Beberapa Jenis Buah Berikut Bisa membuat ASI Lancar Saat Menyusui

oleh
Beberapa Jenis Buah Berikut Bisa membuat ASI Lancar Saat Menyusui

ASI (air susu ibu) merupakan makanan utama ketika bayi berusia di bawah enam bulan. Karena itu, saat sedang masa menyusui, ASI lancar merupakan dambaan setiap ibu agar kebutuhan dan asupan si kecil bisa terpenuhi dengan sempurna.

Namun demikian, banyak para ibu yang mengeluh jika ASI mereka tidak bisa keluar dengan lancar, atau bahkan tidak bisa keluar sama sekali.

Untuk membuat ASI lancar, para ibu sangat di sarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, termasuk mengonsumsi buah-buahan setiap harinya.

Karena selain makanan yang sehat dan bergizi, huah-buahan juga bisa menjadi sumber energi, vitamin, mineral, dan serat yang baik dan cukup penting bagi ibu menyusui sehingga membuat produksi ASI jadi melimpah.

Pada kesempatan kali ini, redaksi jalansehat.info, akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis buah-buahan yang cocok untuk di konsumsi oleh bunda yang sedang menyusui agar ASI lancar dan melimpah.

Beberapa Jenis Buah yang Bisa membuat ASI Lancar

Meski semua buah-buahan baik untuk di konsumsi karena menyehatkan, namun beberapajenis buah berikut ini coock di konsumsi oleh ibu menyusui agar ASI menjadi lancar.

  • Buah Blueberry
Baca Juga :  Manfaat Keju Yang Perlu Anda Ketahui

Agar ASI lancar dan melimpah, Ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi dua sajian buah atau lebih setiap harinya.

Buah Blueberry bisa menjadi salah satu pilihan Bunda untuk memenuhi kebutuhan gizi dari buah-buahan setiap harinya.

Bleuberry selain rasanya enak, buah ini juga kaya akan beragam nutrisi, seperti vitamin C, antioksidan, dan serat, serta mengandung karbohidrat yang dapat membantu menjaga stamina bunda.

Selain itu, buah dengan ciri khas berwarna kebiruan ini juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya depresi pasca melahirkan.

  • Buah Jeruk

Meski banyak yang tidak begitu suka dengan rasanya yang asam, mengkonsumsi jeruk justru bisa menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Bunda selama masa menyusui agar ASI lancar

Tak hanya itu, buah yang identik dengan warna oranye ini pun dapat memberi energi tambahan untuk ibu menyusui.

Kendari demikian, ada baiknya membatasi jumlah asupan buah jeruk ini tiap harinya,agar perut tidak mules karena rasa asam yang di timbulkan.

  • Buah Pepaya
Baca Juga :  Jenis Makanan dan Buah Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung

Selain bagus untuk pencernaan, dalam sejumlah penelitian kesehatan menyebutkan bahwa pepaya hijau bisa meningkatkan kadar hormon prolaktin dan oksitosin pada ibu menyusui, sehingga dapat meningkatkan produksi ASI mejadi lebih lancar.

Dengan mengkonsumsi buah pepaya, bunda bisa meraih banyak manfaat sekaligus, seperti memperlancar percernaan dan juga memperlancar ASI.

  • Buah Alpukat

Buah yang satu ini memang sudah tidak diragukan khasiatnya bagi kesehatn dan juga kecantikan. Buah berdaging kehijauan ini juga di ketahui memiliki banyak manfaat bagi ibu menyusui dan bayinya.

Hal itu dikarenakan di dalam buah alpukat banyak mengandung lemak sehat yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber energi bagi ibu yang sedang menyusui.

Selain itu, dalam buah alpukat juga mengandung vitamin B, folat, vitamin C, dan asam oleat yang bagus untuk memperlancar ASI.

  • Buah Kurma

Buah kurma memang identik dengan bulan Puasa. Namun, buah khas dari timur tengah ini juga sangat bagus di konsumsi oleh ibu yang sedang dalam masa menyusui agarASI menjadi lancar.

Baca Juga :  Jenis Makanan Berikut Ini Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda

Dalamsejumlah penelitian kesehatan menyebutkan bahwa buah kurma dapat meningkatkan produksi ASI, dikarenakan dengan makan buah ini dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin, yaitu hormon pendorong produksi ASI.

Selain itu, buah kurma juga kaya akan nutrisi, seperti zat besi dan vitamin B6, yang baik untuk ibu menyusui.

Selain beberapa jenis buah-buahan yang sudah disebutkan di atas, beberapa buah lain seperti pisang dan apel juga sagat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, agar ASI lancar dan melimpah

Namun, apabila bunda agu atau memiliki masalah kesehatan tertentu, ada baiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jenis buah dan makanan apa saja yang sebaiknya Bunda konsumsi agar tidak menimbulkan efek samping.