang cukup baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya bisa mencukupi nutri rambut anda.

Sayur bayam memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Selain itu, sayur bayam juga kaya akan vitamin A, vitamin C, beta karoten, dan folat yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerapuhan rambut, seperti rambut bercabang.

  • Daging ayam

Jenis makanan yang satu ini pasti banyak suka mengkonsumsinya. Namun selain rasanya yang enak, daging ayam juga kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan rambut.

Salah satu masalah kesehatan tubuh yang dapat meningkatkan risiko rambut menjadi rapuh dan mudah patah adalah kekurangan asupan protein.

Baca Juga :  Jenis Buah-buahan Yang Aman Di Konsumsi Oleh Penderita Diabetes

Dengan mengonsumsi daging ayam yang kaya akan protein, maka kebutuhan tubuh akan protein aka tercukupi. Selain daging ayam, sumber protein lain yang bisa kamu konsumsi adalah telur ayam.

  • Kayu manis

Bahan yang satu ini lebih sering kita temui dan di gunakan untuk campuran bumbu masakan ataupun minuman.  Namun ternyata,selain sebagai bahan untuk pelezat makanan atau minuman kayu manis jugadapat dimanfaatkan untuk kesehatan rambut.

Dengan mengonsumsi kayu manis diketahui dapat melancarkan peredaran darah, termasuk di area kepala. Apabila aliran darah di area kepala lancar, maka oksigen dan nutrisi dapat tersebar ke setiap helai rambut. Dengan begitu, rambut anda akan senantiasa terjaga kesehatannya.

Karena itu, mulai sekarang tak ada salahnya untuk mulai mengkonsumsi salah satu dari jenis makanan dan buah di atas guna menjaga kesehatan rambut anda, selain dengan perawatan seperti keramas yang teratur. Selamat mencoba!