Jenis Makanan dan Buah Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung

oleh
Jenis Makanan dan Buah Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung

Memilih makanan yang tepat, dapat menghindarkan penyakit asam lambung naik dan mencegah rasa nyeri pada ulu hati yang ditimbulkan dari penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) ini.

Pasalnya, ketika seseorang didiagnosis menderita penyakit asam lambung dan tidak memperhatikan pola makan termasuk jenis makanan yang di konsumsi, hal itu akan berakibat pada naiknya asam lambung yang berimbas pada timbulnya perih dan panas di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Karena itu, guna meringankan dan mencegah munculnya gejala penyakit asam lambung ini, penderita harus menerapkan pola makan yang baik dan teratur.

Salah satu yang bisa dicoba untuk di terapkan adalah dengan memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan buah-buahan yang cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung.

Makanan dan Buah Yang Cocok Untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

Beberapa jenis makanan berikut ini sangat disarankaan untuk di konsumsi oleh penderita asam lambung, guna mencegah penyakit ini kambuh.

  • Oatmeal

Jenis makanan yang pertama adalah Oatmeal. Oatmeal di ketahui banyak mengandung serat yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Buah Berikut Bisa membuat ASI Lancar Saat Menyusui

Adanya kandungan serat dalam oatmeal ini dipercaya dapat menyerap asam lambung, sehingga dapat meredakan gejala penyakit asam lambung yang dialami oleh penderita.

Selain itu, adanya kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan pada makanan oatmeal juga dapat menurunkan kelebihan berat badan, mengurangi kadar gula darah dan kolesterol, serta mengurangi risiko terjadinya serangan penyakit jantung.

  • Berbagai Jenis Sayuran Hijau

Beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada, kacang panjang, dan kentang, merupakan makanan yang tepat dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

  • Ikan dan Daging Tanpa Lemak

Perlu diigat, meski ikan dan daging tanpa lemak cukup baik untuk penderita asam lambung namun cara memasaknya haruslah dengan cara di dipanggang, dikukus, atau direbus.

Selain itu, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

  • Beberapa Jenis Tanaman Herbal

Beberapa jenis tanaman herbal seperti jahe, adas, dan lidah buaya di ketahui memiliki efek antiradang dan meredakan mual, sehingga cukup ampuh untuk mengurangi gejala asam lambung yang sedang di derita.

  • Buah Apel
Baca Juga :  Selain Pepaya, Buah-buahan Berikut Ini Juga Bisa Melancarkan BAB

Buah apel, terutama buah apel merah di ketahui banyak mengandungan kalsium, magnesium, dan kalium yang dipercaya bisa meredakan gejala asam lambung yang sedang diderita.

Konsumsi buah apel setelah makan atau sebelum tidur, guna mencegah gejala asam lambung kambuh.

  • Buah Pisang

Buah yang satu ini di kenal kaya akan manfaat untuk kesehatan. Selain rasanya yang cukup lezat dan harganya pun relatif terjangkau oleh semua kalangan menjadikan buah pisang ini salah satu buah favorit banyak orang.

Dalam buah pisang memiliki pH 5,6 yang mendekati pH netral, sehingga buah ini bisa membantu meringankan gejala penyakit asam lambung yang sedang di derita.

  • Buah Semangka

Banyaknya kandungan air dalam buah Semangka dipercaya dapat membantu menetralkan keasaaman di dalam lambung, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Selain buah semangka, beberapa jenis buah lain yang serupa seperti buah melon dan blewah juga memiliki khasiat yang sama dengan buah semangka.

Ketika seseorang menderita penyakit asam lambung, selain beberapa jenis makanan dan buah-buahan yang cocok untuk di konsumsi oleh penderita yang sudah disebutkan diatas, sebaiknya penderita juga menghindari mengkonsumsi makanan dan buah yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Baca Juga :  Leukosit Anda Rendah? Coba Konsumsi Buah Ini Untuk Menormalkannya Kembali

Jenis buah yang bercita rasa asam seperti jeruk dan lemon sebaiknya di hindari untuk dikonsumsi. Selain itu, jenis makanan seperti bawang merah, bawang putih, tomat, peppertmint, dan makanan pedas juga sebaiknya di hindari.

Meski sudah mengkonsumsi makanan dan buah yang disarankan dan menghindari jenis makanan yang di larang, namun penderita juga harus tetap menerapkan pola hidup sehat seperti tidak merokok, menjauhi minuman beralkohol dan kafein, serta menghindari stres.

Selain itu, makanlah dengan jumlah atau porsi yang lebih kecil atau sedikit, namun sering. Namun, jika penyakit asam lambung yang di derita tidak ada perubahan dan bertambah parah, ada baiknya untuk segera ke dokter guna pemeriksaan dan penanganan yang lebih tepat.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *